Skip to main content


Cara Jumper T Con dan Mengatasi TV Led Layar Blank

Cara Jumper T Con dan Mengatasi TV Led Layar Blank - TV led atau lcd layar blank merupakan permasalahan  yang sering terjadi pada perangkat televisi dengan type led atau lcd. Salah satu momok kerusakan yang paling menakutkan bagi pemilik tv led dan juga teknisi itu sendiri adalah kerusakan tv led layar blank ini, kenapa demikian? Karena kerusakan layar tv yang blank identik dengan kerusakan layar atau panel tv itu sendiri, walaupun tidak semuanya kerusakan layar blank disebabkan oleh kerusakan panel.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa harga layar atau panel dari sebuah pesawat tv lcd/led masih sangat mahal, harganya bisa mencapai 80 persen hingga 90 persen dari harga baru televisi tersebut. Itu sebabnya apabila kita mendapati kerusakan tv dengan kondisi layar yang tiba-tiba blank akan membuat kita was-was, apakah layarnya yang rusak dan tv masih bisa diperbaiki lagi, atau tv akan berakhir dan beralih ke tangan pembeli barang rongsokan.
Cara Jumper T Con

Baca Juga : Harga ganti layar led tv yang pecah serta biaya servisnya

Namun kita harus memeriksa dan menganalisanya secara detail untuk memastikan apakah kerusakan tv led layar blank disebabkan oleh layar atau karena kerusakan komponen lain selain panel. Untuk memastikannya kita bisa mengecek bagian T Con terlebih dahulu untuk kerusakan tv blank ini, apakah semua tegangan yang wajib pada modul T Con sudah ada semua atau ada salah satu tegangan yang hilang. Untuk data-data tegangan lengkap modul  T Con di tv led sobat bisa baca pada Penyebab TV Led Tidak Ada Gambar dan Solusinya.

Jika sobat sudah memeriksa dan sudah memastikan bahwa kerusakan tv led layar blank tersebut disebabkan pada modul  T Con dan bukan kerusakan pada layarnya, sobat tinggal mengganti modul T Con tersebut dengan yang baru, atau jika sobat memiliki persediaan sparepart elektronik yang cukup, sobat tinggal mengganti komponen yang mengalami kerusakan pada modul T Con tersebut.

Cara Jumper T Con

Pada modul T Con yang sering mengalami masalah adalah ada pada IC DC to DC converter nya, tegangan VGH dan VGL tidak keluar dari IC tersebut. Untuk mengganti IC DC DC Concerter tersebut sobat harus memiliki blower untuk melepas IC yang rusak dan memasang kembali IC yang baru. Namun bagaimana jika sobat tidak memiliki IC pengganti?, sobat tinggal mengganti modul T Con secara komplit. Tetapi bagaimana jika TCon tersebut "menyatu" dengan layar?, kita bisa memakai cara Jumper T Con atau yang biasa disebut suntik T Con.

Cara Jumper T Con

Lalu bagaimana caranya jumper T Con pada tv led tersebut?, pada postingan kali ini Montirbox akan berbagi pengalaman untuk bagaimana cara jumper T Con. Tips ini sangat mudah sekali dilakukan, bahkan bagi pengguna awam sekalipun. Kita hanya cukup men jumper 4 pin dari modul T Con bekas yang normal ke modul T Con yang bermasalah. T Con yang digunakan sebisanya memakai T Con yang sama dengan T Con aslinya, agar sobat lebih gampang untuk mencari pin nya.

Apabila sobat tidak mempunyai T Con yang sama dengan T Con yang rusak, sobat bisa saja mengganti dengan T Con type lain, asalkan sesuai dengan karakteristik dan tegangan yang ada pada T Con yang rusak. Untuk itu bagi pengguna awam memang diperlukan sedikit pengetahuan elektronika dalam mengganti T Con yang berbeda bentuk dan merk nya. Jika tidak, dikhawatirkan nanti akan mengalami masalah bahkan akan merusak panel atau layar tv led itu sendiri.

Baiklah sobat, bagi yang ingin mencoba dan ingin mengetahui cara jumper T Con, silahkan sobat perhatikan padaa gambar-gambar dibawah ini, dan tentunya caranya sangat gampang sekali :

Pertama-tama pastikan terlebih dulu semua tegangan pada T Con pengganti ada, terutama tegangan VGH dan VGL yang menjadi masalah saat ini

Cara Jumper T Con

Tegangan VGH berkisar sekitar 30 volt DC

Cara Jumper T Con

Dan tegangan VGL sekitar -8 volt DC

Cara Jumper T Con

Setelah dipastikan semua tegangan ada pada T Con pengganti atau yang akan di jumper ke T Con yang rusak, silahkan di jumper menggunakan  4 buah kabel, lihat seperti pada gambar dibawah

Cara Jumper T Con

Bagaimana Sobat, gampang kan?, mudah-mudahan postingan Montirbox tentang Cara Jumper T Con dan Mengatasi TV Led Layar Blank ini bisa memberikan manfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close