Skip to main content

10 Fakta Unik Wirausahawan Inspiratif Ippho Santosa

10 Fakta Unik Wirausahawan Inspiratif Ippho Santosa - Assalamu’alaikum sobat Montirbox, Ippho “Right” Santosa, satu nama yang sering kita temui di jejaring sosial yang begitu aktif memberikan motivasi seputar dunia otak kanan. Namanya kian bergema setelah Ippho tercatat sebagai salah satu dari dua motivator Indonesia yang mampu menjual buku mega-best seller karangannya sampai 1 juta eksemplar.

Selain mengawali karirnya sebagai seorang marketer, Ippho mulai mendirikan Enter Trend Training yang bergerak di bidang pelatihan dan seminar. Sampai pada tahun 2007 Ippho memutuskan untuk memfokuskan dirinya pada public seminar dan in-house seminar. Tak hanya dikenal sebagai motivator terkenal Indonesia, salah satu tokoh dari 24 tokoh pilihan RCTI ini adalah seorang pengusaha muda yang ada di balik suksesnya TK Khalifah dan beberapa bisnis lainnya.

Jadi berikut fakta-fakta unik tentang Ippho Santosa sebagai seorang pengusaha muda yang dapat menjadi inspirasi bagi Sobat Montirbox :

1. Sering Sakit Sampai Tidak Masuk Sekolah
Lahir dan tumbuh dari keluarga sederhana di Dumai provinsi Riau, masa kecil Ippho penuh dengan perjuangan. Sejak kecil, Ippho memiliki kondisi fisik yang lemah sehingga membuatnya sering jatuh sakit. Saat menduduki Sekolah Dasar, Ippho pernah tercatat 1 bulan tidak masuk sekolah karena sakit. Kondisi itu pun tidak berhenti di situ saja. Memasuki SMA, kondsisi fisik Ippho masih begitu lemah dan menyebabkan ia sering tidak masuk sekolah. Dapat dikatakan bahwa Ippho memiliki kondisi fisik paling lemah di antara saudara-saudaranya.

2. Berjualan Makanan Untuk Bertahan Hidup dan Sekolah
Saat Ippho merantau untuk menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi, ayahnya meninggal dunia. Hal ini menyebabkan Ippho harus mencari tambahan biaya untuk kebutuhan pendidikan dan keperluannya sehari-hari. Tak hanya mengurangi jatah makan sehari-hari untuk membeli buku, Ippho juga harus menjual makanan dan kerja serabutan dari sore sampai larut malam untuk menyambung hidupnya di perantauan.

Ippho Santosa
Image: ippho.com

3. Dulunya Minder, Sekarang Jagoan “Speaker”
Siapa yang akan mengira bahwa motivator ternama Indonesia ini memiliki masa kecil yang sangat berlawanan dengan kondisinya saat ini. Saat berada di bangku sekolah, Ippho adalah anak yang minder dan memiliki rasa percaya diri yang kurang saat diminta untuk berbicara di depan kelas, terlebih lagi pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Namun dengan tekad yang kuat dan usaha yang begitu keras, Ippho berhasil menembus batas kekurangan dirinya sendiri.

Bahkan bisa dikatakan bahwa apa yang dulu menjadi kekurangannya, sekarang berbalik menjadi kekuatan yang Ippho andalkan. Menjadi speaker atau pembicara dan motivator terkenal Indonesia bahkan internasional adalah buktinya. Tak hanya itu, Ippho sempat menjadi dosen kelas internasional di Universitas Internasional Batam dan menjadi interpreter untuk Internasional Liber Organisation dari PBB.

4. Mengawali Karir Sebagai Seorang Marketer
Setelah menyelesaikan pendidikan S1 Double Majoring di universitas bisnis terbaik di Malaysia, Ippho memulai karirnya sebagai marketer di Genting Highland, perusahaan Filipina dan Sinar Mas Group. Setelah berkarir menjadi marketer di Indonesia dan Malaysia,Ippho mendirikan dan menjalankan Enter Trend Training yang juga menangani konsultasi dan riset pemasaran. Bersama Enter Trend Training, Ippho telah memberikan pelatihan dan seminar kepada puluhan ribu orang dan ratusan perusahaan di Indonesia dan Singapura.

5. Membranding Diri Lewat Tulisan dan Media
Salah satu personal branding yang Ippho lakukan adalah melalui tulisan. Berawal dari menulis buletin di sebuah kantor, Ippho membenahi tulisannya kembali untuk kemudian dikirim ke Batam Post. Sejak saat itu, nama Ippho mulai dikenal di Batam. Berbekal tulisan-tulisan yang sudah dimuat di berbagai media cetak, Ippho mulai mengumpulkan tulisan-tulisan tersebut dan dijadikan sebuah buku.

Hasil kumpulan tulisannya itu akhirnya terbit menjadi sebuah buku pada tahun 2005 melalui Gramedia Pustaka Utama yang kemudian dicetak ulang dan menjadi best seller. Kecerdasan Ippho memanfaatkan media pun patut diacungi jempol. Mengirimkan tulisannya ke media besar seperti Batam Post, Jawa Post Group, Tribun, Gramedia Pustaka Utama adalah salah satu cara Ippho membranding dirinya melalui tulisan. Dengan kekuatan pasar yang sudah dimiliki media media besar tersebut, Ippho mampu memasukinya dengan mudah dan mengenalkan dirinya pada khalayak dengan cepat.

6. Satu Juta Eksemplar
Puncak kesuksesan Ippho di dunia kepenulisan pada tahun 2010-2011 dimana beberapa bukunya seperti 7 Keajaiban Rezeki, 10 Jurus Terlarang, dan Percepatan Rezeki, dicetak ulang dan sampai pada angka penjualan 1 juta eksemplar. Kesuksesan yang telah ia raih membuat Ippho menuangkan banyak ilmu dan pengalamannya pada buku-buku yang ia tulis dan kemudian menjadi mega-best seller. Hal ini pun yang membuat Ippho tercatat sebagai salah satu dari dua motivator Indonesia yang berhasil menembus angka penjualan 1 juta eksemplar.

7. Si “Pakar Otak Kanan”
Menjadi pakar otak kanan merupakan sebuah pembeda Ippho di antara motivator yang lain. Melalui tulisan dan motivasi yang sering ia berikan, Ippho memiliki ketertarikan dan spesialisasi untuk membahas pemaksimalan otak kanan terkatit di bidang bisnis, investasi, dan rezeki yang kemudian membuatnya dipercaya menjadi pembicara dan motivator di Indonesia maupun luar negeri. Tak heran jika muncul gelar “Right” pada nama tengahnya.

8. Dari Ikat Pinggang Sampai TK Puluhan Cabang
Desakan ekonomi membuat Ippho sudah mengenyam dunia bisnis sejak duduk di bangku sekolah. Ia memulai bisnis kecil-kecilan seperti berjualan ikat pinggang, jasa terjemah, dan menekuni bisnis musik. Tak hanya itu, Ippho pun pernah menekuni bisnis kuliner seperti gado-gado, soto, bakso, dan donat yang akhirnya gulung tikar karena tidak fokus dan masih berada dalam sistem kerja kantoran.

Pada tahun 2007, Ippho membangun TK Khalifah bersama satu mitra dan pemodalyang di tengah jalan, mereka tidak sabar dan meminta uangnya kembali. TK itu menjadi milik Ippho sepenuhnya dan sekarang sudah berkembang sekitar 70 cabang. Selain sukses di bisnis dunia pendidikan, Ippho juga memiliki bisnis lain yaitu; Kadija Sliming, Kaia Clothing, Rock Theory Clothing, dan Omaro Chocolate yang memiliki total ratusan cabang di seluruh Indonesia.

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Agar Cepat Menjadi Sukses

9. Kesederhanaan Hidup
Ippho pernah menceritakan bahwa sang istri tidak suka menggunakan perhiasan. Ipho dan istri mengaku tidak terlalu suka hidup bermewah-mewahan. Ia lebih suka menggunakan hartanya untuk mengembangkan bisnis agar lebih besar dan memberi manfaat yang lebih luas untuk masyarakat.

10. Mendapat Julukan “Raja Spiritual di Dunia Pemasaran” 
Bisa dilihat melalui buku-buku karya Ippho dan motivasi yang telah ia berikan selama ini bahwa Ippho membawa nilai-nilai spiritual dalam karyanya. Ippho berpendapat bahwa salah satu pondasi menuju kekayaan adalah pola pikir yang benar, maka dari itu Ippho sering menekankan untuk memiliki pola pikir yang baik dan sehat serta mengajak kita untuk berbisnis dengan keutamaan sikap dan moral yang baik serta tidak melupakan nilai-nilai spiritual.

Pada tahun 2011 bersama Dompet Dhuafa, Ippho menginisiasi sebuah sekolah bisnis yang diberi nama Umar Usman  yang terinspirasi dari dua orang sahabat Rasulullah yang merupakan entrepreneur terbaik sepanjang zaman. Sekolah ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah entrepreneur sukses yang mampu memberi manfaat untuk masyarakat.

Itulah tadi 10 fakta unik tentang sosok wirausahawan inspiratif Ippho Santosa. Semoga bisa menjadi inspirasi.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close