Skip to main content


Ternyata Makanan Ini Dapat Membuat Awet Muda dan Panjang Umur

5 Makanan Ini Dapat Membuat Awet Muda dan Panjang Umur - Mungkin anda sering mendengar bahwa salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap awet muda yaitu dengan menjaga makanan yang dikonsumsi, artinya kita tidak sembarangan mengkonsumsi apa saja dan hanya mengkonsumsi makanan sehat dan tinggi nutrisi.

Terlihat awet muda merupakan dambaan setiap orang, namun tahukah anda ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu anda untuk memperlambat penuaan dan menjaga tubuh tetap awet muda. Kunci memiliki tubuh yang awet muda, panjang umur, dan sehat yaitu dari makanan yang kita konsumsi. Kira-kira apa saja ya makanannya?

Baca Juga : 5 Makanan Ini Baik Untuk Penderita Ginjal

Makanan Awet Muda

Berikut beberapa jenis makanan terbaik yang bisa anda pertimbangkan untuk dikonsumsi yaitu :

Pertama, tahu. Bagi orang Indonesia, tentu tahu bukan makanan yang asing, ini bisa kita temukan dengan mudah dan dikonsumsi setiap hari. Tahu merupakan makanan yang terbuat dari kedelai dan mengandung banyak sekali nutrisi seperti isoflavon, protein dan asam amino esensial.

Selanjutnya tahu juga mengandung mineral yang cukup tinggi yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi, tulang, dan menjaga energi tubuh, tahu juga merupakan sumber kalsium, besi, mangan, selenium, fosfor, megnesium, seng dan tembaga.

makanan awet muda

Baca Juga : Makanan Otak : 7 Makanan Ini Dapat Membantu Menyehatkan Otak

Makanan awet muda yang kedua, ikan salmon. Salmon mengandung banyak protein dan omega 3, omega 3 ini bisa membantu menjaga kesehatan mata seperti menjaga kelembapan mata dan terhindar dari mata kering. Ikan ini juga mnegandung kalium dan mineral yang tinggi sehingga dapat melindungi kesehatan jantung dan berkontribusi menjaga kesehatan kelenjar tiroid.

Yang ketiga, wortel. Salah satu jenis sayuran berwarna cerah ini dikenal memiliki vitamin dan beta karoten yang tinggi, hal tersebut bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, penglihatan, dan kesehatan reproduksi. Wotel juga memiliki antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari penuaan akibat radikal bebas.

Yang keempat, sayuran. Tentu saja sayuran merupakan jenis makanan yang sangat menyehatkan, sarat nutrisi, dan sehat. Namun yang lebih direkomendasikan disini yaitu sayuran berwarna hijau seperti brokoli, kangkung, lobak, kale, hingga kembang kol. Beberapa jenis sayuran tersebut sangat kaya nutrisi seperti vitamin C, K, E, folat, mineral, dan karotenoid. Sayuran hijau ini juga bisa membantu memperlambat penurunan kognitif sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi setiap hari.

Baca Juga : Manfaat Protein Yang Luar Biasa Bagi Tubuh

Makanan yang dapat membuat awet muda dan membantu memperlambat penuaan yang kelima, buah citrus. Beberapa buah yang termasuk dalam buah citrus termasuk jeruk, lemon, limau, dan beberapa jenis jeruk lainnya sangat kaya akan nutrisi dan vitamin. Selain vitamin C yang terkenal tinggi, buah citrus ini mengandung antioksidan yang bisa mengurangi kerusakan, peradangan, hingga infeksi.

Buah jeruk juga lebih banyak mengandung senyawa organik seperti flavonoid, kumarin, dan karotenoid yang bisa membantu melindungi tubuh dari serangan kanker, penyakit jantung, dan penyakit neuro degeneratif untuk itu konsumsi. Buah dengan flavonoid yang tinggi seperti jeruk secara teratur bisa membantu memperpanjang usia seseorang.

Baca Juga : Manfaat Beras Coklat Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Meskipun memperlambat penuaan dan meningkatkan usia seseorang bisa diatur dari pola makanan, kita juga harus mengimbanginya dengan pola hidup yang sehat seperti olahraga teratur, minum air putih yang cukup, tidur yang teratur, serta beberapa penerapan gaya hidup sehat lainnya.

Itulah penjelasan mengenai makanan awet muda yang bisa memperlambat penuaan dan memperpanjang usia, terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bisa memberikan manfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close