Skip to main content

Bahaya Makan Nasi dan Mie Secara Bersamaan

Bahaya Makan Nasi dan Mie Secara Bersamaan - Assalamualaikum sobat Montirbox, kali ini kita akan membahas topik yaitu bahaya makan nasi dan mie secara bersamaan. Mungkin anda bingung dan bertanya, kenapa makan nasi ditambah mie lalu dikonsumsi secara bersamaan itu berbahaya? Sebenarnya untuk sekali makan tidak masalah bagi tubuh. Tapi jika anda melakukan hal ini terus menerus secara berkepenjangan, maka itu bisa menjadi bahaya bagi tubuh. Bahayanya dimana?

Bahaya dan akibat yang ditimbulkan makan nasi dan mie secara bersamaan yang pertama adalah kurangnya kecukupan asupan gizi, mie merupakan karbohidrat, dan nasi juga karbohidrat. Jadi tubuh kita tidak hanya memerlukan karbohidrat saja, bukan hanya makan nasi dan mie, tapi tubuh juga memerlukan nutrisi lainnya agar metabolisme menjadi seimbang.

Baca Juga : Makanan dan Minuman Yang Bikin Gemuk Tanpa Kita Sadari

Pola makan seperti ini sebenarnya banyak terjadi di masyarakat kita, jika yang kita konsumsi semuanya karbohidrat maka tubuh akan mengalami difisiensi atau kekurangan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya seperti protein, jika anda kekurangan protein maka perkembangan sel sel akan terhambat. Jadi selain membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi, tubuh juga butuh protein dan lemak untuk memproduksi hormon.

Kemudian tubuh juga butuh zat zat mikro lainnya, seperti vitamin : A,B,C,D,E,K dan sebagainya, lalu mineral seperti zat besi, kalsium, dan phytonutrisi. jadi jika pola makan anda seperti itu terus menerus, awalnya tubuh akan dapat beradaptasi, tapi lama kelamaan sel sel yang sudah disebutkan tadi akan berkurang dan tubuh akan jatuh sakit.

Bahaya Makan Nasi dan Mie Secara Bersamaan

Kemudian dari segi kalori yang terkandung pada nasi itu sendiri. Sepiring nasi sekitar 400 kalori, sedangkan mie tergantung seberapa banyak anda makan, atau kurang lebih porsinya sama dengan nasi yaitu sekitar 350–400 kalori. Jadi dari nasi dan mie saja sudah 700-800 kalori, itu untuk sekali makan. Memang kalau anda 3 kali makan seperti ini kalori anda sudah cukup, tapi untuk nutrisi lainnya anda tidak tercukupi.

Kemudian faktor berikutnya jika anda makan seperti ini terus dan dalam jumlah yang besar serta tidak di dukung oleh olahraga, mungkin kerjaan anda di kantor cuma duduk di depan komputer, atau kerjaan anda hanya di rumah sebagai ibu rumah tangga misalnya, kemudian ditemani oleh camilan yang isinya karbohidrat lagi, inilah salah satu penyebab obesitas dan akan mengarah menuju kegemukan karena faktor pola makan yang seperti ini.

Jadi jika lingkar perut anda bagi pria yang diatas 90 cm itu sudah bahaya, itu cenderung akan mengalami penyakit selanjutnya misalnya diabetes atau resiko penyakit jantung. Kalau wanita yang mempunyai lingkar perut diatas 80 cm sudah mulai berhati-hati juga, karena jika lingkar perut anda ternyata lebih dari apa yang kita sebutkan tadi, sebaiknya rubah pola makan anda dan segera berolahraga.

Baca Juga : Manfaat Beras Coklat Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Kemudian selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah karbohidrat jenis nasi dan mie tadi kalau kita makan itu sangat cepat dirubah menjadi gula, gula ini akan diserap oleh usus serta akan berada di dalam darah dan pembuluh darah, lalu pankreas akan menghasilkan suatu hormon yang disebut insulin, selanjutnya insulin ini akan membawa gula ke dalam sel tubuh. Jadi jika tidak ada hormon insulin maka gula tidak akan bisa masuk ke dalam sel tubuh anda.

Apa yang terjadi lama kelamaan jika anda makan atau konsumsi yang karbohidrat nya cepat sekali di rubah menjadi gula? akhirnya sel ini akan resistant terhadap insulin tadi, kalau sel ini resistant terhadap hormon insulin maka anda akan mengalami penyakit diabetes, dan juga pabrik insulin tadi yang bernama pankreas, jika di paksa terus menerus untuk mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat dalam jumlah besar, lama kelamaan pankreas ini juga akan mengalami kerusakan.

Jadi cobalah untuk mengganti pola makan. Konsumsi makanan bernutrisi lainnya selain karbohidrat, misalnya anda bisa menggabungkan nasi, sayur, daging, ikan, telur, bumbu kacang dan tempe, serta menambahkan buah sebagai pelengkapnya. Jadi makanan yang anda konsumsi sudah memiliki angka kecukupan gizi dan kalori yang lengkap.

Itu tadi artikel tentang bahata makan nasi dan mie bersamaan. Semoga informasi pada artikel ini mendatangkan manfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close