Skip to main content

Ciri Seseorang yang Sedang Mengalami Stress

Ciri Seseorang yang Sedang Mengalami Stress - Kali ini kita akan membahas topik tentang stress. Mengapa bisa stress? Apakah anda yang membaca artikel ini banyak yang stress? Stress itu ternyata memiliki pertanda. Orang stress itu tidak sadar kalau dirinya sedang stress. Jika dia bisa berkata “saya stress”, itu baru bagus. berarti dia sadar. Permasalahannya, banyak orang yang stress tetapi tidak sadar kalau dia stress dan dirinya mengaku tidak stress. Dan inilah 6 Pertanda Anda Sedang Mengalami Stress :

Ciri orang stress yang pertama adalah susah fokus dan berkonsentrasi. Anda yang dulunya mungkin nilai pelajarannya bagus, performa di kantor baik, tetapi mengapa belakangan ini susah fokus? Susah berkonsentrasi? Sepertinya anda mengalami disorientasi. Jadi kalau misalkan menyetir mobil atau motor anda sering kesasar, sering keliru jalan, atau bahkan belakangan ini anda pecah fokus, ini adalah ciri stress dan pertanda Anda sudah mulai terkena stress.

Ciri stress yang kedua, sering sakit kepala dan susah tidur berkepanjangan pada malam hari. Mengapa bisa seperti itu? Ternyata, banyak orang yang susah tidur di malam hari itu bermakna banyak orang yang mengalami stress dan sering mengalami sakit kepala. Kalau orang Indonesia sakit kepala, biasanya sedikit-sedikit minum obat penghilang nyeri atau pereda sakit kepala. Jika anda mengkonsumsi obat dalam jangka panjang, itu juga tidak baik, karena hal itu akan merusak organ tubuh anda yang lain. Tetapi kalau anda sudah tidak tahan dengan sakit kepala dan yang lainnya, itu pertanda anda mengalami stress.

Tanda stress ketiga, leher dan punggung sering sakit. Ini semua adalah gejala-gejala fisik ciri-ciri seseorang mengalami stress, itulah sebabnya jika anda dipijat di bagian leher dan punggung, rasanya enak sekali. Itu bukan hanya sekedar peningkatan kolesterol, tetapi sebetulnya itu adalah ciri-ciri karena beban stress anda yang berlebihan, sehingga mungkin menyerang leher dan punggung.

ciri stres

Ciri-ciri seseorang mengalami stress yang keempat adalah menderita sakit terus menerus. Tetapi anehnya, ketika sakit terus menerus ini dicek ke dokter, dicek darah, dicek ini dan itu, ternyata tidak ada penyakitnya. Jika di Indonesia, seringkali kalau anda konsultasi pada orang yang tidak tepat, anda dikatakan ‘kena santet’, ‘Dirasuki roh halus’ dan sebagainya.

Kita tidak mau mengatakan ini benar atau salah, tetapi jika anda menceritakan hal ini di negara yang sudah maju, di negara maju itu tidak ada yang namanya ‘santet’. Jadi, jika anda konsultasi dengan psikolog-psikolog yang tepat, maka hal itu disebut penyakit psikosomatis, yaitu penyakit yang ditimbulkan oleh cara berpikir yang salah. Cara berpikir yang negatif terus menerus dan stress yang berlebihan, dan itu sangat tidak baik.

Ciri orang stress yang kelima, mengalami perubahan mood yang sangat cepat. Perubahan mood yang sangat cepat itu artinya anda bisa sedih dan senang di saat yang bersamaan. Baru 5 detik yang lalu anda tertawa, tetapi 5 detik kemudian anda bisa menangis, kemudian 10 detik lagi bisa tertawa. 15 detik kemudian bisa menangis lagi, itu tandanya anda sedang mengalami stress, kalau anda pergi ke psikolog atau ke psikiater, gangguan seperti ini biasanya disebut dengan bipolar disorder.

Kemudian tanda-tanda seseorang mengalami stress yang keenam, sering bermimpi buruk di malam hari. Siapa yang setiap malam hari selalu mimpi tidak enak? mimpi ‘siapa’nya anda meninggal, mimpi jatuh ke jurang, mimpi jatuh dari pesawat, pokoknya tidak pernah mimpi yang baik, mimpi buruk terus,  dan mimpinya tidak ada yang positif. Mengapa anda bisa bermimpi seperti itu? Itu adalah hasil output, cara yang benar adalah anda harus menghilangkan sumbernya.

Baca Juga : Akibat Yang Ditimbulkan Saat Stress dan Khawatir Secara Berlebihan

Tidak ada buah mangga tanpa benih mangga, tidak ada mimpi buruk jika tidak ada sumbernya. Oleh sebab itu, mulai sekarang anda harus mengurangi kebiasaan menonton berita yang mencengangkan dan sensasional. Tontonlah berita-berita yang menenangkan atau membuat anda tertawa, tontonlah berita-berita yang lebih positif, niscaya mimpi buruk anda akan berkurang. Tetapi jika mimpi buruk anda berkepanjangan, maka degup jantung anda bisa menjadi keras. Jika seperti ini terus akan berbahaya bagi tubuh anda, bisa mengancam organ yang lain.

Sahabat Montirbox, demikian untuk tips kali ini. Semoga stress anda segera sembuh, jangan sampai stress apalagi sampai berkepanjangan, jadilah orang yang hebat luar biasa. Anda harus menjadi seseorang yang selalu bangkit dan punya jiwa yang tangguh. Semoga Bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close