Skip to main content

Penyebab Sesak Nafas Selain Asma Yang Perlu Diketahui

Penyebab Sesak Nafas Selain Asma Yang Perlu Diketahui - Sesak napas adalah kondisi dimana paru-paru kita tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Apa saja penyebab sesak napas? Mungkin beberapa dari Anda selama ini beranggapan bahwa sesak napas adalah asma. Banyak orang yang begitu sesak napas, langsung beli obat asma. sebenarnya, tidak demikian.

Jadi, sesak napas ini merupakan gejala dari suatu penyakit. Penyakit atau penyebabnya apa saja dari sesak napas ini?

Yang pertama, penyebab sesak nafas mungkin bisa terjadi karena penyempitan saluran pernapasan. Misalnya pada asma tadi atau PPOK, Penyakit Paru Obstruktif Menahun. Bagi mereka yang perokok berat, bisa terjadi sesak napas juga.

Kemudian, penyebab sesak nafas yang kedua adalah karena infeksi bakteri. Misalnya pada mereka yang mengidap penyakit TB paru. Tuberculosis yang disebabkan oleh mycobacterium tuberculosis. Jadi untuk hal yang seperti ini, anda harus cek ke dokter. Anda harus mengkonsumsi obat untuk TB tadi.

Penyebab Sesak Nafas Selain Asma Yang Perlu Diketahui

Lalu penyebab sesak nafas yang ketiga adalah karena masalah di jantung. Jadi bagi mereka yang mempunyai masalah di jantung, misalnya lemah jantung, hal ini juga menyebabkan sesak. Jadi, sesak itu tidak berarti, “Oh, paru-parunya yang kena!”, tidak selalu begitu. Masalah di jantung pun bisa menyebabkan anda sesak.

Kemudian yang keempat, sesak nafas karena traumatic. Misalkan anda naik sepeda motor, tiba-tiba anda jatuh atau kecelakaan dan terbentur setir. Mungkin tulang rusuk anda patah atau otot anda memar di bagian dada. Hal itu juga dapat menyebabkan sesak nafas.

Lalu yang kelima. Mungkin sesak nafas anda bisa disebabkan karena komplikasi diabetes. Jadi, biasanya kondisi tersebut disebut KAD, yaitu Ketoasidosis Diabetik. Dan biasanya, pasien-pasien seperti ini tidak sadar atau koma. Tetapi, merasakan sesak nafas juga. Dan sesak nafas itupun berbeda dengan sesak pada asma, atau sesak pada penyakit jantung.

Baca Juga : Penyebab Nyeri Saat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

Jadi bagi anda yang menemukan teman anda atau saudara anda yang sesak nafas, segeralah bawa ke dokter atau dibawa ke Rumah Sakit apabila mereka mengalami koma, jadi jangan dikerumuni. kebanyakan orang kalau melihat orang sakit itu justru dikerumuni. Hal yang perlu anda perhatikan untuk penderita sesak nafas adalah oksigen.

Jika anda kerumuni, maka oksigennya akan terbatas, carikan ruang untuk mereka yang sesak. Jika perlu, langsung larikan ke Rumah Sakit untuk mendapatkan pertolongan pertama, yaitu diberikan oksigen. Lalu, ada juga sesak yang tidak disebabkan karena penyakit. Mungkin, karena anda overweight, kelebihan berat badan.

Ada juga sesak nafas karena pikiran. Sesak nafas ini terjadi karena kecemasan yang timbul akibat pikiran-pikiran buruk yang muncul di pikiran seseorang. Contohnya penderita anxiety (gerd), pikiran yang selalu cemas dapat membuat si penderita menjadi sesak nafas.

Penyebab sesak nafas lainnya adalah, pada saat posisi tidur, anda akan kesulitan bernapas atau mengalami sesak. Karena ketindihan beban tadi, yaitu perut anda yang terlalu besar. Atau bisa juga karena anda habis mendengar kabar buruk. Diputusin pacar, misalnya, Sesak juga ‘kan :D

Jadi, itu tadi adalah beberapa penyebab sesak nafas yang perlu Anda ketahui. Dan setelah membaca artikel ini, anda mungkin bisa terbuka wawasannya, bahwa ”sesak sama dengan asma” itu tidak benar, jadi ada banyak penyebab sesak selain asma. Untuk memastikan lebih lanjut, saran saya adalah konsultasikan ke dokter. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close