--> Skip to main content

Kode Remot TV Universal

Kode Remot TV Universal - Remote universal biasanya menggantikan unit remote control bermerek yang disertakan dengan gadget elektronik, seperti pemutar DVD dan VCD, VCR, pesawat televisi, Cable Box, perangkat stereo, dan lain-lain. Remot universal dirancang dan dikodekan untuk menjalankan banyak unit elektronik. Dengan adanya remot universal, Anda dapat menyimpan remote control asli dan hanya menggunakan satu remote control universal saja untuk membuat semua gadget Anda berfungsi.

Meskipun tidak semua sistem nirkabel disesuaikan dengan remote control universal, produsen perangkat biasanya menyediakan katalog model dan merek yang dapat dikodekan. Dengan membuat katalog dan mengetahui kode perintah yang diterapkan oleh pabrikan atau produsen, remote control universal dapat menyalin dan menjalankan fungsi dari kontroler yang dikeluarkan aslinya.

Berbagai merek atau produsen perangkat elektronik menggunakan kode perintah yang berbeda. Ada remote kontrol yang telah diprogram sebelumnya untuk menampung lebih dari satu kode perintah, yang memungkinkan mereka menjalankan berbagai jenis unit elektronik dari berbagai pembuat atau merk.

kode remot tv

Jadi misalnya jika TV atau sistem hiburan rumah Anda berasal dari tiga produsen yang berbeda, Anda dapat memilih untuk menggunakan tiga remote control yang berbeda untuk menjalankan sistem Anda. Atau Anda dapat menggunakan satu remote universal untuk TV Anda, dengan catatan Anda punya kode remote TV universal nya juga.

Anda juga dapat memasukkan fungsi tambahan ke remote universal jika Anda memiliki TV dengan merk yang berbeda, tetapi Anda harus mengetahui kode perintah atau yang biasa disebut kode remote tv universal untuk sistem elektronik yang ingin Anda jalankan. Anda biasanya mendapatkan kode remote tv ini di manual saat pembelian remot tv universal.

Apa itu Learning Remote?

Learning remot adalah remote yang dapat menerima dan menyimpan kode yang dikirim oleh remote lain, kemudian menyampaikan kode-kode tersebut untuk memanipulasi perangkat elektronik yang mengenalinya. Misalnya, Anda memiliki TV yang memiliki remote terprogram atau remot asli, Learning remot ini dapat mengambil sinyal yang dipancarkan oleh remot asli tersebut (menduplikasi), sehingga learning remot dapat mengontrol penerima Anda juga. Kode remote tv tidak perlu dimasukkan karena learning remot dapat mengingat dan menyimpan sinyal yang disampaikan oleh remote control lain.

Beberapa remote control universal berteknologi tinggi dapat disambungkan ke port USB komputer. Melalui ini, pengunduhan ikon grafik atau kode perintah dan pemasangan perangkat lunak dapat dimungkinkan. Meskipun ada beberapa remote dengan pendekatan yang lebih berteknologi maju untuk memasukkan perintah, sejumlah besar remote control saat ini masih menggunakan skema menekan tombol. Ada juga remote control yang dijalankan melalui layar sentuh LCD, atau joystick untuk perintah arah dan suara.

Remot tv universal tidak akan dapat bekerja pada suatu perangkat televisi apabila kode remote tv tidak dimasukkan terlebih dulu. Untuk setiap merk tv yang berbeda mempunyai kode remote tv yang berbeda pula. Bahkan terkadang untuk satu merk tv bisa memiliki kode remote tv yang berbeda, seperti TV merk Polytron atau beberapa type TV Sharp.

Kode Remot TV


Bagi Anda yang sedang mencari kode remote TV, dibawah ini adalah beberapa daftar kode remote TV yang sudah pernah Montirbox bahas di artikel sebelumnya, antara lain adalah:

1. Kode Remot TV Polytron

Polytron adalah brand asli buatan indonesia yang sudah sangat terkenal dan diakui kualitasnya. Tidak hanya produk berupa televisi, Polytron juga memproduksi alat elektronik lainnya seperti AC, mesin cuci, perangkat Audio Video, bahkan handphone. Itu sebabnya brand Polytron memiliki kode remot tersendiri pada remot universal karena produknya yang beragam.

2. Kode Remot TV Sharp

TV Sharp juga termasuk dalam televisi yang banyak dipakai oleh masyarakat, dengan permintaan remot yang semakin tinggi untuk merk ini, remot universal sangat dibutuhkan sebagai pengganti remot asli Sharp disaat remot asli sedang sulit didapat di pasaran.

3. Kode Remot TV Samsung

Siapa yang tidak kenal dengan merk TV yang satu ini, tv yang terkenal dengan gambarnya yang ciamik khususnya untuk type tv led, masih tetap menjadi merk tv favorit dikalangan masyarakat. Kualitas gambar yang diatas rata-rata tidak akan membuat lelah dalam menontonnya. Kode remot untuk merk Samsung ini tidak hanya tersedia di remot tv universal, namun juga ada di aplikasi Android, sehingga tv Samsung ini bisa juga di kontrol lewat smartphone.

4. Kode Remot TV Akari

Brand asli asal Indonesia ini berdiri tahun 2002 di Sidoarjo, Jawa Timur. Merk TV Akari juga banyak dipakai oleh masyarakat karena kualitas nya yang lumayan baik dan harganya yang dibawah rata-rata kompetitornya. Itu sebabnya produsen remot universal memasukkan kode akari ke daftar di panduan kode remotnya.

5. Kode Remot TV LG

Merk TV ini tentu tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat indonesia. TV LG yang terkenal dengan kualitas gambarnya yang alami dan harga yang terjangkau membuat tv merk ini paling laku dipasaran. Dengan banyaknya pengguna tv ini maka semakin banyak pula yang memakai remot tv universal sebagai penggati remot asli tv ini. Cukup hanya dengan menyetting satu kode pada remot tv universal, Anda dapat mengontrol tv LG tabung dan TV LG LED atau LCD sekaligus tanpa merubah kode remot nya.

6. Kode Remote TV Toshiba

TV merk jadul ini juga tidak ketinggalan masuk dalam daftar yang mempunyai kode remot tersendiri, TV yang produksinya berpusat di Negri Matahari Terbit ini masih tetap memiliki penggemarnya tersendiri hingga saat ini. Dengan warna gambar yang khas, TV Toshiba memberikan pengalaman tersendiri dalam menonton tv, terbukti masih banyak pengguna yang masih mencari baik remot asli tv Toshiba, maupun remot tv universalnya.

7. Kode Remote TV TCL

Walaupun terbilang baru di kancah pertelevisian, TV TCL termasuk yang terbaik diantara TV China lainnya. Dengan kualitas gambar yang alami khas tv China, tv ini cukup diminati oleh masyarakat. Terlebih lagi dengan kualitas gambar dan komponen pendukungnya yang baik, tidak salah tv ini banyak dibeli, apalagi harganya cukup terbilang murah dibanding kompetitornya yang satu level. Tidak sulit untuk menyetting kode remotnya, rata-rata kode remote akan sama dengan tv china lainnya.

8. Kode Remot TV Changhong

TV Changhong mempunyai kode remot tersendiri dan berbeda dari tv china lainnya, karena berbedanya type part (IC Program) yang dipakai oleh tv changhong itu sendiri.

9. Kode Remot Joker

Kode remot joker merupakan kode remot yang paling banyak dicari pengguna, remot joker masih menjadi andalan bagi user yang sudah tidak punya remot asli lagi.

10. Kode Remot TV Sanyo

Tv Sanyo merupakan tv dengan merk yang sudah me legenda. TV yang berproduksi di jepang ini merupakan produsen elektronika yang sudah banyak menghasilkan perangkat elektronik yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia, produk yang terkenal selain tv adalah pompa airnya. Kode remote TV Sanyo masih dibutuhkan karena saat ini masih banyak pengguna yang memakai tv merk Sanyo hingga saat ini. Anda bisa membeli remot joker atau multi sebagai pengganti remot asli TV Sanyo.

Selain data kode remot, Montirbox juga telah memaparkan tutorial tentang cara setting remot universal agar bisa bekerja dan dipakai pada perangkat tv yang baru. Untuk caranya bisa dibaca di Cara Memasukan Kode Remote TV Mudah dan Cepat.

Remote secara progresif mengembangkan fungsi, alat, dan gadget yang dapat mereka kendalikan. Saat ini Anda dapat menjalankan sistem hiburan rumah, alarm, dan pencahayaan hanya dengan satu remot universal. Suatu hari, Anda hanya akan memiliki satu remote control yang akan menangani semua perangkat elektronik apa saja di rumah dan tempat kerja Anda.

Baiklah sobat Montirbox, itu tadi pembahasan artikel tentang kode remot tv dan cara memasukan kode remote tv dengan tepat. Semoga postingan ini bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close