Skip to main content

Penyebab Leher Sakit Setelah Bangun Tidur

Penyebab Leher Sakit Setelah Bangun Tidur - Sakit leher merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak dialami oleh masyarakat, terlebih sakit leher yang dirasakan lebih banyak terjadi setelah anda bangun tidur. Sebenarnya apa yang menyebabkan seseorang bisa sakit leher setelah bangun tidur? apakah benar akibat salah bantal?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya leher sakit setelah bangun tidur, diantaranya adalah :

1. Posisi Tidur
Penyebab leher sakit setelah bangun tidur yang pertama adalah karena posisi tidur yang salah. Posisi tidur merupakan hal penting yang perlu anda perhatikan, sebaiknya anda memilih posisi tidur miring ke kanan, kiri, atau bahkan terlentang, hindari posisi tidur tengkurap.

2. Penggunaan Bantal
Selain posisi tidur, bantal juga memiliki pengaruh yang cukup penting ketika tidur, salah memilih dan menempatkan bantal bisa menimbulkan masalah ketika bangun tidur, dampaknya leher anda menjadi sakit. Untuk itu pastikan anda untuk menggunakan bantal dengan material yang empuk dan ringan, serta tidak terlalu tebal atau tidak terlalu tipis, sesuaikan dengan tingkat kenyamanan anda masing-masing.

Penyebab Leher Sakit Setelah Bangun Tidur

Namun selain dua penyebab tadi, sakit leher juga bisa dipicu akibat beberapa kondisi dari aktivitas yang anda lakukan di siang hari. Misalnya posisi duduk anda yang buruk di siang hari, bekerja terlalu lama di depan komputer, menonton televisi terlalu lama tanpa mengubah posisi, osteoarthritis di tulang bagian atas, hingga kompresi saraf.

Cara mengatasi leher sakit saat bangun tidur

1. Jika terlalu nyeri, anda bisa konsumsi obat pereda nyeri seperti Parasetamol atau Ibuprofen. Bisa juga dengan obat gosok agar leher yang sakit menjadi rileks.

2. Untuk menghilangkan nyeri dan sakit pada leher, Anda bisa menggunakan kompres.

3. Hindari dulu tidur dengan bantal yang terlalu tinggi atau tebal selama leher masih nyeri/kaku.

4. Saat anda duduk usahakan posisi badan bersandar ke belakang, untuk meminimalisir sakit pada leher.

5. Lakukan latihan fisik ringan pada leher Anda, dengan cara menggerakkan leher ke samping kiri, samping kanan, menunduk, dan menggerakkan kepala keatas. Lakukan secara perlahan.

6. Lakukan istirahat yang cukup

Baca Juga : 7 Jenis Buah Yang Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

Jika sakit yang anda alami tidak hilang hingga berhari-hari, pastikan anda segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter. Umumnya dokter akan memberikan penghilang rasa sakit atau obat jenis lain yang bisa menghilangkan rasa sakit tersebut. Namun anda juga dapat melakukan beberapa cara untuk menghilangkan sakit leher di rumah anda, cara nomor 2 diatas yaitu cukup efektif, yaitu mengompres dengan menggunakan air dingin atau ais es dibagian yang sakit, lakukan hal ini setidaknya 20 menit.

Itulah penjelasan mengenai sakit leher setelah bangun tidur. Terima kasih telah membaca artikel di situs Montirbox.com ini. Semoga bisa bermanfaat. Jika anda punya masukan, silahkan berkomentar pada kolom komentar dibawah.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close