Skip to main content

5 Makanan Ini Baik Untuk Penderita Ginjal

Makanan Ini Baik Untuk Penderita Ginjal - Assalamualaikum. Hai sobat, bagaimana kabar anda hari ini? Mudah-mudahan kita semua diberikan kesehatan, berjumpa kembali kita di situs Montitbox.com. Adakah dari anda yang memiliki masalah ginjal? atau mungkinkah ada orang terdekat anda yang memiliki masalah ini?

Penyakit ginjal merupakan penyakit yang cukup banyak dialami oleh masyarakat, setidaknya 10% populasi manusia mengalami masalah ini. Timbulnya masalah atau kerusakan ginjal bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja, beberapa masalah yang umumnya memicu kerusakan atau masalah ginjal seperti obesitas, merokok, genetik hingga usia.

Baca Juga : Makanan Untuk Penderita Asam Lambung (Gerd)

Bagi orang yang memiliki masalah ginjal tentu mereka harus lebih selektif dalam memilih makanan, hal ini agar masalah ginjal yang sedang dialami tidak semakin memburuk dari waktu ke waktu. Untuk itu anda perlu mengetahui beberapa jenis makanan yang cukup baik dikonsumsi oleh mereka yang ginjalnya memiliki masalah.

Kerusakan ginjal yang tidak mendapatkan perawaan khusus tentu dapat semakin memburuk dari waktu ke waktu, untuk itu pastikan anda mengatur pola makan dengan mengkonsumsi jenis makanan yang baik bagi ginjal. Kira-kira apa saja makanan untuk penderita ginjal? Beberapa pilihan makanan yang baik dikonsumsi bagi yang mengalami masalah ginjal seperti :

Makanan Untuk Ginjal

Baca Juga : Makanan Otak : 7 Makanan Ini Dapat Membantu Menyehatkan Otak

Makanan untuk ginjal yang pertama adalah putih telur. Putih telur merupakan jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah ginjal, terlebih bagi anda yang sedang melakukan perawatan dialisis. Putih telur mengandung protein yang cukup tinggi namun rendah fosfor yang baik bagi penderita ginjal.

Makanan penyehat ginjal yang kedua, bawang putih. Jika orang dengan masalah ginjal, sebaiknya membatasi asupan natrium atau garam, maka anda bisa mendapatkan nutrisi penggantinya dari bawang putih. Bawang putih mengandung mangan, vitamin C, vitamin B6 serta mengandung senyawa sulfur yang berfungsi sebagai sifat anti inflamasi

Makanan penderita ginjal yang ketiga yaitu nanas. Nanas merupakan buah yang memiliki kandungan kalium yang sedang dan tidak berlebih, tentu ini baik bagi orang dengan masalah ginjal. Nanas juga kaya akan serat, mangan, vitamin C, hingga enzim yang membantu mengurangi peradangan.

Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Makanan untuk ginjal sehat yang keempat, minyak zaitun. Minyak menjadi sumber lemak yang sehat dan bebas fosfor, hal ini baik bagi orang dengan masalah ginjal. Mayoritas minyak dalam minyak zaitun merupakan lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat yang memiliki sifat anti inflamasi.

Makanan untuk menyehatkan ginjal yang kelima adalah paprika. Paprika mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan antioksidan yang cukup kuat, selanjutnya paprika juga mengandung vitamin A dan nutrisi penting yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan sangat baik bagi orang dengan masalah ginjal.

Beberapa makanan tersebut merupakan makanan yang baik bagi orang dengan masalah ginjal, namun anda bisa konsultasi atau mendiksusikan jenis makanan lain yang mungkin baik untuk anda konsumsi, tentunya hal tersebut bisa berbeda untuk setiap orangnya berdasarkan seberapa parah kondisi ginjal yang sedang dialami.

Itulah penjelasan mengenai makanan yang baik bagi orang dengan masalah ginjal, terima kasih telah membaca artikel kali ini, semoga postingan ini bermanfaat untuk kita semua.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close