Skip to main content

Cara mengisi game PS2 sendiri

Cara mengisi game ps2 sendiri - Walaupun sebentar lagi PS5 akan segera dirilis, namun penggemar konsol PS2 tetap saja tidak berkurang hingga saat ini, terbukti masih banyaknya pelanggan yang masih rutin mengisi atau menginstal game PS2 ke bengkel kerja saya. Di artikel kali ini saya akan berbagi kembali tentang bagaimana cara mengisi game ps2 sendiri dirumah, buat yang belum tahu aja ya sobat. Kenapa saya bagikan caranya?, apakah tidak akan mengurangi rejeki jika diketahui oleh pelanggan?, tentu saja tidak, karena rejeki tidak akan tertukar. Pada tutorial saat ini yang akan saya bagikan adalah cara mengisi game ps2 yang fat/tebal, cara mengisi game ps2 sendiri untuk PS2 slim bisa sobat baca tutorialnya di Cara Copy Game PS2 dari DVD game ke FlashDisk dan Harddisk

Cara mengisi game PS2 sendiri

Sebelum kita memulai pembahasan mengenai cara mengisi game ps2 sendiri ini, saya ingin sedikit menjelaskan bahwa game untuk konsol PS2 mempunyai 2 format, yang berbentuk ISO dan yang berbentuk file Game. Baik format ISO maupun format Game bisa diinstal atau dimainkan dengan OpenPS2Loader, OpenPS2Loader biasa digunakan pada PS2 slim atau fat yang menggunakan flashdisk atau hardisk external. Sedangkan untuk PS2 yang menggunakan hardisk internal (biasanya PS2 tebal/fat yang memakai NA) hanya bisa menggunakan game yang berformat ISO saja. Saat pengisian game, game berformat ISO memliki proses penginstalan yang lebih cepat dibandingkan yang berformat Game pada flashdisk atau hardisk eksternal.

Oke sobat, untuk cara mengisi game PS2 sendiri ini, apa saja peralatan yang harus kita butuhkan?, yang pertama adalah sebuah kabel USB to IDE SATA, kabel ini bisa sobat beli di toko alat-alat komputer atau banyak dijual secara online di maketplace. Di paket penjualan sudah tersedia juga adaptor yang berfungsi sebagai supply 5 volt dan 12 volt untuk hardisk ATA 3.5 inchi. Jika sobat memiliki komputer dan tidak ingin menggunakan adaptor tersebut, sobat bisa langsung menyambung atau mengambil supply untuk hdd langsung dari komputer. Biasanya komputer sudah menyediakan socket/kabel untuk supply hardisk external.

Cara mengisi game PS2 sendiri

Setelah kabel USB to IDE SATA tersedia, kita langsung saja menuju cara pengisian game untuk PS2 fat hardisk internal ini. Silahkan disimak langkah-langkahnya :

1. Buka hardisk internal dari PS2 tebal yang ingin kita isi game nya

2. Sambungkan kabel IDE to SATA ke hardisk internal PS2

Cara mengisi game PS2 sendiri

3. Pasang juga kabel power supply yang menghubungkan adaptor ke hardisk

Cara mengisi game PS2 sendiri

4. Selanjutnya hidupkan laptop/komputer, lalu tancapkan kabel usb slot usb di komputer

Cara mengisi game PS2 sendiri

Sekarang saatnya kita ingin mengisi game ke dalam hardisk. Sobat harus sudah memiliki game yang berformat ISO, jika belum punya game ISO, sobat bisa menggunakan file yang berformat GAME dan men-convertnya menjadi ISO. gunakan aplikasi USBUtil untuk merubah game Ul.cfg menjadi ISO. Untuk aplikasinya, sobat bisa download pada akhir artikel ini. Setelah memiliki game PS2 ISO silahkan lanjut ke tahap berikut ini :

1. Buka aplikasi WinHIIP

Cara mengisi game PS2 sendiri

2. Pilih "Select Drive"

Cara mengisi game PS2 sendiri

3. Lalu pilih drive hdd PS2 yang akan kita instal game nya

Cara mengisi game PS2 sendiri

4. Lihat pada pojok kiri bawah, pilih tulisan "ADD IMAGE"

Cara mengisi game PS2 sendiri

5. Nanti kita akan diarahkan masuk ke tempat dimana kita menyimpan game berformat ISO yang sebelumnya sudah kita persiapkan tadi.

Cara mengisi game PS2 sendiri

6. Pilih salah satu game yang kita inginkan, dan pilih "OPEN". Kemudian pilih "START"

Cara mengisi game PS2 sendiri

7. Disini kita bisa merubah nama game, selanjutnya tekan "OK".

Cara mengisi game PS2 sendiri

8. Dan proses pengisian berjalan. tunggu hingga proses selesai.

Cara mengisi game PS2 sendiri

Setelah proses pengisian game selesai, pasang kembali hdd internalnya ke PS2, silahkan dicoba game yang baru kita instal tersebut. Bagaimana sobat, sangat gampang kan cara mengisi game PS2 sendiri?, jika sobat punya game masternya atau game yang langsung berasal dari piringan DVD/CD, sobat bisa menggunakan cara ini juga, jadi tidak usah susah-susah lagi mengisi game ke toko.

WinHIIP
USBUtil v2.0 Full (English)

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close