Skip to main content

Penyebab layar TV Led bergaris dan solusinya

Penyebab layar TV Led bergaris - Banyak macam penyebab TV led bergaris pada tampilan layarnya, bisa disebabkan karena firmaware data yang korup, bisa juga karena kerusakan pada hardwarenya, baik kerusakan pada board nya dan yang paling sering terjadi kerusakan pada panel/layar itu sendiri. Penyebab layar TV Led bergaris atau garis-garis yang muncul pada layar ada yang berbentuk vertikal memanjang kebawah, dan horizontal mendatar. Ada yang cuma satu garis saja dan ada pula yang lebih dari satu, bahkan terkadang garis tersebut menutupi hampir seluruh bagian layar TV led tersebut. Garis yang muncul ada yang berupa benang-benang halus dan juga berupa garis tebal berwarna.

Baca Juga : Cara memperbaiki tv bergaris horizontal

Penyebab layar TV Led bergaris dan solusinya

Sebelum kita mem-vonis sebuah pesawat TV Led tesebut rusak, ada baiknya kita mencoba dulu beberapa langkah troubleshot yang bisa kita ambil untuk memastikan apakah penyebab layar TV Led bergaris tersebut berada dibagian software atau hardware-nya.

Baca Juga : Cara membersihkan layar TV LED yang baik dan benar

Penyebab layar TV Led bergaris dan solusinya


Silahkan disimak langkah-langkah berikut ini :

1. Periksa apakah garis-garis pada layar atau panel TV tersebut bergerak atau permanen.

Baca Juga : Cara memperbaiki TV Led gambar slow motion

2. Jika garis bergoyang, periksa sumber input (HDMI, Video, PC, dll.) dan periksa koneksi apakah terhubung dengan benar. Putuskan sambungan dan hubungkan kembali kabel video / HDMI untuk memeriksa apakah masalah telah teratasi.

3. Buka Menu pada TV dan periksa apakah masalah tetap ada.

Baca Juga : Cara reset TV Led Polytron menggunakan flashdisk

4. Lakukan Tes Gambar dengan memilih opsi berikut dari menu menggunakan remote. Misalnya untuk TV Samsung, buka  Menu > Support > Self Diagnosis > Picture Test dan ikuti petunjuknya.

5. Jika tidak ada garis horizontal atau vertikal yang terlihat pada gambar, maka masalahnya tidak terkait dengan televisi sobat, silakan merujuk pada Penyedia Layanan Satelit atau TV Kabel Anda untuk pemeriksaan lebih lanjut.

6. Jika masih ada garis di layar, coba juga sumber input yang berbeda, misalnya gunakan DVD atau receiver parabola yang dipastikan bagus kondisinya

7. Jika garis dilayar tetap ada, langkah terakhir cek garansi dan proses pemesanan layanan untuk unit tersebut karena mungkin memerlukan layanan service dari service center nya.

8. Jika gangguan bersifat permanen di semua saluran dan semua sumber, maka TV memerlukan penanganan lebih lanjut.

9. Jika gangguan garis tersebut terjadi hanya sebentar (terkadang bagus) itu bisa terjadi karena masalah perangkat lunak yang mungkin memerlukan pembaharuan pada peranngkat lunak atau softwarenya.

Berikut ini kemungkinan-kemungkinan kerusakan yang bisa terjadi pada hardware nya :
Sebelumnya sobat bisa baca juga Cara memperbaiki panel LCD TV bergaris dan double tanpa di cut (sunat)

1. Terjadinya kerusakan pada panel/layar itu sendiri, berapa harga ganti layar tv led?, sobat bisa baca di Harga ganti layar led tv pecah serta biaya servisnya
2. kerusakan pada IC Cof nya, baik pada Cof bagian bawah maupun Cof pada bagian samping (kupingan)
3. Kerusakan bergaris pada layar TV led bisa juga disebabkan karena modul T-Con. Modul ini ada yang "menyatu" dengan panel dan ada juga yang terpisah. Kalau terpisah kita tinggal menggantinya saja dengan yang baru.

Nah sobat, itulah sedikit paparan secara garis besarnya mengenai Penyebab layar TV Led bergaris. Semoga bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close