Skip to main content

Inilah Bahaya Minuman Bersoda Jika Dikonsumsi Berlebihan

Bahaya Soda Atau Minuman Bersoda Jika Dikonsumsi Berlebihan - Adakah dari anda yang gemar sekali mengkonsumsi minuman bersoda? tahukah anda apa saja bahaya soda bagi kesehatan? Apakah anda menyadari bahwa minuman bersoda mengandung gula yang cukup tinggi? diketahui dalam satu kaleng minuman soda berukuran 37 ml mengandung 5 sendok gula, padahal batasan konsusmi gula hanya sebanyak 4 sendok dalam satu hari.

Lalu apa saja bahaya dari mengkonsumsi minuman bersoda ini? Kita ketahui bahwa minuman bersoda mengandung gula yang tinggi, konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula secara berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh, meskipun gula sendiri menjadi sumber energi bagi tubuh. Namun asupan gula yang berlebihan dapat memicu suatu penyakit tertentu. Berikut beberapa bahaya konsumsi gula dari minuman bersoda :

Pertama, gula berlebihan dapat menimbulkan lemak di hati. Ketika anda terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis maka hati akan berlebih mengubah gula menjadi lemak, sebagian lemak memang akan dilkeluarkan sebagai trigliserida dalam darah, namun sebagian lagi tetap tersimpan di hati. Sewaktu-waktu ini bisa menimbulkan terjadinya penyakit perlemakan hati non alkohol.

Kedua, gula dapat meningkatkan resistensi leptin. Mungkin ini terdengar asing bagi anda, leptin merupakan hormon yang diproduksi oleh sel-sel lemak tubuh. Hormon leptin ini bisa menurunkan berat badan anda, hormon ini bekerja dengan mengatur jumlah kalori yang dimakan dan dibakar oleh tubuh.

Baca Juga : 7 Manfaat Utama Minum Air Hangat Bagi Kesehatan

Bahaya Minuman Bersoda

Jika anda mengalami resistensi leptin, ini bisa mendorong tubuh anda untuk meningkatkan lemak, hasilnya berat badan anda menjadi naik. Kedua, minuman yang mengandung gula yang tinggi dapat meningkatkan resiko kanker selain obesitas, penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Mengkonsumsi minuman bersoda dengan tinggi gula juga meningkatkan resiko kanker. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi minuman bersoda sebanyak 2 kali dalam seminggu, ini meningkatkan resiko kanker sebanyak 87%. Kanker yang lebih umum terjadi yaitu kanker pankreas.

Selain kanker pankreas, wanita juga memiliki resiko lebih tinggi mengalami kanker endometrium atau kanker lapisan rahim, ini menyerang wanita pasca menopause.

Baca Juga : Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

Ketiga, meningkatkan akumuluasi lemak perut. Fruktosa berkaitan dengan peningkatan signifikan lemak berbahaya di perut anda, ketika lemak di perut anda berlebih ini bisa meningkatkan resiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Selain menjadi pemicu beberapa penyakit, peningkatan lemak perut juga tentu mempercepat kenaikan berat badan anda.

Keempat, gula dan asam dalam soda merusak kesehatan gigi. Mungkin anda sudah mengetahui bahwa mengkonsumsi gula secara berlebih dapat merusak gigi, hal ini memang fakta. Selain gula, asam dalam soda meningkatkan asam di mulut, ini juga akan meningkatkan pembusukan pada gigi.

Kelima, meningkatkan asam urat. Fruktosa merupakan karbohidrat utama yang dapat meningkatkan asam urat, peningkatan asam urat ini ditandai oleh peradangan dan nyeri pada persendian terutama pada jari-jari kaki. Bagi wanita, resiko asam urat akan meningkat sebanyak 75%, sedangkan pada pria akan meningkat sebanyak 50%.

Itulah penjelasan mengenai bahaya soda dan akibat buruk konsumsi minuman bersoda dengan gula yang tinggi, terima kasih telah membaca artikel kali ini, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke [email protected].
Buka Komentar
Tutup Komentar
close