Cara membuat mbr penghancur short hanya dengan modal seratus ribuan saja

Cara membuat mbr penghancur short – Mbr penghancur short beberapa bulan belakangan ini makin populer dikalangan teknisi elektronika, bukan hanya untuk menghancurkan short pada hp, sekarang teknisi tv juga sangat membutuhkan alat ini, terutama untuk memperbaiki tv led/lcd. Banyak yang mencari skema rangkaian mbr untuk mencoba membuat mbr penghancur short dari bermacam part, ada yang menggunakan rangkaian sederhana dan ada juga yang memakai kit yang sudah banyak tersedia dipasaran.

Baca Juga : Cara Membuat ESR Meter Analog Pengukur Elco Paling Akurat

Kalau kita lihat untuk harga mbr penghancur short masih sangat mahal. Seperti yang saya pantau di toko online harganya mencapai 500 ribuan per unitnya. Iseng-iseng saya juga hunting di grup media sosial khusus teknisi untuk mencari tuser yang membuat alat mbr ini, ternyata harganya tidak jauh berbeda dengan yang dijual di marketplace, bahkan ada yang lebih mahal.

cara membuat mbr penghancur short

Sebenarnya kalau kita perhatikan skema rangkaian mbr ini sangatlah sederhana, kenapa saya bilang begitu?, karena saya sendiri sudah membeli alat ini dan sudah “membedah” isi dan rangkaiannya. Kita hanya membeli kit nya yang sudah jadi dan cukup merakitnya saja. Tentu kita harus memiliki skemanya agar bisa menjadi sebuah mbr. Saya melihat rangkaiannya cukup lumayan, sudah memiliki fitur voltmeter dan tentu saja predator komponen yang short. Banyak skema mbr penhancur short yang beredar tetapi rata rata tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Baca Juga : Cara Membuat Rangkaian Alat Test Semua Remote TV

Disini saya akan berbagi cara bikin mbr predator atau penghancur short khusus buat sobat montirbox.com, cara merakitnya sangat mudah, bahkan buat yang bukan teknisi sekalipun. Setelah sobat tahu cara membuatnya, bisa dijadikan lahan bisnis karena alat ini masih banyak yang membutuhkan, bisa dilihat digrup grup medsos banyak yang bertanya cara buat ataupun yang ingin membeli.

Baca Juga : Rangkaian backlight TV Led rakitan

Tanpa berlama lagi silahkan disimak cara merakit rangkaian mbr penghancur short dibawah ini.

READ:  Cara menurunkan tegangan backlight TV Led

Alat yang mesti kita beli atau sediakan adalah :

1 Step down buck converter.
Untuk yang 9 atau 12 ampere harganya dipasaran berkisar 60 ribuan.

Baca Juga : Jual Kit ESR Meter analog murah dilengkapi indikator short dan buzzer

cara membuat mbr penghancur short
harga mbr penghancur short

 

Baca Juga : Joule Thief : Skema JT trafo cas hp

2. Voltmeter ampermeter digital.
Saya menggunakan voltmeter yang maksimal 30 volt 10 ampere, harga sekitar 30 ribuan. Sobat bisa gunakan voltase dan ampere yang lebih tinggi lagi.

membuat mbr penghancur short

 

jual mbr penghancur short

Baca Juga : Skema charger aki terbaru otomatis dengan relay pemutus

3. Socket banana female 4 pcs.
Harga socket ini per pieces nya dibawah seribu perak saja.

cara menggunakan mbr penghancur short

4. Saklar 6 kaki 1 pcs.
Harganya sekitar lima ribuan.

cara bikin mbr penghancur short

5. Potensio 10k 2pcs.
Potensio yang digunakan pilih yang mono dan berkualitas bagus, karena jika menggunakan kualitas biasa penalaan voltase tidak halus.

cara merakit mbr penghancur short

6. Serta komponen pendukung lainnya.

Setelah semua bahan dan komponen terkumpul, saatnya kita  mulai merakit. Untuk skema rangkaiannya sobat bisa dapatkan pada akhir artikel ini.

Bagaimana cara menggunakan mbr penghancur short yang kita buat sendiri ini?, pada alat ini ada dua fungsi yaitu :

Baca Juga : Rangkaian horizontal pada tv belum bekerja? cek pakai alat ini 

1. Penghancur Short
Apabila ada komponen yang open atau short yang tidak kita ketahui pada rangkaian, ketahui dulu berapa volt yang dibutuhkan, set volt nya pada mbr dengan memutar potensio, lalu tempelkan pin tester pada area yang short, coba raba atau perhatikan, nanti akan terlihat ada komponen yang panas bahkan terbakar, komponen itulah yang bermasalah atau yang membuat rangkaian tersebut menjadi short.

2. Volt meter (pengganti multitester digital)
Alat ini bisa juga digunakan untuk mengukur voltase suatu rangkaian, hanya tegangannya dibatasi tergantung pada komponen voltmeter amperemeter yang kita gunakan.

READ:  Kerusakan TV China dan Solusi Perbaikannya

Oke sobat, demikianlah sharing saya tentang cara membuat mbr penghancur short hanya dengan modal 100 ribuan saja, silahkan didownload skema rangkaian mbr pada akhir artikel ini, mudahan dengan artikel ini bisa menghemat, atau menekan biaya untuk memiliki alat mbr  ini yang harganya masih sangat menguras buat kantong kita, khususnya saya :D. Semoga bisa bermanfaat.

Download skema rangkaian mbr penghancur short

cara membuat alat penghancur short murah 12 ampere
Sharing Is Caring:

5 thoughts on “Cara membuat mbr penghancur short hanya dengan modal seratus ribuan saja”

Leave a Comment