Skip to main content

7 Manfaat Utama Minum Air Hangat Bagi Kesehatan

Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh - Adakah dari anda yang rutin mengkonsumsi air hangat? tahukah anda bahwa mengkonsumsi air hangat ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita?, apa saja manfaat mengkonsumsi air hangat secara rutin? Dibawah ini telah kita rangkum 7 manfaat utama meminum air hangat yang perlu kita ketahui :

7 Manfaat Utama Minum Air Hangat Bagi Kesehatan

1. Mengurangi Racun
Manfaat minum air hangat yang pertama adalah membantu mengurangi racun dalam tubuh. Minum air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh, hal ini juga akan meningkatkan sel endokrin tubuh anda yang akhirnya membuat tubuh anda berkeringat. Dengan begitu, berkeringat bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

2. Menurunkan berat badan
Kegunaan minum air hangat yang kedua ialah dapat membantu menurunkan berat badan. Minum air hangat sebanyak 500 ml sebelum makan bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh, inilah yang membuat minum air hangat bisa membantu menurunkan berat badan.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Manfaat selanjutnya yaitu bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. Minum air hangat diketahui dapat membantu memecahkan makanan lebih cepat, sehingga ini dapat mempermudah kinerja usus, serta mengurangi resiko sembelit.

4. Mengurangi stres
Minum air hangat dapat membantu menenangkan tubuh, mengelola stres, hingga mengurangi perasaan cemas. Itu sebabnya seringkali disaat kita sedang cemas, gugup, atau stres, minum air hangat dapat membuat kita menjadi rileks.

Baca Juga : Manfaat Meditasi Bagi Fisik dan Mental Yang Sangat Luar Biasa

5. Meringankan Achalasia
Minum air hangat mampu meringankan gejala achalasia. Orang dengan achalasia akan kesulitan menelan karena kerongkongan kehilangan kemampuan untuk mendorong makanan yang masuk ke lambung, namun dengan minum air hangat ini dapat membantu penderita achalasia untuk lebih mudah menelan makanan.

6. Meningkatkan sirkulasi darah
Minum air hangat dapat membantu organ peredaran darah untuk mengembang dan membawa darah lebih efekif ke seluruh tubuh, tentunya aliran darah yang sehat bisa membantu memperbaiki tekanan darah hingga menurunkan resiko penyakit kardiovaskular.

7. Meredakan hidung tersumbat
Manfaat minum air hangatt selanjutnya adalah dengan meminum air hangat dapat meredakan hidung yang tersumbat. Hidung tersumbat ini bisa sedikit reda ketika anda menghirup uap air hangat. Ini bisa Anda coba lakukan ketika minum air hangat atau teh hangat. Sebelum minum, cobalah untuk menghirup uap air hangat yang keluar, menghirup uap air hangat ini juga bahkan bisa memperingan sinus.

Untuk minum air hangat anda juga harus memperhatikan suhu, pastikan air yang anda minum tidak terlalu panas karena bisa melukai bagian mulut seperti lidah hingga kerongkongan. Salah satu waktu terbaik untuk minum air hangat ini yaitu sebelum tidur, ini bisa membantu anda untuk tidur lebih nyenyak setelah sebelumnya melakukan aktivitas yang padat.

Itulah penjelasan mengenai manfaat minum air hangat bagi kesehatan. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bisa memberi manfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close