Skip to main content

Cara Mencari Chanel TV Yang Hilang Dengan Mudah

Cara Mencari Chanel TV Yang Hilang - Assalamualaikum sobat Montirbox. Apakah anda pernah mengalami siaran tv hilang? Chanel tv yang sudah tersimpan sebelumya tiba-tiba hilang? Pada artikel tentang elektronika kali ini kita akan membahas dan mencari tahu bagaimana cara mencari chanel TV yang hilang dengan mudah. Penulis membuat artikel ini karena banyak pengguna yang masih mengalami kesulitan khususnya yang masih awam tentang cara mencari chanel TV yang hilang.

Pada postingan ini kita akan bahas baik itu cara mengembalikan channel TV yang hilang pada parabola maupun cara mengembalikan channel tv yang terhapus pada tv yang masih menggunakan antena biasa. Namun sebelum memulai melakukan searching chanel yang hilang, sobat harus memastikan terlebih dulu apakah arah antena tv maupun antena parabola sudah tepat dan tidak bergeser, karena apabila arah antena salah atau sudah bergeser, maka dipastikan sobat akan mengalami kesulitan untuk mencari chanel tv yang hilang tersebut.

Baca Juga : TV tabung gambar berbayang (penyebab dan solusi)

Cara mencari chanel TV yang hilang pada parabola


Untuk cara mengembalikan channel tv yang terhapus atau hilang di parabola, kita bisa menggunakan 2 cara, yaitu dengan cara "Blind Scan" dan "Manual Scan"

1. Blind Scan

Mencari chanel dengan metode ini merupakan cara yang paling mudah, kita hanya cukup memilih opsi "Blind scan" (Pencarian Buta) di receiver digital parabola dan nanti DSR akan secara otomatis mencari semua chanel yang terdapat pada suatu transponder yang ingin kita dapatkan siarannya. Cara ini sangat efektif untuk mengembalikan siaran tv yang hilang di parabola anda.

2. Manual Scan

Selain menggunakan cara blind scan, sobat bisa memakai cara manual scan untuk mencari chanel tv yang hilang pada parabola anda. Untuk cara mencari chanel nya adalah :

- Pilih Menu
- Lalu pilih Pengaturan Saluran atau Pengaktifan Saluran
- Kemudian Buat Saluran (Daftar Transponder)
- Sobat harus memastikan pada setingan satelit harus berada pada Palapa atau Telkom
- Lalu pilih "Add TP" atau tambah TP.
- Isi frekuensi dan SR (Symbol Rate) yang ingin kita cari siarannya.
- Jangan lupa pilih polaritas (polarity) ke vertical sesuai dengan chanel yang akan kita dapatkan.
- Setelah semua setingan sudah benar, tinggal tekan OK pada remote, nanti DSR akan mencari chanel  sesuai dengan transponder dan frekuensi yang sudah kita masukkan tadi.

Baca Juga : Tips memperkuat sinyal LNB C Band agar lebih sensitif

Cara Mencari Chanel TV Yang Hilang

Cara mencari chanel TV yang hilang pada antena TV biasa.


Walaupun cara ini sangat mudah dilakukan, namun masih banyak pengguna yang masih belum mengetahui dan belum paham bagaimana cara mencari chanel TV yang hilang atau mengembalikan channel tv yang terhapus tanpa sengaja. Sebelum kita membahas caranya, kita akan cari tahu dulu apa penyebab chanel tv hilang atau tiba-tiba hilang dengan sendirinya :

1. Penyebab chanel tv hilang yang pertama adalah karena disebabkan oleh kerusakan atau kendala pada pusat pemancar tv analog itu sendiri. Tentu saja masalah ini bukan berasal dari telvisi atau antena kita dirumah.

2. Bergesernya arah antena bisa juga menjadi penyebab siaran atau chanel tv menjadi hilang. Periksa juga kondisi antena tv, apakah masih dalam kondisi yang masih layak untuk digunakan.

3. Rusaknya perangkat hardware pada televisi. Hal ini tentu saja juga bisa mengakibatkan siaran tv menjadi hilang, untuk solusinya serahkan permasalahan tersebut ke ahlinya, yaitu teknisi servis elektronika.

4. Penyebab chanel TV hilang yang paling umum adalah karena kesalahan pengguna itu sendiri, atau salah pencet remote.

Baca Juga : Cara memperkuat sinyal antena TV indoor

Cara mencari chanel TV yang hilang 

Untuk mengembalikan chanel tv yang hilang atau hanya sekedar menambah beberapa channel yang kurang caranya sangat gampang sekali, hampir sama dengan cara mengembalikan channel tv yang hilang pada parabola, yaitu kita bisa mencari siaran secara manual ataupun otomatis. Cukup tekan tombol "Menu" di remot, cari setingan atau pengaturan di tv, masuk ke menu pencarian saluran, dan pilih mulai atau start. TV akan akan mulai mendeteksi siaran dan mencari semua chanel tv, nanti siaran yang didapat akan tersimpan secara otomatis.

Bagaimana sobat Montirbox, sangat gampang bukan?, mudah-mudahan artikel tutorial tentang cara mencari chanel TV yang hilang ini bisa bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close