--> Skip to main content

Makanan Untuk Penderita Asam Lambung (Gerd)

Makanan Untuk Penderita Asam Lambung (Gerd) - Reflux asam yang terjadi pada lambung atau disebut juga dengan GERD merupakan penyakit yang terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan atau ada aliran balik asam dari lambung ke kerongkongan, penyakit ini lebih umum disebut dengan asam lambung. Hal ini terjadi secara umum, namun penyakit ini juga bisa menimbulkan komplikasi atau gejala yang cukup parah, selain itu juga menyebabkan dada terasa terbakar.

Apakah asam lambung mematikan?, hal ini tergantung dari penanganan penyakit tersebut. Asam lambung naik atau gastroesophageal reflux ini memiliki beberapa gejala, diantaranya seperti rasa masam di mulut, sulit menelan, batuk, whizzing, hingga nyeri pada dada terutama saat berbaring di malam hari. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menyembuhkan atau meringankan gejala asam lambung ini, salah satunya yaitu dengan menghindari mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat memicu penyakit asam lambung ini muncul.

Baca Juga : 5 Terapi Yang Dapat Mempercepat Proses Penyembuhan

Banyak penderita asam lambung yang masih bergantung pada obat asam lambung resep dokter, hal tersebut tentu saja tidak masalah. Namun yang menjadi masalah adalah jika obat asam lambung resep dokter tersebut di konsumsi secara jangka panjang yang tentu saja akan menimbulkan masalah baru pada kesehatan anda. Jika obat asam lambung resep dokter belum juga membuahkan hasil, anda bisa menambahkan alternatif lain obat asam lambung alami tradisional yang sebenarnya sudah biasa kita konsumsi sehari-hari.

Selain itu, anda juga bisa meringankan gejala asam lambung ini dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang akan Montirbox paparkan di artikel ini. Dibawah ini sudah kita himpun beberapa makanan untuk penderita asam lambung, disamping sebagai makanan untuk penderita asam lambung, juga sebagai obat alami untuk asam lambung yang anda derita  :

Baca Juga : Kenapa Sudah Minum Obat Tapi Lama Sembuhnya?

Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Makanan untuk penderita asam lambung yang pertama adalah putih telur. Putih telur merupakan makanan yang aman dan berkasiat untuk penderita asam lambung, penderita asam lambung sangat membutuhkan protein untuk dapat memperbaiki sel-sel yang rusak, karena seperti kita ketahui bahwa putih telur memiliki kandungan yang tinggi akan protein. Ketika anda ingin mengkonsumsi telur, sebaiknya pilih untuk mengkonsumsi putih telurnya saja.

Baca Juga : Manfaat Protein Yang Luar Biasa Bagi Tubuh

Makanan untuk penderita asam lambung yang kedua adalah oatmeal. Bagi anda yang memiliki riwayat asam lambung sebaiknya anda mengkonsumsi oatmeal saat sarapan pagi, oatmeal yang terbuat dari gandum merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh. Selain itu, oatmeal juga dapat menyerap asam dalam lambung, sehingga gejala asam lambung dapat berkurang.

Makanan untuk penderita asam lambung selanjutnya yang dapat membantu meringankan asam lambung yaitu daging tanpa lemak. Beberapa contoh makanan yang tidak mengandung lemak seperti beberapa bagian tubuh ayam, ikan dan makanan laut. Makanan tinggi lemak dapat memicu asam lambung kembali ke kerongkongan, makanan yang berlemak tinggi juga beresiko meningkatkan asam lambung.

Untuk itu pastikan agar mengkonsumsi makanan yang rendah lemak, makanan rendah lemak dapat mengurangi gejala asam lambung ini. Selanjutnya anda juga sebaiknya memperhatikan proses memasak makanan tersebut, misalnya utamakan masakan yang anda konsumsi merupakan makanan yang direbus atau dipanggang.

Baca Juga : Cara Mengatasi Anxiety Disorder dan Gerd (Cemas Berlebih)

Makanan untuk penderita asam lambung yang aman di konsumsi dan dapat meringankan asam lambung berikutnya adalah lemak sehat. Bagi anda yang memiliki penyakit asam lambung tidak usah khawatir, anda tetap bisa mengkonsumsi lemak, namun harus lemak yang sehat. Beberapa makanan yang mengandung lemak sehat tersebut diantaranya alpukat, minyak zaitun dan minyak wijen. Sebaiknya anda kurangi asam lemak jenuh dan lemak trans yang tidak sehat bagi tubuh

Makanan untuk penderita asam lambung yang kelima yaitu dengan makan buah-buahan. Apa saja buah untuk penderita asam lambung yang aman dikonsumsi? Buah-buahan baik bagi tubuh, namun anda harus memilih buah-buahan tertentu. Bagi anda yang mengalami asam lambung tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah yang mengandung citrus atau memiliki rasa asam. Beberapa buah untuk penderita asam lambung yang tidak mengandung citrus diantaranya seperti melon, pisang, apel dan pear.

Makanan untuk penderita asam lambung yang keenam adalah jahe. Tahukah anda bahwa jahe memiliki sifat anti inflamasi yang alami? Anda dapat menambahkan jahe ke dalam air hangat anda, dengan begitu gejala dari asam lambung ini akan berkurang.

Yang terakhir, makanan untuk penderita asam lambung dan dapat mengurangi penyakit asam lambung adalah sayuran. Sayuran secara umum rendah lemak dan gula, ini dapat mengurangi gejala asam lambung. Beberapa pilihan sayuran yang baik untuk dikonsumsi bagi anda yang memilki penyakit asam lambung yaitu asparagus, brokoli, kembang kol, sayuran berdaun hijau, kentang, hingga mentimun.

Selanjutnya selain mengkonsumsi makanan-makanan sehat diatas, Anda juga bisa melakukan cara lain seperti merubah gaya hidup menjadi lebih baik serta pola pikir yang positif. Diantaranya menjauhi rokok, tidak mengkonsumsi alkohol, hindari makan berlebihan, dan tidak makan setidaknya 3 jam sebelum tidur, serta yang terpenting hindari stress.

Baca Juga : Akibat Yang Ditimbulkan Saat Stress dan Khawatir Secara Berlebihan

Itulah penjelasan mengenai Makanan Untuk Penderita Asam Lambung dan cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala asam lambung. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close