Skip to main content

Manfaat Meditasi Bagi Fisik dan Mental Yang Sangat Luar Biasa

Manfaat Meditasi Bagi Fisik dan Mental Yang Sangat Luar Biasa - Meditasi merupakan salah satu cara untuk membantu kesehatan tubuh, tidak hanya itu, dengan meditasi akan dapat mendatangkan manfaat positif bagi pikiran kita. Beberapa waktu belakangan, semakin banyak orang yang melakukan meditasi (atau orang-orang juga menamakan aktifitas ini dengan nama Yoga), hal ini karena meditasi dapat meningkatkan fokus serta dapat mengembangkan konsentrasi pikiran kita.

Namun selain itu, ada banyak sekali manfaat lain yang akan anda rasakan dari melakukan meditasi secara rutin, meditasi merupakan praktek relaksasi yang melibatkan pikiran. ketika anda memutuskan untuk melakukan meditasi, maka anda memberikan manfaat jangka panjang bagi tubuh. Lalu apa saja manfaat meditasi bagi kesehatan tubuh tersebut?

Manfaat Meditasi

Berikut ini telah kita rangkum beberapa manfaat meditasi yang tentu saja bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita :

1. Menjaga kesehatan emosional
Meditasi bermanfaat dan mampu membuat pandangan hidup berjalan ke arah yang lebih positif, hal ini dapat dilihat dari studi yang menunjukkan bahwa meditasi dapat mengurangi angka depresi. Mereka yang meditasi menunjukkan perubahan yang berkaitan dengan pemikiran positif.

2. Membantu melawan kecanduan
Beberapa orang mungkin akan mengalami kecanduan tertentu, misalnya kecanduan zat adiktif, alkohol, bahkan hingga makan. Kecanduan ini tentu akan berdampak buruk bagi tubuh kita, untuk itu meditasi hadir untuk membantu mengurangi kecanduan yang akan anda alami, hal tersebut terjadi karena meditasi bermanfaat dapat membantu seseorang untuk mengalihkan perhatian dan kembali fokus, mengambalikan emosi, hingga meningkatkan pemahaman seseorang akan dampak buruk yang ditimbulkan akibat kecanduan, sehingga mereka dapat berfikir untuk mengurangi kecanduan tersebut.

3. Meningkatkan kualitas tidur
Manfaat meditasi yang ketiga adalah bisa membantu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Bagi anda yang sering mengalami sulit tidur atau insomnia, anda bisa mencoba untuk melakukan meditasi. Setelah melakukan meditasi maka tubuh akan lebih rileks, ini yang menunjang kualitas tidur anda akan meningkat.

Baca Juga : Penyebab Leher Sakit Setelah Bangun Tidur

4. Mengontrol kecemasan
Rasa cemas dapat terjadi pada siapa saja dan dapat muncul kapan saja. Kecemasan yang berlebihan juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, ketika tubuh melakukan meditasi maka tubuh akan lebih sedikit mengalami stres, dampaknya cemas yang muncul juga akan semakin berkurang. Meditasi juga bermanfaat bisa mengurangi gangguan gejala kecemasan seperti fobia, kecemasan sosial, paranoid, perilaku obsessive compulsive, hingga serangan panik.

5. Mengurangi stres
Manfaat meditasi berikutnya adalah bisa mengurangi stres. Meditasi merupakan alasan utama seseorang untuk mengurangi dan menghilangkan stres. Sebuah studi yang meneliti 1300 orang yang melakukan meditasi menunjukkan bahwa meditasi dapat menurunkan kadar stres, bahkan hingga stres akut.

6. Mngurangi kehilangan memori terkait usia
Semakin tua usia, ini akan memungkinkan anda kehilangan memori, namun anda juga bisa mencegah hal tersebut dengan melakukan meditasi. Tak hanya itu, meditasi juga bisa membantu meningkatkan sebagian memori pasien demensia.

7. Membantu mengurangi tekanan darah
Tak hanya membantu meningkatkan kesehatan mental, meditasi juga bisa membantu meningkatkan kesehatan fisik. Tekanan darah tinggi membuat jantung bekerja lebih keras, dengan begitu, ini akan membuat fungsi jantung semakin memburuk. Untuk itu meditasi hadir untuk membantu menurunkan tekanan darah serta menyehatkan jantung anda.

Itulah penjelasan mengenai manfaat meditasi bagi kesehatan mental dan fisik, semoga informasi kesehatan pada artikel kali ini bisa memberikan manfaat untuk kita.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close