Skip to main content

Penyebab dan Solusi Mengatasi Bibir yang Hitam

Penyebab dan Solusi Mengatasi Bibir yang Hitam - Ada beberapa faktor yang membuat bibir kita menjadi hitam, kehitaman atau lebih gelap. Yang pertama adalah karena faktor genetik. Faktor genetik ini karena diturunkan dari orang tua, ayah, ibu, kakek, nenek. Faktor genetik ini tentu saja sudah "Baku", tidak bisa dirubah kecuali dengan bantuan polesan make up.

Kemudian faktor yang membuat bibir menjadi hitam yang kedua karena terpapar sinar matahari terlalu lama. Bibir kita juga ada kulitnya, dibibir kita terdapat banyak kapiler atau pembuluh darah yang kecil-kecil dan kulit bibir itu lebih tipis. Jadi jika bibir Anda terpapar sinar matahari terlalu lama, bibir akan menghasilkan pigmen melanin, jadi itulah yang berubah menjadi gelap. Solusinya gimana? kurangi terpapar sinar matahari terlalu lama. Kalau Anda ingin mencari vitamin D dari sinar matahari, cukup sekitar 10 menit sampai 15 menit.

Kemudian penyebab bibir hitam yang ketiga karena penggunaan produk kosmetik, atau skin care yang sudah kadaluwarsa, ataupun yang tidak cocok dengan kulit Anda, hal ini juga bisa membuat bibir Anda menjadi lebih hitam. Hal yang perlu diingat, setiap orang mempunyai jenis kulit yang berbeda. Kemudian pemilihan kosmetik juga disesuaikan dengan kulit Anda, jangan sembarang memakai kosmetik yang mungkin cocok dengan orang lain namun belum tentu cocok dengan Anda.

Lalu penyebab bibir menjadi hitam selanjutnya yaitu merokok. Merokok ini dapat menyebabkan bibir menjadi lebih gelap, mungkin Anda bisa lihat foto Anda sebelum Anda merokok, bisa diperhatikan warna bibir anda seperti apa, dan bandingkan saat ini ketika Anda merokok.

Kenapa merokok dapat menyebabkan bibir menjadi hitam? hal ini disebabkan karena didalam rokok ada kandungan TAR. kemudian dikaitkan dengan oksigen yang kurang karena terjadi pembakaran di area bibir dan banyaknya kapiler dibibir yang menjadi mati. Walaupun tidak semuanya, pasti ada beberapa yang rusak karena suhu rokok yang panas.

bibir hitam

Selanjutnya faktor kenapa bibir menjadi hitam berikutnya adalah karena dipengaruhi oleh faktor hormonal. Hal ini terjadi misalnya pada wanita yang sedang mengalami menstruasi, lalu ibu hamil warna bibirnya akan lebih gelap dibandingkan mereka yang waktu masih gadis, kemudian pada wanita menopause juga terjadi perubahan hormonal, dimana kadar estrogen mulai menurun.

Nah, seperti kita ketahui Estrogen lah yang melindungi tubuh seorang wanita. Ketika estrogen sudah menurun, semua regenerasi dalam tubuh juga secara signifikan akan menurun, kulit menjadi keriput, pigmen juga berubah, pigmen dibibir menjadi lebih hitam.

Kemudian faktor resiko yang keenam karena penumpukan sel kulit mati dibibir. Hal ini juga dapat membuat kulit bibir menjadi kusam,  sebenarnya bukan cuma dibibir, dibagian tubuh manapun kalau sudah terjadi penumpukan sel kulit mati dia akan lebih kusam terutama diwajah. Jangan konsumsi minuman atau makanan yang terlalu panas, lalu buat Anda para wanita yang membeli produk skin care atau kosmetik perhatikan tanggal kadaluwarsanya.

Bagaimana solusi alami untuk mengatasi bibir yang hitam? Anda bisa melakukan salah satunya seperti ini : Anda bisa ambil perasan lemon, bisa pakai madu juga. Lalu campurkan madu dan gula pasir, kemudian Anda scrub dengan halus malam hari sebelum Anda tidur. Coba lakukan ini sekitar 2-3 minggu dan Anda bisa lihat perubahan warna bibir Anda.

Apa tujuannya scrub? yang pertama lemon itu ada antioksidan, jadi bisa lebih mencerahkan kulit. Kemudian menggunakan gula pasir untuk scrub lebih aman untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati dibibir.

Kemudian langkah selanjutnya adalah Anda makan makanan yang bergizi, perbanyak antioksidan terutama buat Anda yang merokok atau Anda yang tinggal dikota besar yang polusi udaranya tinggi. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, kalau perlu Anda tambahkan suplemen atau suplementasi terutama vitamin C nya.

Baca Juga : Cara Kerja Vitamin C Dalam Tubuh

Lalu solusi mengatasi bibir hitam yang terakhir adalah konsumsi air mineral yang cukup. jadi sebagus apapun makanan Anda kalau tidak ada air untuk mengedarkan nutrisi maka hasilnya tidak akan bagus. jadi penuhi kebutuhan vitamin dan penuhi kebutuhan air didalam tubuh.

Ok sobat Montirbox, itu tadi 7 penyebab beserta solusi untuk mengatasi bibir yang hitam. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat. Terimakasih.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close