Skip to main content

Makanan Otak : 7 Makanan Ini Dapat Membantu Menyehatkan Otak

Makanan Otak : Makanan Yang Dapat Membantu Menyehatkan Otak - Otak merupakan hal yang sangat penting dalam tubuh, otak merupakan pengendali tubuh yang tentu saja harus sangat dijaga kesehatannya. Untuk menjaga kesehatan otak, anda dapat melakukan cara berikut, salah satunya adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat.

Nah kira-kira apa saja makanan yang bisa membuat otak kita tetap sehat? Sebelum kita menjawabnya kita simak dulu penjelasannya berikut ini :

Di awal artikel sudah disebutkan bahwa otak merupakan pusat pengendali tubuh, karena otak sebagai pusat pengendali tubuh, maka otak bertanggung jawab untuk menjaga jantung agar tetap berdetak serta paru-paru agar tetap bernapas. Selain itu, otak juga memungkinkan kita untuk tetap bergerak, merasakan sesuatu dan berpikir.

Untuk itu agar organ tubuh anda berjalan dan bergerak dengan baik, tentu kita harus menjaga kesehatan otak. Beberapa makanan tentu bisa membantu otak tetap dalam kondisi prima. Nah, Berikut adalah beberapa makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan otak :

Makanan untuk kesehatan otak yang pertama adalah brokoli. Mungkin beberapa dari kita sudah tahu bahwa brokoli memiliki antioksidan yang cukup tinggi dan juga memiliki kandungan vitamin yang cukup baik. Brokoli sendiri dapat memenuhi rekomendasi asupan harian secara penuh dengan hanya mengkonsumsi brokoli sebanyak 91 gram. Beberapa penelitian justru menghubungkan, asupan vitamin K yang cukup dapat membuat memori menjadi lebih baik.

Brokoli juga memiliki kandungan Vitamin K yang cukup baik. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa asupan vitamin K yang cukup dapat membuat memori menjadi lebih baik. Brokoli juga mengandung sejumlah senyawa yang memberikan efek inflamasi yang dapat membantu melindungi otak kita.

makanan otak

Makanan untuk kesehatan otak yang kedua adalah kacang. Tahukah anda bahwa kacang dapat meningkatkan kesehatan jantung? selain itu, ternyata dapat juga membuat organ hati menjadi lebih baik dan membuat otak menjadi lebih sehat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seorang wanita yang makan kacang secara teratur selama beberapa tahun, memiliki memori yang lebih tajam dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kacang. Beberapa nutrisi dalam kacang seperti lemak sehat, antioksi serta vitamin E dapat membuat otak menjadi lebih sehat.

Makanan otak yang ketiga adalah telur. Telur adalah sumber vitamin yang baik bagi otak, telur mengandung vitamin B6 dan B12, folat serta kolin. Tahukah anda apa itu kolin? kolin merupakan suatu mikronutrien yang penting bagi tubuh yang dapat menciptakan asetilkolinneuro, transmitter yang satu ini dapat membantu mengatur suasana hati dan memori pada otak. Vitamin B12 yang terdapat dalam telur itu sendiri juga terlibat dalam mensintesis zat kimia otak yang mengatur kadar gula didalam otak

Makanan atau vitamin otak berikutnya adalah teh hijau. Kafein yang terkandung dalam teh hijau berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak, bahkan bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan, kinerja memori dan juga meningkatkan fokus. Nah ternyata teh hijau juga memiliki kandungan polifenol dan antioksidan yang dapat melindungi otak dari penurunan mental, serta dapat mengurangi resiko alzeimer dan parkinson.

Makanan yang membantu kesehatan otak selanjutnya adalah Dark Chocolate atau cokelat hitam. Bagi anda penggemar coklat khususnya cokelat hitam, coklat hitam ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, selain itu coklat hitam juga mengandung beberapa stimulan alami termasuk kafein. Nah kafein ini dapat meningkatkan fokus serta konsentrasi, selain itu juga menstimulasi produksi endorfin yang membantu meningkatkan suasana hati.

Makanan yang dapat membantu kesehatan otak yang kelima yaitu biji labu. Biji labu memiliki kandungan antioksidan yang kuat, yang dapat melindungi tubuh dan otak dari radikal bebas. Biji labu ini juga merupakan sumber magnesium, besi, zinc dan tembaga, yang tentunya beberapa nutrisi tersebut penting untuk kesehatan tulang.

Makanan untuk kesehatan otak yang keenam yaitu kunyit. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang memiliki fungsi antiinflamasi dan antioksidan. Selain itu, manfaat kurkumin bagi otak adalah untuk meningkatkan daya ingat pada penderita alzheimer. Kurkumin juga membantu sel-sel otak yang baru untuk tumbuh, selain itu kurkumin juga dapat meningkatkan faktor neotropik yang diturunkan dari otak.

Baca juga : Manfaat Protein Yang Luar Biasa Bagi Tubuh

Terakhir makanan kesehatan otak yang ketujuh adalah dengan mengkonsumsi ikan. Beberapa ikan yang baik bagi kesehatan otak anda diantaranya adalah salmon, trout dan sarden, beberapa ikan tersebut kaya akan lemak jenis omega 3. jadi anda perlu mengetahui sekitar 60% otak itu terbuat dari lemak, dan setengahnya dari lemak tersebut jenisnya omega 3. Jadi otak menggunakan omega 3 untuk membangun saraf dan sel-sel otaknya.

Itulah beberapa makanan yang dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan otak kita. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga setiap postingan di situs ini bermanfaat untuk anda.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke [email protected].
Buka Komentar
Tutup Komentar
close