Skip to main content

Waspada Burnout, Stres dan Tertekan Akibat Pekerjaan!

Waspada Burnout, Stres dan Tertekan Akibat Pekerjaan! - Hai sahabat Montirbox, bagaimana kabar anda hari ini? Adakah dari anda yang stres akibat tekanan pekerjaan yang berlebihan? yang bisa membuat anda kesulitan menyelesaikan tugas pekerjaan? kira-kira apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi? Bisa jadi anda terkena syndrom yang bernama "Burnout".

Apa yang dimaksud dengan Burnout? burnout adalah  merupakan keadaan kelelahan emosional, fisik dan mental seseorang yang disebabkan oleh stres yang berlebihan dan berkepanjangan, hal ini juga menyebabkan terjadinya penurunan kinerja. Burnout mengurangi produktivitas sehingga membuat orang merasa putus asa, tidak berdaya dan kesal, dan menjadi lelah.

Rasa lelah setelah melakukan pekerjaan merupakan hal yang wajar, namun jika rasa lelah ini terasa berlebihan bahkan bisa disertai dengan rasa stres, tentu hal ini bukanlah hal yang normal dan anda harus waspada. Ketika burnout menjadi parah dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat, tentu ini akan berdampak pada seluruh aspek kehidupan, seperti kehidupan sosial, rumah dan keluarga.

Rasa lelah dan stres bekerja merupakan hal yang normal ketika terjadi selama beberapa hari, namun jika hal ini terjadi secara terus-menerus bahkan membuat anda terpuruk, ini bisa menjadi pertanda anda mengalami burnout. Terjadinya burnout juga bertahap dan perlahan-lahan, tidak langsung terjadi dalam satu hari.

Waspada Burnout, Stres dan Tertekan Akibat Pekerjaan!

Ketika seseorang mengalami burnout, gejala yang muncul akan semakin parah dari waktu ke waktu. Gejala burnout selain dari rasa lelah yang berlebihan, yaitu imunitas menurun, hingga membuat anda menjadi lebih sering atau mudah sakit. Sakit yang ditimbulkan bisa berupa sakit kepala, nyeri otot, napsu makan menurun, tidur kurang pulas, kehilangan motivasi, hingga menurunnya rasa puas atau pencapaian.

Selanjutnya seseorang yang mulai mengalami burnout akan perlahan-lahan mundur dari tanggung jawab, menjauhi lingkungan sekitar, membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan suatu tugas, hingga menunda untuk melaksanakan sesuatu. Apa penyebab dari Burnout ini?

Penyebab burnout ini bermacam - macam, seperti terlalu banyak tekanan, kurangnya kontrol diri, pekerjaan terlalu monoton, kurangnya bersosialisasi dan bersantai, kurangnya dukungan dari pihak luar, kurangnya istirahat atau tidur, hingga tanggung jawab yang berlebihan.

Baca Juga : Ciri Seseorang yang Sedang Mengalami Stress

Untuk mengatasi burnout ini ada banyak cara yang bisa dilakukan, namun langkah yang paling mudah yaitu bercerita atau sharing. Sharing keluh kesah yang sedang anda alami menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk setidaknya mengurangi rasa lelah dan tekanan yang sedang dirasakan.

Selanjutnya anda bisa mengurangi fikiran negatif yang selalu muncul dalam fikiran, anda bisa menenangkan fikiran dengan meditasi secara teratur, seperti melakukan yoga. Pastikan anda juga membatasi diri dari pengaruh negatif terhadap burnout pekerjaan, anda juga bisa meningkatkan suasana hati yang positif dengan berolahraga secara teratur. Anda bisa berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari dan pilihlah olahraga yang anda suka.

Itulah penjelasan mengenai burnout atau stres dan kelelahan berlebihan dalam pekerjaan. Semoga bisa bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close