Skip to main content

Cara pasang hardisk PS2 slim

Cara pasang hardisk PS2 slim - Apakah sobat mempunyai sebuah konsol PlayStation2 yang sudah tidak dipakai lagi dan optiknya lemah atau bahkan sudah rusak?,  jangan dibuang atau dijual ke rongsokan dulu ya sob, kita bisa me refungsi kan kembali konsol tersebut agar bisa digunakan untuk bermain lagi. Disini saya akan berbagi sedikit bagaimana cara pasang hardisk PS2 slim, cara ini bisa juga kita terapkan untuk PS2 tebal (fat) yang optiknya sudah tidak berfungsi lagi, kita hanya membutuhkan dan memasang sebuah alat tambahan pada mesin konsol serta sebuah software agar konsol PS2 tersebut bisa berjalan. Oh ya sobat, untuk cara pasang hardisk PS2 slim lainnya sobat bisa baca di tulisan sebelumnya pada Optik PS2 Rusak Ganti Flashdisk untuk main game tanpa kaset
.
PlayStation2 adalah sebuah konsol game fenomenal yang masih tetap dimainkan hingga saat ini. Walaupun produksi konsol ini telah dihentikan sejak tahun 2013, tetapi masih banyak toko-toko game yang tetap menjual konsol game PS2 ini baik dalam kondisi baru maupun second. Kenapa tidak, konsol ini merupakan perangkat game paling laris dibandingkan dengan beberapa konsol game kompetitornya, sebut saja konsol besutan Nintendo seperti Nintendo DS, Game Boy dan beberapa konsol game lainnya. Konsol PlayStation2 mencatat penjualannya yang sangat signifikan hingga mencapai 155 juta unit sampai tahun 2013, belum lagi penjualan setelah tahun tersebut hingga saat ini.

Cara pasang hardisk PS2 slim

Kenapa PS2 masih tetap laris dipasaran?, jawabannya adalah PS2 merupakan konsol game lintas generasi yang bisa dimainkan mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Banyak "bapak-bapak" maupun "emak-emak" masih memainkan game PS2 hingga saat ini, walaupun hanya sekedar bernostalgia dan untuk menemani sibuah hati dalam bermain konsol game PlayStation2 tersebut. Untuk cara pasang hardisk PS2 slim optik rusak ini sangat gampang sekali untuk kita lakukan, sobat hanya membutuhkan obeng, timah, dan tentu saja sebuah chip Matrix yang akan kita pasang sebagai pengganti chip pembaca kaset bajakan yang sudah terpasang sebelumnya.

Baiklah sobat, tanpa berpanjang lebar lagi, dibawah ini telah saya paparkan bagaimana cara pasang hardisk PS2 slim sendiri dirumah, silahkan disimak tutorialnya :

1. Siapkan chip Matrix Modbo 5.0 yang akan kita pasang. Chip Matrix ini bisa sobat dapatkan di toko-toko yang menjual perlengkapan game, jika tidak ada yang menjual di toko, sobat bisa beli secara online di marketplace seperti di Bukalapak maupun Tokopedia atau di marketplace kepercayaan sobat lainnya, untuk harganya silahkan di cek sendiri ya sob.

2. Buka cover PS2 dengan obeng hingga seluruhnya terlepas, lepasakan unit komponen seperti Power Supply (PSU), kipas angin (fan), rumah optik dan plat penutup PCB agar kita lebih leluasa untuk bekerja.

Cara pasang hardisk PS2 slim

3. Perhatikan chip yang saya beri tanda kotak, chip tersebut gunanya adalah untuk membaca kaset dari cd/dvd game bajakan. Karena kita sudah tidak menggunakan optik lagi dan ingin menggunakan hardisk atau flashdisk sebagai penyimpanan game, maka kita akan mengganti chip tersebut dengan chip Matrix Modbo 5.0

Cara pasang hardisk PS2 slim

4. Solder terlebih dahulu pin-pin dari chip Matrix Modbo 5.0 agar lebih mempermudah kita dalam menyolder dan memindahkan kabel-kabel chip nya,

Cara pasang hardisk PS2 slim

5. Bagaimana cara pengerjaan selanjutnya?, sangat gampang sob. Perhatikan huruf-huruf yang terdapat pada kedua chip, kedua chip tersebut mempunyai huruf-huruf yang sama, yang harus sobat lakukan adalah sobat hanya cukup memindahkan kabel-kabel yang berada pada chip lama ke pin pada chip Modbo 5.0, kabel yang dipindahkan ke pin matrix Modbo 5.0 harus sama dengan huruf pada chip yang lama ya sob, jangan sampai salah.

Cara pasang hardisk PS2 slim

6. Setelah semua pin kabel dipindahkan, silahkan pasang mesin PS2 kembali seperti semula, saatnya kita untuk mencoba. Untuk mengetahui apakah pemasangan chip Matrix Modbo 5.0 sudah benar atau belum, hidupkan PS2, lihat pada layar tv, pada awal dihidupkan kita akan melihat tampilan tulisan MATRIX, itu berarti pemasangan sudah benar.

PS2 sudah dipasang matrix, trus bagaimana selanjutnya?, sekarang saatnya kita menyediakan sebuah hardisk/flashdisk yang nanti didalamnya akan kita copy file software dan tentu saja file game nya. Untuk file software, sobat bisa ambil file nya DISINI atau DISANA, dan untuk cara mengisi game ke hardisk/flashdisk sobat bisa baca dulu di Cara Copy Game PS2 dari DVD game ke FlashDisk dan Harddisk, atau pada postingan tentang PS2 terbaru saya di Cara mengisi game PS2 sendiri.

Bagaimana sobat, gampang bukan untuk cara pasang hardisk PS2 slim nya?, mudah-mudahan tutorial tentang cara pasang hardisk PS2 slim optik rusak ini bisa bermanfaat. terimakasih.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close