Skip to main content

Rangkaian charger baterai 18650 Lithium 3.7v

Rangkaian charger baterai 18650 Lithium 3.7v - Baterai lithium 18650 3.7v adalah baterai rechargeable yang banyak digunakan sebagai supply tegangan untuk perangkat elektronika saat ini, antara lain seperti handphone, laptop, mobile remote control, robot, dan lain sebagainya. Banyak para peng-hobby elektronika menggunakan baterai lithium 18650 ini untuk memberi supply pada rangkaian yang dibuatnya agar lebih simple, dan rangkaian mudah dibawa kemana-mana serta tidak bergantung pada supply dari PLN saja.

Rangkaian charger baterai 18650 Lithium 3.7v

Misalnya pada rangkaian Joule Thieft, rangkaian Joule Thieft menggunakan baterai lithium 18650 sebagai sumber daya. Bagaimana jika daya baterai lithium melemah?, kita akan membutuhkan sebuah modul charger untuk mengisi kembali daya baterai lithium 18650 ini. Pada artikel ini saya ingin berbagi tentang cara membuat rangkaian charger baterai 18650 yang tentunya sangat simpel sekali untuk dirakit. Nah sobat, modul charger ini nanti bisa sobat gunakan intuk penyuplai rangkaian Joule Thieft seperti yang sudah pernah sobat rakit sendiri sebelumnya. Bagi yang ingin mencoba membuat rangkaian Joule Thieft (JT), sobat bisa mengikuti cara membuatnya di Joule Thief : Skema JT trafo cas hp

Rangkaian charger baterai 18650 Lithium 3.7v

Membuat charger baterai Li Ion 3.7v menggunakan modul charger TP4056 

Modul charger TP4056 cukup mudah kita dapatkan dipasaran. Dengan harga yang terbilang relatif sangat murah, modul charger ini merupakan salah satu modul rangkaian charger baterai 18650 Lithium 3.7v favorit bagi penggemar elektronika. Penggunaan modul charger ini sangat gampang, sobat tidak perlu merakit lagi, hanya tinggal menghubungkan saja pin-pin yang sudah disediakan ke baterai dengan menggunakan kabel. Tetapi jika sobat ingin berniat merakit sendiri rangkaian charger baterai 18650 ini silahkan saja, dibawah ini saya sudah menyediakan skemanya buat sobat. Namun kita akan sedikit kesulitan dalam mendapatkan part IC chargernya.

Rangkaian charger baterai 18650 Lithium 3.7v

Rangkaian charger baterai 18650 Lithium 3.7v TP4056  membutuhkan arus maksimal sebesar 1 ampere dan tegangan maksimum 5 volt. Untuk mensupply modul charger ini, sobat bisa menggunakan charger handphone untuk supply. Sebagai indikator, pada modul ini terdapat dua buah led smd. apabila led berwarna hijau menyala, mengindikasikan bahwa baterai sudah penuh. Jika baterai sedang mengisi atau belum penuh, maka led merah yang menyala. Apabila indikator led berkedip-kedip, hal itu berarti modul charger belum terhubung ke baterai yang akan di cas.

Dengan arus 1 Ampere, diperkirakan Baterai lithium 18650 3.7v dengan kapasitas 1200ma akan memakan waktu sekitar 2 jam hingga mencapai baterai menjadi penuh. Apabila sobat ingin men charge baterai yan lebih dari 1200ma tentu akan membutuhkan waktu pengisian yang lebih lama lagi. Untuk mempercepat pengisian, sobat cukup menambah  atau meningkatkan arus pengisan, namun sayangnya untuk modul charger baterai untuk type TP4056 ini, hanya mampu maksimal arus 1A saja. Jika sobat ingin men-charge baterai lebih dari satu, sobat bisa menggabungkan modul charger secara bersamaan, supply tegangan modul bisa diambil dari power supply komputer.

Rangkaian charger baterai 18650 Lithium 3.7v

Baiklah sobat, itu tadi pembahasan mengenai rangkaian charger baterai 18650 Lithium 3.7v, yaitu modul charger TP4056 yang sering dipakai oleh para praktisi elektronika, semoga pembahasan ini bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close