MONTIRBOX.COM

Optik PS2 Rusak Ganti Flashdisk untuk main game tanpa kaset

Optik PS2 Rusak Ganti Flashdisk  - Memang asik kalau sudah main game, apalagi game yang sangat kita suka. Pagi ini iseng-iseng sambil nunggu pelanggan saya mau melanjutkan main game 'God of War' PS2 kesukaan saya. Saya masukkan disk ke PS2 nya lalu  pencet tombol powernya untuk menghidupkannya , sambil nunggu loading sembari ngopi :D,

tunggu punya tunggu kok loadingnya lama ya trus keluar lambang browser di layar tv, wah gawat nih ada apa gerangan hehe..., tenang.. pikir saya, semua pasti ada jalan keluarnya. Tanpa tunggu lama-lama saya coba browsing di encik Google apa penyebab rusaknya.

Setelah dapat referensi saya coba pertama-tama mengganti kabel flexible optiknya, saya coba tes running lagi, duh sama aja gk ada pengaruhnya, berarti opsi kedua menurut encik google ada  kemungkinan optik yang rusak.


Saya mulai berpikir (dari tadi belum mikir hehe..) kenapa nggak dimodif aja ya menggunakan flash disk atau harddisk ps2 nya, jadi kalau mau main game tidak diperlukan lagi kaset dvd game, cukup flashdisk atau harddisk sebagai sarana penyimpanan gamenya.

Cara PS2 menjadi matrix, main game via flashdisk


Tanpa pikir panjang lagi saya siapkan semua alat-alat yang dibutuhkan untuk merubah PS2 yang masih pakai keping dvd menjadi flash disk atau harddisk dalam memainkan game nya. Oke sobat, bagi yang ingin mencoba silahkan dicoba pengalaman saya ini.

Adapun alat-alat yang dibutuhkan antara lain  adalah:
1. Solder
2. Timah
3. Modbo 5.0

4. Kabel jumper 
5. Kaca pembesar (bagi yang sudah rabun hehehe..).
       
Oke kita mulai saja, pertama kita buka casing PS2 nya, kebetulan saya pakai PS2 slim. Trus dibuka semua baut sehingga tinggal papan pcb utamanya. nanti disebelah bawah pcb akan kita ketemukan kepingan pcb kecil, pcb itulah yang akan kita ganti dengan pcb yang sudah kita siapkan tadi yaitu Modbo 5.0.


Kalau kita perhatikan di Modbo 5.0 tadi ada huruf-huruf seperti M N M O P Q T U V R W CX SX RST GND 3.3 dll. , nanti pin-pin itu akan kita cocokkan dengan kepingan pcb kecil yang ada di mother board PS2 tadi. Setelah sobat amati silahkan sobat pindahkan kabel jumper yg ada di kepingan pcb kecil ke Modbo 5.0 sesuai hurufnya.

Jangan ada yang salah dalam pemasangan kabel jumpernya karena akan merusak modbo ataupun pcb PS2nya, setelah selesai memindahkan kabel jumpernya sebelum di test ada baiknya di cek kembali jalur-jalurnya. Setelah yakin pemasangannya benar baru kita menuju ke tahap selanjutnya. Pasang kembali motherboard PS2 nya jangan lupa baut dipasang sesuai tempatnya, selanjutnya kita test running.

Setelah dihidupkan kalau pemasangan Modbo sobat telah benar nanti dilayar tv akan muncul tulisan 'MATRIX' pertanda bahwa pemasangannya sudah betul, tapi kalau yang mauncul logo browser PS2 dilayar tv berarti pemasangan kabel jumper ada yang salah, silahkan sobat cek lagi sambungan-sambungannya. setelah di cek lagi dan dicoba lagi masih belum berhasil juga yah... apa boleh buat, berikanlah kepada ahlinya hehe..
  
Selanjutnya setelah selesai dan berhasil memodif PS2 nya menjadi Matrix timbul masalah baru, masalah apalagi nih, saya berpikir dapat game nya dari mana ya ..tenang..ingat slogan 'semua ada jalan keluarnya', kembali saya ke Empu Google. Browsing sana browsing sini akhirnya ketemu juga jalan keluarnya. Mau tahu apa jalan keluarnya sobat? oke simak postingan saya yang berikut ini sob Cara Copy Game PS2 dari DVD game ke FlashDisk dan Harddisk. Thanks

Labels: PS2

Thanks sudah membaca Optik PS2 Rusak Ganti Flashdisk untuk main game tanpa kaset. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Optik PS2 Rusak Ganti Flashdisk untuk main game tanpa kaset"