Skip to main content

Servis Elektronika : Tips belajar cepat untuk pemula

Servis Elektronika : Tips belajar cepat untuk pemula - Bagi sebagian orang belajar servis elektronika adalah sesuatu yang susah jika tidak mempunyai passion dalam bidang elektronika. Tapi sebetulnya untuk mempelajari ilmu servis elektronika dan menjadi teknisi yang handal sangatlah bisa jika kita benar benar tekun dan tetap fokus dalam menggali ilmunya.

Selain memerlukan ketekunan dan fokus dalam belajar servis elektronika, kita juga dituntut ketelitian dalam menganalisa suatu masalah. Teknisi atau tukang servis elektronika selain belajar dan mendapat ilmu dari pendidikan formal, diharapkan juga mendapatkan ilmu dengan memperbanyak praktek, semakin banyak praktek maka ilmu servis elektronika yang kita punya akan semakin berkembang.

Jadi bagaimana dengan seorang pemula yang baru belajar servis elektronika? apakah bisa langsung praktek?, jangan dulu!, sebaiknya bagi yang benar-benar pemula pelajari dulu teori dasar elektronika, baru bisa praktek terjun di lapangan setelah betul-betul mengerti dan paham ilmunya.

Servis Elektronika

Memang, untuk belajar dan menguasai suatu ilmu dalam hal ini ilmu servis elektronika akan memerlukan proses dan tentu saja tidak instant. Namun disini MONTIRBOX.COM akan membagikan tips buat pemula bagaimana cara cepat dan mudah belajar elektronika. Mari kita simak bersama ulasannya berikut ini :

1. Pelajari Kelistrikan dan Teori Dasar Elektronika

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, untuk seorang yang masih betul-betul pemula sebaiknya jangan langsung melakukan praktek servis elektronika sebelum mengetahui dasar-dasar ilmu elektronika. Pelajari terlebih dahulu ilmu kelistrikan dan teori dasar elektronika seperti tentang teori hambatan, tegangan, daya, arus dan lain-lain. Pelajari dan pahami juga tentang fungsi dari masing-masing part elektro serta bagaimana sistim kerja di rangkaian elektronika.

2. Cari info tambahan seputar Servis Elektronika.

Lalu setelah sobat telah selesai mempelajari semua teori dasar tentang elektronika, carilah info tambahan dari teman-teman yang sudah terlebih dulu terjun dalam dunia servis elektronik, bisa dari teman teknisi disekitar kita, dari internet, media elektronik, media online seperti facebook, twitter, dan media sosial lainnya. Cari juga informasi dari mana mereka bisa memperoleh part elektronika yang bisa didapatkan dengan harga yang murah.

Bikin komunitas antar sesama teknisi servis elektronik baik online maupun offline, yang tentu saja bisa mendatangkan manfaat yang besar buat kita sebagai teknisi pemula. Jika suatu saat ada kendala pada saat melakukan servis elektronik, sobat bisa bertanya langsung kepada teman-teman sesama komunitas tersebut, biasanya mereka akan dengan senang hati membantu, apalagi mereka yang sudah pernah mengalami kasus yang sama dengan yang kita alami.

Servis Elektronika

3. Persiapkan Alat Dasar Untuk Servis Elektronik

Untuk memulai belajar service elektronik, sobat harus mempersiapkan peralatan kerja dasar untuk membantu pekerjaan seperti Multitester, tang, obeng, solder, timah, dan lain-lain. Jika sobat mempunyai budget berlebih, bisa juga langsung membeli peralatan kerja elektronik yang lebih expert lainnya seperti esr meter digital dan esr meter analog.

Peralatan kerja ini sangat membantu sekali dalam membantu pekerjaan servis elektronika, esr meter analog sangat membantu dalam menetukan kerusakan elco langsung di PCB,  jika sobat sudah memahami teori dasar elektronika dan pembacaan PCB, sobat bisa bikin sendiri. Untuk caranya bisa dilihat di  Cara Membuat ESR Meter Analog Pengukur Elco Paling Akurat, atau kit yang sudah jadinya bisa didapatkan di Jual Kit ESR Meter analog murah dilengkapi indikator short dan buzzer

Atau jika sobat belum mempunyai modal yang cukup untuk membeli peralatan alat servis elektronika tersebut, sobat bisa meminjam dulu dari teman sesama komunitas teknisi yang ada didaerah sobat. Itu sebabnya kenapa membangun sebuah komunitas teknisi elektronik adalah suatu hal yang penting untuk dilakukan, sesama anggota teknisi elektronik bisa saling membantu jika ada suatu masalah dan kendala yang tidak bisa diselesaikan secara personal.

4. Buat Kerusakan dan coba perbaiki sendiri.

Segala sesuatu itu memerlukan pengorbanan, begitu pula kita apabila saat ingin belajar servis elektronik ini. Sebelum sobat menerima servis barang elektronik dari orang lain, lakukan latihan terlebih dulu dengan memperbaiki barang kita sendiri yang telah kita buat menjadi rusak, memang terdengar konyol, tetapi ini merupakan suatu cara yang cukup jitu agar kita bisa menjadi seorang teknisi servis elektronika yang handal.

Setelah barang kita sendiri rusak, coba pelajari bagian-bagian yang rusak dan yang harus kita perbaiki, cara ini bisa mendapatkan ilmu servis elektronik secara langsung dari pengalaman, apabila sobat telah berhasil memperbaiki alat yang rusak tersebut berarti ilmu servis elektronika yang sobat miliki sudah bertambah, semakin sering cara ini sobat lakukan maka Insya Allah ilmu sobat akan meningkat dengan sendirinya.

5. Perbanyak Jam Terbang, dari kerusakan yang gampang ke yang rumit.

Keahlian seorang teknisi service elektronika sangat dipengaruhi oleh praktek, jam terbang dan pengalamannya dalam melakukan perbaikan alat elektronik. Semakin sering memperbaiki barang yang rusak, maka akan semakin bertambah ilmu yang bisa didapat oleh seorang teknisi elektronik tersebut. Jadi intinya praktek merupakan basis yang paling utama bagi seorang tukang servis elektronika.

Jika sobat seorang pemula, buatlah sesuatu hal dari yang mudah dulu baru ke yang rumit, misalnya sobat ingin merakit suatu rangkaian elektronika, rakitlah rangkaian yang simple terlebih dahulu seperti Cara Membuat Rangkaian Alat Test Semua Remote TV, atau Cara membuat ampli untuk hp, setelah mampu sobat melanjutkan ke rangkaian yang lebih rumit seperti Skema charger aki terbaru otomatis dengan relay pemutus, atau Cara membuat mbr penghancur short hanya dengan modal seratus ribuan saja, hal itu akan menempa sobat menjadi seorang teknisi servis elektronika yang bisa diandalkan kedepannya.

Servis Elektronika

6. Bekerja di Servis Elektronik terdekat di daerah tempat tinggal.
Hal ini juga merupakan salah satu tips yang efektif untuk cara cepat belajar servis elektronik bagi seorang pemula. Tapi dengan syarat sobat harus sudah memiliki kemampuan dalam servis peralatan elektronik sederhana, seperti misalnya memperbaiki kipas angin, blender, mixer, magic com, dan peralatan elektronik sederhana lainnya. Nanti setelah beberapa lama sobat bekerja, dengan sendirinya ilmu yang diperoleh secara langsung turun ke lapangan akan semakin meningkat.

Jika tidak ada servis elektronik terdekat di daerah, sobat bisa juga mencari pengalaman servis elektronik di ibukota propinsi, ini lebih baik lagi. Karena barang-barang elektronika yang rusak akan lebih beragam, yang tidak akan bisa kita temukan di daerah. Hal ini tentu saja akan lebih cepat menambah ilmu dan pengetahuan kita sebagai seorang teknisi pemula. Tapi ingat, untuk memperbaiki barang-barang elektronik yang sebelumnya tidak pernah kita tangani, sebaiknya dilakukan dengan hati-hati, dan terlebih dulu mencari informasi bagaimana cara kerja perangkat elektronik tersebut.

Baiklah sobat, mudah-mudahan penjelasan di artikel ini dapat membantu siapa saja khususnya bagi pemula bagaimana tips dan cara belajar servis elektronika yang baik dan tepat agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Jika tips Servis Elektronika : Tips belajar cepat untuk pemula ini berguna, silahkan share kepada teman-teman yang membutuhkan informasi ini. Terima Kasih.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close