Skip to main content

Cara membuat ampli untuk hp

Cara membuat ampli untuk hp - Kali ini kita akan sedikit ber kreasi dengan membuat amplifier rakitan sederhana yang kita buat khusus untuk sebuah hp atau smartphone. Artikel tentang cara membuat ampli untuk hp ini sengaja saya bahas di tulisan kali ini hanya sekedar untuk membantu teman yang sedang ingin ber eksperimen dalam membuat mini amplifier speaker rakitan yang bisa disambungkan langsung ke handphone, Cara membuat ampli untuk hp yang ingin saya paparkan ini menurut saya memiliki rangkaian yang sangat simple, tetapi bisa menghasilkan suara yang cukup memuaskan walaupun hanya memakai komponen yang minim.

Ampli mini rakitan atau penguat audio sederhana yang ingin kita buat ini terdiri dari komponen yang sangat sederhana sekali dan mudah didapat, hanya menggunakan satu transistor MOSFET, mudah dibuat tetapi cukup Powerful. Ampli mini rakitan Ini mungkin yang terbaik yang bisa sobat rakit hanya dengan menggunakan penguat satu transistor mosfet saja. Seberapa powerful ampli rakitan untuk hp ini? yah, itu tergantung pada bola lampu yang digunakan untuk rangkaian yang dipakai.

Cara membuat ampli untuk hp

Saya memakai bola lampu pijar 21 watt 12volt untuk pengganti resistor yang tidak ada/jarang didapatkan. Secara teori, dengan dengan bola lampu 21watt/12volt kita akan mendapatkan ampli keluaran 10 watt. Bagaimana jika kita ingin mendapatkan keluaran 100 watt?, sobat cukup mengganti bola lampu menjadi 100watt dan mengganti mosfet dengan kualitas yang lebih tinggi dan heatsink/pendingin yang lebih tebal lagi. Memang secara teori kelihatannya sederhana sekali, namun untuk membuktikannnya sobat bisa ber eksperimen sendiri dalam hal ini.

Baca Juga : Rangkaian charger baterai 18650 Lithium 3.7v

Baiklah sobat, sebelum kita masuk ke cara membuat ampli untuk hp yang ingin kita buat ini, ada baiknya kita catat dan simak dulu apa saja komponen-komponen yang harus kita persiapkan, part yang harus kita sediakan untuk ampli mini rakitan ini adalah :

1. Transistor MOSFET IRF540N (Sobat dapat menggunakan persamaan MOSFET N-Channel lainnya yang serupa karakternya)

2. Resistor 47K 0,25W atau 0,125W, terserah saja, sobat dapat menggunakan resistor 10K hingga 100K.

3. Bola lampu 21 watt 12 volt. Bola lampu berfungsi sebagai penghambat yang kuat. Kita sulit untuk menemukan misalnya resistor 21W, itu sebabnya saya menggunakan bola lampu sebagai gantinya. Sobat dapat menggunakan bola lampu 1W - 40W. Apabila sobat menggunakan bola lampu yang lebih  tinggi watt nya, maka sobat akan mendapatkan amplifier yang lebih kuat. Tetapi untuk amplifier yang kuat, sobat akan membutuhkan sumber daya yang kuat juga, dan heatsink yang besar.

4. Sebuah kapasitor Elco 4.7uF/25v. Elco yang digunakan bisa berukuran 2.2uF hingga 10uF.

5. Elco 1000uF/25v. bisa memakai elco dengan ukuran 470uF hingga 2200uF.

Cara membuat ampli untuk hp

6. Komponen selanjutnya adalah sebuah jack audio yang digunakan untuk menghubungkan rangkaian ke hp.

7. Selanjutnya gunakan sebuah heatsink sebagai peredam panas dari mosfet.

8. Dan terakhir adalah kabel-kabel secukupnya.

Cara membuat ampli untuk hp

Setelah semua bahan terkumpul saatnya kita merakit ampli mini rakitan tersebut, bagaimana cara membuat ampli untuk hp ini?, silahkan sobat buat sesuai skema dibawah ini :

Cara membuat ampli untuk hp

Bagaimana sobat, gampang sekali bukan cara membuat ampli untuk hp ini? apabila sobat tertarik silahkan untuk membuatnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close