AC Portable: Cara kerja, ukuran, dan cakupan area yang sesuai

Unit Air Conditioner atau AC portable adalah yang Anda butuhkan jika Anda tidak memiliki ruang untuk memasang AC konvensional. Anda perlu mengetahui berapa kapasitas unit AC dan ukuran ruangan yang ingin Anda dinginkan. Unit AC portabel tidak hanya mendinginkan ruangan, tetapi juga dapat melembabkan ruangan. AC portable juga dapat digunakan sebagai pemanas ruangan atau kipas angin.

Fungsi apa yang AC ini tawarkan bergantung pada unit AC yang dipilih. Sebelum membeli unit AC portabel, pastikan Anda mengetahui ukuran ruangan tempat Anda akan menggunakan unit ini. AC portabel mungkin mudah dipasang, tetapi tidak bebas masalah dan mudah bergeser, tidak fix seperti unit AC konvensional. AC portabel ini bisa saja memiliki ukuran besar, dan beratnya dapat mencapai 25 kg hingga 45 kilo gram, tingginya 75 cm, dan membutuhkan ruang hingga dua belas hingga delapan belas inci.

Bagaimana AC portable bekerja

AC portabel harus diletakkan di dekat jendela sehingga aliran panas bisa merembet keluar. Air yang keluar dari unit AC portable dapat dialirkan dengan dua cara berbeda: keluar jendela menggunakan selang pembuangan atau langsung memakai wadah penampungan (ember) yang diletakkan di dalam kamar.

Ukuran AC portable

Unit AC portabel umumnya 7.500 hingga 8.000 BTU tetapi ada beberapa dengan BTU yang lebih tinggi. BTU adalah singkatan dari British thermal unit dan mengacu pada AC, ini adalah berapa banyak unit AC yang dapat dikeluarkan atau ditambahkan dari udara per jam. Dengan BTU ini, unit AC portable dapat mendinginkan ruangan seluas 45 hingga 60 meter persegi. Jenis AC ini adalah yang paling ekonomis dan terkecil dari semua AC.

READ:  Mengatasi Gambar Klise Saat Pemasangan Board Universal Lcd Led TV

Jenis AC portable

Saat memilih unit AC portable ada unit kecil, sedang, dan besar yang masing-masing memiliki BTU yang berbeda. Dibawah ini adalah data ac portabel untuk ukuran kecil, medium (sedang), maupun yang besar:

Kecil

• 7.500 BTU free standing unit
• 9.000 BTU free standing atau unit digital
• 10.000 BTU free standing unit

Medium

• 12.000 BTU free standing unit atau unit portabel dengan pompa air built-in

Besar

• 13.000 BTU free standing unit
• 14.000 BTU free standing unit dengan ion dan sinar UV, atau pemanas dengan sinar ion dan UV, atau AC non-free standing

Ukuran dan area yang dicakup AC portable

• 7.000 BTU mencakup 75 hingga 90 meter persegi
• 8.000 BTU mencakup 90 hingga 105 meter persegi
• 9.000 BTU mencakup 105 hingga 120 meter persegi
• 10.000 BTU mencakup 120 hingga 135 meter persegi
• 12.000 BTU mencakup 135 hingga 165 meter persegi
• 14.000 BTU mencakup 165 hingga 210 meter persegi

Jika kamar atau ruangan Anda sejuk dan sangat teduh, Anda harus menurunkan BTU sebanyak sepuluh persen, tetapi harus ditingkatkan sepuluh persen jika ruangan sangat cerah atau panas. Jika unit AC portable ada di dapur, kapasitasnya harus ditingkatkan hingga 4.000 BTU.

Sharing Is Caring:

Leave a Comment