Skip to main content

Manfaat Beras Coklat Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Manfaat Beras Coklat Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan - Pada artikel kali ini Montirbox akan membahas tentang beberapa manfaat dari beras coklat atau yang kita sebut brown rice. Banyak yang bertanya, apakah beras coklat itu bagus atau tidak? Apa perbedaan beras coklat vs beras merah? Apa bedanya dengan beras putih? Apa beda dengan beras merah dan beras hitam?”. Tetapi, Montirbox tidak membahas perbedaan itu semua. Kali ini kita hanya ingin membahas beberapa manfaat dari beras coklat. 

Bagaimana cara beras cokelat tersebut dihasilkan? Apa bedanya dengan beras putih? Sebenarnya dari tanaman yang sama, hanya prosesnya saja yang berbeda. Disini kita akan bahas beberapa manfaat dari beras cokelat atau disebut brown rice.

Manfaat yang pertama adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Berbeda dengan beras putih, beras cokelat masih memiliki kandungan vitamin dan mineral. Mineral yang terkandung disini adalah magnesium dan selenium. Yaitu yang pertama dapat meningkatkan kesehatan jantung. Bagaimana kita bisa tahu? Magnesium dapat memperbaiki atau dapat meningkatkan kualitas jantung, terutama dapat menjaga irama jantung, begitu juga dengan selenium. Jadi, dua kandungan mineral ini bermanfaat, bahkan sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

beras coklat

Lalu, manfaat yang kedua adalah beras cokelat atau brown rice ini mengandung banyak mangan atau kaya akan mangan. Mangan itu sendiri sangat bermanfaat untuk tubuh kita. zat ini berfungsi untuk membantu pembentukan tulang, kemudian pembekuan darah, faktor penyerapan, pembentukan enzim dan sebagainya. Jadi dengan mengkonsumsi satu cangkir beras cokelat setiap harinya, itu sebenarnya sudah memenuhi sekitar 80% sampai 88% kebutuhan mangan kita dalam satu hari. Bagi anda yang suka dengan beras putih, bisa dikombinasikan juga dengan beras cokelat.

Kemudian manfaat yang selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh kita. Mungkin bagi teman-teman ada yang bertanya "Selain menggunakan obat, suplemen apa yang bisa menurunkan kadar kolesterol?”. Sebenarnya beras cokelat inipun merupakan salah satu makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol anda. 

Mengapa? Yang pertama, masih ada kandungan serat di dalamnya, atau mungkin kalau di Indonesia disebut dengan ‘dedak’. Jadi beras itu belum dipoles, belum dibersihkan, dan dedaknya masih ada, atau kulit ari nya itu masih ada. Selain mengandung vitamin dan mineral, ternyata dedak atau seratnya itu tadi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang kita sebut dengan LDL dan juga triglyceride. Jadi bagi anda yang punya masalah dengan kolesterol tinggi, susah turun, maka anda bisa kombinasikan makanan anda dengan beras coklat ini.

Baca Juga : Penyebab Sesak Nafas Selain Asma Yang Perlu Diketahui

Kemudian manfaat selanjutnya, yaitu manfaat keempat adalah mengurangi resiko terkena penyakit diabetes mellitus, atau DM tipe 2. Mengapa bisa demikian? Karena beras coklat atau brown rice ini memiliki indeks glikemik yang rendah jika dibandingkan dengan beras putih. Atau dibandingkan dengan karbohidrat lain seperti mie dan roti. 

Mengapa indeks glikemiknya bisa lebih rendah? Dan apa sih tujuannya? Karena masih dilengkapi dengan serat dan ada kulit ari nya, maka serat itu sendiri membantu memperlambat penyerapan gula. Jadi, makanan yang anda makan, nasi yang anda makan akan diserap oleh usus anda, dan gulanya masuk ke dalam darah. Ketika ada serat, maka penyerapan itu akan terjadi secara perlahan-lahan, kadar gula anda tidak langsung melonjak. Terutama bagi anda yang menderita penyakit diabetes. Jadi, nasi coklat ini sangat baik bagi anda yang menderita penyakit diabetes. 

Kemudian kita lanjut ke manfaat yang selanjutnya. Manfaat beras coklat yang kelima adalah beras coklat ini bebas dari gluten. Mungkin pada beberapa orang yang alergi terhadap gluten, atau menghindari diet gluten, anda bisa mengkonsumsi beras coklat. Dan selain itu juga, beras coklat ini mengandung vitamin B, yang sangat baik di konsumsi bagi penderita lambung, seperti penyakit gerd.

Demikianlah tadi 5 manfaat dari beras coklat, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close