Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Protein Yang Luar Biasa Bagi Tubuh

Manfaat Protein Yang Luar Biasa Bagi Tubuh - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas topik tentang satu hal yang sangat penting dan harus ada di dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Apa sesuatu tersebut? satu hal yang sangat penting itu adalah “PROTEIN”. Kenapa protein? karena protein merupakan bahan pembangun sel di dalam tubuh manusia.

Ketika waktu dulu kita pernah belajar di pelajaran biologi mungkin sobat Montirbox masih ingat, satuan terkecil dari tubuh manusia adalah “SEL”. Jadi sel ini bahan dasarnya adalah protein, suatu sel yang baik akan membentuk jaringan yang baik. Kalau dulu kita sekolah sel membentuk jaringan, jaringan membentuk organ, organ membentuk sistem organ, dan sistem organ membentuk organisme makhluk hidup. Jadi sel yang baik akan membentuk organisme yang baik pula, dan sel yang baik pasti membutuhkan protein.

Kemudian protein ini sendiri yang dalam bahasa yunani adalah “PROTOS”, artinya adalah yang paling utama. Kenapa yang paling utama? Karena protein menempati urutan kedua terbesar dalam tubuh manusia setelah air, jadi air menempati urutan pertama sekitar kurang lebih 70% sedangkan protein menempati urutan kedua yaitu sekitar 16-17%. Tidak ada kehidupan tanpa protein, sel sperma dan sel telur itu juga komponen utamanya adalah protein. 

Kita beri contoh kenapa protein sangat penting bagi kehidupan dan harus ada dalam menu makanan kita. Contoh yang pertama ketika anda jatuh terluka, ada seseorang yang cepat sekali sembuh dan ada seseorang yang lama sekali baru sembuh. Banyak orang beranggapan "Kasih obat merah biar sembuh!", Maaf itu bukan menyembuhkan, obat merah atau alkohol itu hanya sebagai “disenfektan”, supaya luka tidak terinfeksi, tapi yang membuat luka anda sembuh adalah salah satu komponen yang paling penting yaitu protein. jadi jaringan kulit yang luka dan bisa menutup dengan sempurna karena protein anda bagus. Tentu saja ada bahan lain tetapi yang utama dalah protein. 

kacang-kacangan

Kemudian contoh yang kedua adalah kulit, kenapa ada orang yang kulitnya kusam sekali? salah satu penyebabnya adalah kandungan protein didalam tubuh yang tidak cukup. Karena setiap 28 hari kulit ini mengalami regenerasi, jadi kulit ini akan mengelupas dan tumbuh lagi yang baru. Ketika tumbuh lagi yang baru dan jika proteinnya tidak cukup, kulit ini akan tumbuh dengan kualitas yang tidak cukup bagus.

Contoh yang ketiga misalnya sakit maagh kronis yang parah. Anda beli obat sakit maag yang di resepkan oleh dokter, obat sakit maag itu hanya berfungsi untuk menetralkan asam lambung. Apapun jenis obat sakit maag nya, obat tersebut hanya berfungsi untuk menetralkan asam lambung, jadi seolah olah maag anda sembuh.

Tapi 2 minggu atau 1 bulan kemudian sakit maag anda kambuh lagi, berarti maag anda belum sembuh. Bagaimana caranya biar sembuh? Kita beri contoh, misalnya anda ke dokter. Saat dokter meresepkan obat sakit maag untuk mengurangi gejala sakit anda, dokter pasti berpesan : "pak, dek, buk, makan yang bergizi ya". Jadi dengan protein yang baik dan cukup maka luka di lambung anda akan lebih cepat sembuh.

Mungkin anda masih bingung protein dalam tubuh ini fungsinya seperti apa? Disini kita beri contoh bangunan rumah, saat membangun rumah kita menyusun batu bata, komponen batu bata ini diibaratkan seperti protein. Apakah bisa rumah selesai dibangun namun batu batanya tidak cukup?. Mungkin bisa sedikit dipaksakan, mungkin pasirnya lebih banyak atau semennya lebih banyak, tapi rumah ini kualitasnya tidak bagus,

Sama dengan manusia, kalau proteinnya tidak cukup maka sistem kekebalan tubuh akan menurun, kulit akan kusam, kuku anda akan mudah patah, luka anda sulit sembuh, ini semua adalah peran protein dalam tubuh kita. Mungkin anda pernah dengar kalau seorang wanita setelah melahirkan usianya bertambah 10 tahun lebih tua, jika protein anda cukup maka anda tidak perlu khawatir tentang masalah itu.

Berapa jumlah protein yang di butuhkan dalam tubuh kita?. Jadi setiap orang berbeda, orang yang kerjanya di kantoran dan seorang yang kerjanya kuli bangunan dan sebagainya pasti akan berbeda. Kita akan berikan rumus yang paling gampang yaitu Rumus : sekitar 0,8 - 1 gram setiap kilogram berat badan anda.

Jadi contoh seorang yang kerja di kantor dengan berat badan 60 kg, kita menggunakan rumus 1 gram setiap kilogram berat badan, jadi orang tersebut membutuhkan sekitar 60 gram protein hariannya. Dalam kondisi dia mengalami luka, orang tersebut akan membutuhkan protein yang lebih besar daripada jumlah protein hariannya.

Baca Juga : 5 Terapi Yang Dapat Mempercepat Proses Penyembuhan

Baiklah sobat Montirbox, semoga informasi tentang manfaat protein ini dapat memberikan wawasan bagi kita. Dan satu lagi, untuk protein dibagi menjadi 2 golongan besar yaitu nabati dan hewani. Protein hewani contohnya seperti telur, susu, daging, ikan, seafood dan sebagainya. Tentu anda harus memilihnya dengan hati-hati, jangan sampai anda mengejar proteinnya lalu kolesterolnya juga ikut naik, kalau bisa pilihlah daging yang rendah lemak, jadi lemaknya silahkan di buang.

Kemudian kalau anda seorang vegetarian atau vegan anda boleh memeilih protein yang berasal dari sumber nabati. Contohnya kacang kacangan, seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang mente, kacang almond dan sebagainya sesuai selera anda. Anda bisa mencari setiap gramnya  mengandung berapa berat protein yang bermanfaat dan berguna bagi tubuh anda.

Semoga informasi tentang manfaat protein yang luar biasa ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar untuk "Manfaat Protein Yang Luar Biasa Bagi Tubuh"