Skip to main content

Akibat Yang Ditimbulkan Saat Stress dan Khawatir Secara Berlebihan

Akibat Yang Ditimbulkan Saat Stress dan Khawatir Secara Berlebihan - Hallo sobat Montirbox, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah topik yang cukup menarik yaitu bagaimana stress atau khawatir berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan. Sahabat Montirbox, apakah anda seseorang yang mungkin susah tidur? atau merasa tidak punya teman atau sering merasa terisolasi? Mungkin anda sedang mengalami sesuatu yang namanya “STRESS”. Namun stress disini itu tidaklah sesuatu hal yang selalu buruk, stress juga bisa mempunyai dampak positif dan negatif.

Stress itu tetap perlu, kita beri contoh satu misalnya : anda sedang berada di hutan dan tiba tiba dari kejauhan anda melihat seekor harimau. Harimau yang kita tahu adalah seekor binatang buas, jadi saat anda melihat harimau tersebut anda akan mulai merasa khawatir, setelah anda mulai merasa khawatir dan stress, kemudian otak anda akan menghasilkan suatu hormon, hormon tersebut disebut KORTISOL.

Apa gunanya hormon ini? Hormon kortisol ini berguna untuk mendistribusikan energi pada daerah atau organ yang membutuhkan. Jadi pada saat melihat harimau tersebut otomatis otak kita akan mengeluarkan hormon tersebut dan memerintahkan kita untuk lari, segera lari untuk menghindari bahaya tersebut karena otak menangkap sinyal tersebut sebagai bahaya.

Dan apa yang terjadi kalau seandainya otak anda tidak menagkap sinyal tersebut sebagai bahaya dan otak anda tidak menghasilkan hormon kortisol tersebut? anda tidak stress dan tidak khawatir misalnya. Bisa jadi anda akan menjadi santap siang bagi harimau tersebut. Jadi stress tetap diperlukan tapi bukan dalam jangka panjang.

stress dan khawatir

Sekarang kita akan membahas bagaimana efek stress dan khawatir jika berkepanjangan. Saat anda stress berkepanjangan, tetap hormon kortisol tersebut akan dibentuk, namun jika hormon tersebut dibentuk dalam jangka waktu panjang tentu saja tidak baik buat tubuh. Anda bisa bayangkan kalau setiap hari anda harus ke kantor atau kemana saja jantung anda terus berdetak kencang karena khawatir yang berlebihan, karena stress yang berlebihan tentu saja tidak baik buat hidup anda.

Jika anda khawatir berlebihan, misalnya seorang pekerja kantoran yang sedang memiliki jadwal deadline untuk presentasi dan akan meeting bertemu dengan client dari luar negeri, tapi tiba-tiba anda sangat takut dan gugup serta stress yang berlebihan, saat sebelum presentasi mungkin anda datang lebih awal 30 menit sebelumnya. Tapi kebanyakan mereka selesai menyiapkan materi dan sebagainya mereka bolak balik ke toilet bahkan bisa sampai 10 kali.

Dari sini kita bisa lihat kenapa anda bisa bolak balik ke toilet, organ anda bekerja secara keras saat itu karena terbebani dari kekhawatiran yang berlebihan. Mungkin anda khawatir nanti kalau di tanya seperti ini saya tidak bisa menjawab. Jadi kekhawatiran atau stress yang berlebihan akan mengganggu sistem urinaria, akan membuat ginjal bekerja lebih berat.

Kemudian contoh yang kedua misalnya saat sedang marah tiba tiba maag atau asam lambung langsung kumat. Mereka yang punya sakit maag yang berkepanjangan tidak dapat mengontrol emosi dan kekhawatiran mereka. Padahal dokter sudah memberikan obat yang baik, anda sudah makan yang baik tapi karena pola pikir dan mindset anda yang terlalu khawatir dan terlalu stress dengan kerjaan, atau mungkin dengan anak/istri akhirnya sakit maag anda tidak sembuh sembuh walaupun sudah gonta ganti dokter. Kenapa bisa seperti itu?, penyebabnya adalah kekhawatiran dan stress anda.

Baca Juga : Pikiran Positif dan Negatif Bisa Mempengaruhi Kesehatan Fisik?

Kekhawatiran yang berlebihan juga dapat mengganggu sistem kerja otak, mungkin awalnya ringan tapi lama kelamaan akan semakin berat. Banyak orang yang tingkat stressnya terlalu tinggi akhirnya suka menjadi seorang yang pelupa. Dalam kehidupan sehari harinya hal hal kecil mereka bisa lupa, "saya taruh kunci dimana ya tadi?", "saya ada jadwal dengan siapa ya hari ini?". Kekhawatiran yang berlebihan akan mengganggu kinerja otak anda juga, dan kalau di biarkan berlarut larut bisa ke arah alzheimer. Jadi stress atau kekhawatiran berlebihan juga salah satu faktor yang meningkatkan penyakit alzheimer.

Dari sisi medis, pikiran berpengaruh terhadap sistem di dalam tubuh. Bukan hanya pencernaan dan otak, tapi seluruh sistem tubuh anda akan terganggu. Mungkin anda pernah dengar kalau kalau seseorang yang stress berlebihan punggungnya sakit sekali, akhirnya beli obat anti nyeri buat punggungnya. Sebenarnya terapi nya adalah hilangkan kekhawatiran anda.

Jadi stress dan khawatir tentu saja tidak bisa kita hindari, tapi jangan sampai berkepanjangan hingga membuat aktifitas dan kesehatan menjadi terganggu, karena kunci kesehatan sebahagian besar terletak pada pikiran. Semoga bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close