Skip to main content

Penyebab Sariawan dan Cara Alami Mengobatinya

Penyebab Sariawan dan Cara Alami Mengobatinya - Halo sobat Montirbox, pernahkan Anda mengalami sariawan di lidah atau dibawah lidah?, atau sariawan di gusi?, ataupun sariawan di bibir?. Tidak hanya orang dewasa, sariawan juga sering dialami pada bayi dan anak, Stomatitis Aftosa atau yang biasa kita kenal dengan nama sariawan disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada selaput lendir atau selaput membran di sekitar rongga mulut dan juga kadang terjadi pada lidah.

Untuk bentuk atau gejala sariawan itu sendiri berbentuk bulat atau lonjong, biasanya berwarna putih dan agak sedikit cekung. Kemudian pinggirannya agak sedikit kemerahan atau biasa kita sebut dengan peradangan ataupun inflamasi. Untuk gejalanya sendiri banyak yang mengatakan kalau lagi sariawan itu rasanya sakit apalagi saat ketika saat makan, karena sariawan sering berada dekat dengan gigi.

Lalu apa sebaiknya yang harus kita lakukan saat mengalami sariawan?, dan apa penyebab sariawan tersebut?, kalau ditanya penyebab pasti sariawan, sampai sekarang belum ada yang jelas. Banyak para ahli mengatakan bahwa sariawan ini sebenarnya multifaktoral, jadi banyak penyebabnya dan tidak ada penyebab tunggal. 

Kita beri contoh misalnya Anda hari ini sikat gigi, karena mungkin terlalu cepat dan terburu-buru akhirnya saat menggosok gigi kesenggol gusinya, ujung kepala sikat menyentuh gusi dan bisa jadi keesokan harinya Anda mengalami sariawan. Lalu penyebab sariawan lainnya adalah karena kekurangan zat besi, vitamin C, dan karena mempunyai sistem imun tubuh yang rendah.

Penyebab Sariawan dan Cara Mengobatinya

Ada juga literatur yang mengatakan bahwa sariawan disebabkan oleh karena Irritable Bowel Syndrom atau yang kita kenal dengan bahasa awamnya adalah panas dalam, penyebab lainnya bisa karena psikologi, karena stress terlalu tinggi juga dapat menyebabkan sariawan. Pada saat kita stress, terjadi perubahan hormonal ditubuh kita, kemudian perubahan metabolisme pencernaan salah satunya juga berdampak ke sariawan.

Lalu penyebab sariawan yang lain bisa juga disebabkan karena Anda yang baru pasang behel atau kawat gigi, hal ini juga bisa menjadi penyebabnya. Kemudian bagi Anda yang baru berhenti merokok biasanya muncul sariawan. Jadi bagaimana terapi dan pencegahan untuk sariawan ini?

Anda bisa gunakan air garam. Jadi Anda bisa berkumur dengan air garam. Cukup ambil satu sendok atau setengah sendok, kemudian Anda larutkan dengan air, lalu kumur-kumur kurang lebih sekitar 30 detik sampai 1 menit dan airnya Anda buang, jangan ditelan. Kemudian Anda bisa konsumsi multi-vitamin, terutama vitamin yang mengandung vitamin C.

Baca Juga : Penyebab dan Solusi Mengatasi Bibir yang Hitam

Kemudian ada yang bertanya "Apa bedanya sariawan dengan kalau saat kita sikat gigi itu keluar darah?" kalau saat kita sikat gigi dan mengeluarkan darah itu bukan sariawan, kemungkinan besar adalah karena karang gigi. Jadi untuk Anda yang pada saat sikat gigi mengeluarkan darah, Anda harus konsultasi ke dokter gigi.

Mungkin karang gigi Anda sudah masuk sampai kesaku gusi dan akhirnya menyebabkan pendarahan, dan biasanya juga disertai dengan bau mulut yang tidak enak. Dokter gigi biasanya akan melakukan scaling untuk membersihkan karang gigi Anda.

Ok sobat Montirbox, itu tadi artikel tentang penyebab sariawan dan cara mengobatinya, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk mengobati sariawan Anda.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close