Skip to main content

Membuat sendiri raket nyamuk tanpa baterai

Membuat sendiri raket nyamuk menjadi tanpa baterai - Raket nyamuk yang biasa kita pakai sehari-hari dirumah menggunakan sirkuit tegangan tinggi konvensional dan baterai yang dapat diisi ulang untuk menghasilkan tegangan tinggi. Raket nyamuk seperti itu bekerja sangat baik tetapi alat ini memiliki beberapa kelemahan. Unit-unit ini menggunakan sirkuit yang cukup kompleks yang membutuhkan induktor dan sirkuit switching. Hal kompleks kedua dalam desain adalah raket nyamuk ini buatan pabrik yang sulit diperbaiki jika terjadi kerusakan, tidak dapat dibuat sendiri dan membutuhkan peralatan dan alat khusus untuk perakitan.

Selain itu baterai yang digunakan untuk raket nyamuk yang murah ini rentan terhadap kerusakan atau menjadi cepat soak. Akhirnya raket nyamuk menjadi tidak berguna atau harus sering diperbaiki, yang biasanya menjadi sulit bagi pengguna awam. Semua kerumitan ini akhirnya memaksa pengguna untuk membuang raket nyamuk ke tempat sampah dan membeli yang baru.

Baca Juga : Cara membuat perangkap nyamuk dari botol plastik bekas

Membuat sendiri raket nyamuk tanpa baterai

Desain yang akan dijelaskan dalam postingan artikel kali ini cukup unik untuk kita terapkan, dan bebas dari semua kelemahan dan kerumitan di atas. Raket nyamuk buatan sendiri yang sederhana ini tidak memerlukan sirkuit atau baterai untuk pengoperasian. Seluruh desain bekerja menggunakan kapasitor tegangan tinggi tunggal dan melalui pengisian cepat dari stop kontak listrik AC.

Cara kerja raket nyamuk tanpa baterai ini dapat dipahami dari poin-poin berikut :

1. Raket nyamuk buatan sendiri ini tidak menggunakan PCB dan perakitan yang membuatnya lebih mudah untuk dibuat oleh setiap pengguna yang memiliki keterampilan teknis biasa.

2. Raket nyamuk ini hanya menggunakan kapasitor tegangan tinggi untuk mengisi jaring kawat nyamuk (mesh), tanpa menggunakan sirkuit switching yang kompleks. Jaring kawat/mesh bisa diambil dari raket nyamuk yang telah rusak dan tidak terpakai.

3. Kapasitor tegangan tinggi dapat diisi langsung dari listrik AC. Tidak seperti raket nyamuk pabrikan yang harus bergantung pada baterai NiCd atau Li-ion yang mahal, dan masa waktu pengisian yang lama. Capsitor ini biasa digunakan untuk capasitor running atau capasitor starting pada mesin cuci, AC, dan lain-lain.

Membuat sendiri raket nyamuk tanpa baterai

Bagaimana sobat, sudah paham kan mengenai fitur raket nyamuk tanpa baterai yang ingin kita buat ini?, pasti sudah. Mari kita ke proses selanjutnya dan melihat betapa sederhananya rangkaian raket nyamuk tanpa baterai ini dapat dibuat oleh siapa saja di rumah. Untuk skema rancangan raket nyamuk bikinan sendiri ini, bisa sobat lihat pada gambar dibawah ini :

Membuat sendiri raket nyamuk tanpa baterai

Modifikasi sedimikian rupa agar capasitor bisa masuk kedalam gagang raket nyamuk. Bagian pegangan raket nyamuk ini memainkan peran kembar, pertama memungkinkan pelepasan untuk kawat raket nyamuk dan menyambungkan ke stop kontak listrik PLN untuk pengisian cepat 1 detik, dan selanjutnya, setelah kapasitor terisi tegangan pin steker yang sama dimasukkan kembali ke bagian sambungan dan raket nyamuk siap untuk digunakan. Jika tegangan pada capasitor sudah habis, lakukan langkah pengisian capasitor seperti diatas kembali, begitu seterusnya.

Dengan penjelasan di atas tentu sobat sudah memahami konsep ini, dimana kapasitor bermuatan nilai tinggi digunakan untuk memberi tegangan kawat mesh raket nyamuk dan menyetrum serangga atau nyamuk yang terbang di antara kabel paralel pada kawat mesh raket nyamuk. Memang tegangan pada jaring mesh tidak akan sekuat raket nyamuk konvensional, untuk menyiasatinya kabel yang disolder pada kawat mesh tidak lebih dari 0.8mm.

Alat apapun yang kita pakai memiliki kelemahan dan bahayanya. Meskipun desain raket nyamuk ini kelihatan sederhana, jangan sentuh jaring mesh karena bisa menyebabkan kejutan yang menyakitkan bagi tubuh sobat. Walaupun tegangan kejut dari kapasitor tidak akan mematikan, namun cukup membuat sobat menjadi shock. Oke sobat, tertarik untuk membuat raket nyamuk tanpa baterai ini?, sangat gampang sekali jika ingin membuatnya. semoga bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close