Skip to main content

ESR Meter Analog menggunakan IC OP Amp 741

ESR Meter Analog menggunakan IC OP Amp 741 - ESR Meter Analog sudah menjadi alat ukur fenomenal bagi kalangan teknisi elektronika, bisa dibayangkan jika melakukan pekerjaan servis misalnya memperbaiki televisi tidak ada esr meter analog yang mendampingi, perasaan seperti ada sesuatu yang hilang. Banyak teknisi yang lebih menyukai ESR Meter Analog ketimbang ESR Meter Digital, mungkin karena penggunaannya yang sangat simple dan proses pengukurannya yang sangat cepat, dan satu hal lagi yang sangat penting adalah, ESR Meter Analog bisa mengukur kerusakan elco langsung di PCB. Oh ya sobat, bagi yang ingin merakit ESR Meter Analog menggunakan IC 74HC14N, sobat bisa mendapatkan skemanya di Cara Membuat ESR Meter Analog Pengukur Elco Paling Akurat

Sebelum kita merakit ESR Meter Analog ini, saya akan sedikit menjelaskan, apa yang dimaksud dengan ESR. ESR yang merupakan singkatan dari Equivalent Series Resistance adalah nilai resistansi yang sangat kecil yang biasanya menjadi bagian dari semua kapasitor dan induktor dan muncul secara seri dengan nilai unit aktualnya, namun dalam kapasitor elektrolit khususnya, karena penuaan, nilai ESR dapat terus meningkat ke tingkat abnormal mempengaruhi kualitas keseluruhan dan respon dari sirkuit yang terlibat.

ESR yang berkembang dalam kapasitor tertentu dapat secara bertahap meningkat dari serendah beberapa mili ohm hingga setinggi 10 ohm, yang mempengaruhi respons rangkaian dengan parah. Namun ESR yang dijelaskan di atas mungkin tidak berarti bahwa kapasitansi kapasitor juga akan terpengaruh, pada kenyataannya nilai kapasitansi dapat tetap utuh dan baik, namun kinerja kapasitor memburuk.

ESR Meter Analog menggunakan IC OP Amp 741

Karena kondisi ini, alat ukur kapasitas atau kapasitor meter yang biasa dipakai dan dijual dipasaran biasanya gagal mendeteksi kapasitor yang buruk yang terpengaruh dengan nilai ESR yang tinggi. Sering teknisi menemukan kapasitor kondisinya bagus dalam hal nilai kapasitansi, yang pada gilirannya membuat pemecahan masalah akan menjadi sangat sulit.

Di mana alat ukur meter kapasitansi normal dan meter Ohm menjadi sama sekali tidak efektif dalam mengukur atau mendeteksi ESR yang tidak normal pada kapasitor yang rusak, esr meter menjadi sangat berguna untuk mengidentifikasi perangkat yang menyesatkan tersebut. Skema rangkaian esr meter analog berbasis op amp yang akan saya bagikan dibawah ini adalah salah satu solusinya, apakah nilai esr pada capasitor/elco sudah masih berada pada batas yang wajar, atau nilai esr nya sudah menjadi tinggi.

ESR Meter Analog menggunakan IC OP Amp 741

Untuk memperoleh nilai ideal dari kapasitor/elco dengan cepat, sobat dapat menggunakan nilai tolok ukur berikut ini untuk mendapatkan reaktansi yang ideal dari kapasitor, untuk perbandingan. Sesuai rumus, reaktansi ideal kapasitor 1 uF adalah sekitar 1600 Ohm pada 100 Hz. Kita dapat mengambil nilai ini sebagai tolok ukur, dan mengevaluasi nilai kapasitor yang diinginkan melalui perkalian silang terbalik sederhana seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Misalkan kita ingin mendapatkan nilai ideal kapasitor 10 uF, cukup sederhana:

1/10 = x / 1600

x = 1600/10 = 160 ohm

Menggunakan Op Amp untuk Membuat ESR Meter Sederhana
ESR meter dapat digunakan untuk menentukan kesehatan kapasitor yang diragukan saat memecahkan masalah sirkuit atau unit elektronik. Selain itu, hal yang baik tentang alat ukur ini adalah dapat digunakan untuk mengukur ESR kapasitor tanpa perlu melepas atau mencabut kapasitor dari papan sirkuit sehingga sangat memudahkan pekerjaan bagi teknisi.

Gambar berikut menunjukkan sirkuit meter ESR sederhana yang dapat dirakit dan digunakan untuk pengukuran nilai esr pada kapasitor/elco.

ESR METER ANALOG

ESR Meter Analog menggunakan IC OP Amp 741

Bagaimana sobat teknisi, berminat untuk membuat ESR Meter Analog menggunakan IC OP Amp 741 ini?, silahkan dicoba sob, karena komponen yang digunakan sangat sedikit dan harganya murah sekali, semoga bermanfaat. Bagi sobat yang tidak ingin repot merakit ESR meter analog sendiri, saya menjual kit esr meter analog yang lebih bagus kualitasnya, sudah memiliki indikator short dan buzzer, sobat bisa beli kit esr meter analog nya di Jual Kit ESR Meter analog murah dilengkapi indikator short dan buzzer

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close