Skip to main content

5 Terapi Yang Dapat Mempercepat Proses Penyembuhan

5 Terapi Yang Dapat Mempercepat Proses Penyembuhan - Halo sahabat Montirbox, pada kesempatan kali ini kita akan membahas 5 Jenis Terapi Yang Akan Membantu Proses Penyembuhan. Mungkin anda bertanya tanya apa 5 jenis terapi ini?, apakah medis? jawabannya bukan, terapi ikan? juga bukan, apakah terapi bekam? bukan itu. Jadi silahkan saja dibaca 5 jenis terapi yang bisa membantu proses penyembuhan suatu penyakit dibawah ini:

Yang pertama adalah Terapi perjalanan. Kenapa terapi perjalanan? jadi kita tidak peduli berapa stresnya diri kita, terapi perjalanan merupakan salah satu terapi yang sangat baik dan seimbang bagi mempercepat penyembuhan. Seseorang yang kehidupannya sangat penat dan membosankan di lingkungan kerja, mungkin setiap hari harus datang ke kantor, setiap hari harus di lingkungan yang sempit yang berisik dan bising, tentu saja anda akan merasa stress.

Kalau anda merasa stress maka sistem dalam tubuh anda akan terganggu. Dengan jalan jalan anda bisa menikmati pemandangan, anda bisa menikmati udara segar dan tidak memikirkan tentang pekerjaan, disitu anda akan merefresh kembali otak dan tubuh anda.

Terapi Membaca. Membaca itu baik buat otak, tapi tidak semua informasi itu baik buat otak kita, tidak semua informasi itu baik bagi anda. Jadi jangan semuanya di baca dan yang sebaiknya anda baca adalah ‘buku-buku yang positif’. Cari berita yang positif, jangan yang mengandung kekerasan atau yang setiap hari isinya perdebatan politik.

5 Terapi Yang Dapat Mempercepat Proses Penyembuhan

Jika anda membaca yang seperti itu, anda akan bertambah stress dan bukan malah tambah terhibur, bukan bertambah senang. Satu lagi yang anda butuhkan adalah anda perlu membaca buku-buku tentang kesehatan. namun bukan buku tentang kedokteran yang mungkin bahasanya anda tidak mengerti. Carilah buku kesehatan yang bahasanya dapat anda mengerti.

Terapi Musik. Banyak yang bilang mendengarkan musik bisa mengurangi stress. kalau lagi stress, silahkan saja mungkin itu bagus buat anda. Jadi musik merupakan salah satu terapi juga, musik yang seperti apa? pilihlah musik dengan alunan melodi yang nyaman bagi anda, itu akan mengaktifkan otak untuk menghasilkan satu zat yang disebut ZAT ENDORFIN.

Jadi endorfin disini dapat mengurangi nyeri pada tubuh, endorfin itu bekerja seperti morfin tapi dihasilkan dari tubuh secara alami lewat anda mendengarkan alunan musik yang nyaman dan enak. Kemudian endorfin juga dapat mengurangi stress dan dapat meningkatkan mood. Jadi jika anda merasa mood sedang tidak baik, anda bisa mendengarkan alunan musik yang merdu yang enak untuk di dengar.

Alunan musik yang baik salah satunya adalah dari alam. Anda bisa ke pegunungan dan mendengarkan kicauan burung, atau mungkin suara air terjun, suara air mengalir, suara ombak, suara angin dan sebagainya. Karena terutama bagi anda yang bekerja di perkotaan yang setiap hari yang didengar adalah suara kebisingan, klakson mobil, klakson motor, orang teriak teriak, suara mesin, itu semua dapat mengganggu kerja pada otak.

Terapi Silaturahim. Jika kita bertemu dengan orang orang yang baik, orang-orang yang berenergi positif, itu dapat meningkatkan semangat dan dapat membuat kita lebih nyaman serta dapat membuat stress kita hilang. Jadi anda perlu berkumpul dengan orang-orang yang mempunyai energi dan berpikiran positif, bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang positif.

Baca Juga : Ciri Seseorang yang Sedang Mengalami Stress

Misalnya komunitas pengajian bagi yang Muslim, komunitas olahraga, komunitas lari, komunitas sepeda, atau apapun itu yang penting dapat membuat anda menjadi lebih baik lagi, membuat anda bisa melihat masa depan anda lebih baik. Jangan bergabung di komunitas yang setiap hari kerjanya cuma gosip, jelek jelekin orang lain, perdebatan politik, setiap hari yang diceritakan kekerasan, pembunuhan dan sebagainya, itu akan membuat anda tertekan dan tentu saja tidak baik buat kita.

Terapi Bakti Sosial. Disini sering kali kita sakit karena keegoisan dan ke-akuan diri sendiri. Jadi dengan melakukan bakti sosial anda dapat mengurangi dan menurunkan keegoisan anda. Kita dapat berbagi kepada sesama, dapat berbagi kepedulian terhadap orang lain, anda bisa melakukannya dengan cara BERAMAL. Dengan melakukan itu semua, anda telah menurunkan keegoisan. Dengan bebagi kepada sesama berarti anda telah mencintai diri sendiri.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close