Skip to main content

Mengatasi Susah Tidur Karena Asam Lambung

Mengatasi Susah Tidur Karena Asam Lambung - Penyakit asam lambung adalah penyakit yang menyerang seseorang yang tidak menerapkan pola hidup yang baik. Terlebih lagi di jaman yang serba instan sekarang ini sangat mempengaruhi kehidupan seseorang sehingga dengan mudah terkena penyakit asam lambung ini. Seperti faktor makanan yang juga serba instant, stress akibat pekerjaan, dan lainnya. Hingga berdampak ke pola tidur yang terganggu akibat penyakit asam lambung.

Disini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi susah tidur karena asam lambung, dan supaya anda tetap dapat tidur walaupun anda mengalami gejala asam lambung. Apa yang harus dilakukan jika anda mengalami asam lambung agar dapat tidur dengan nyenyak?. Dan apa yang perlu anda lakukan agar kecemasan anda juga bisa lebih menghilang dengan lebih cepat?. Montirbox akan memberikan lima cara mengatasi susah tidur karena asam lambung dibawah ini, silahkan saja disimak : 

Cara yang pertama adalah pastikan anda tidur dengan jarak setelah 3 hingga 4 jam dari makan anda yang terakhir. Jadi kalau misalnya anda mau tidur jam 10 malam, anda sebaiknya makan terakhir itu jam 7 atau jam 6. Jika anda punya asam lambung atau gerd, makan larut malam itu akan menjadi masalah.

Karena saat anda berbaring, lambung anda akan cenderung melawan gravitasi, sehingga makanan yang berada di lambung beserta asam lambungnya akan ikut naik ke atas kerongkongan. Hal tersebut tentu saja sangat mengganggu dan dapat membuat anda tidak bisa tidur. Dan untuk memastikan bahwa isi lambung anda benar benar sudah selesai diproses dengan sempurna, maka anda baru bisa tidur atau berbaring paling tidak 3 atau 4 jam setelah makan.

Mengatasi Susah Tidur Karena Asam Lambung

Cara mengatasi susah tidur karena asam lambung yang kedua adalah hindari untuk melakukan aktifitas olahraga yang bersemangat dan terlalu berlebihan, misalnya membungkuk ataupun berlari. Karena jika melakukan gerakan-gerakan ini sebelum tidur, bagi penderita asam lambung sangat berpengaruh terhadap kualitas tidurnya, salah satunya susah untuk tidur.

Kemudian untuk mengatasi susah tidur karena asam lambung yang ketiga yaitu anda perlu memakai pakaian yang longgar, supaya tidak menekan perut yang bisa membuat asam lambung cenderung naik ke atas. Dengan memakai pakaian yang nyaman dan longgar saat tidur, hal ini sangat membantu penderita asam lambung untuk tidur dengan nyenyak.

Yang ke empat adalah hindari makanan makanan yang cenderung akan membuat asam lambung naik, antara lain adalah makanan atau minuman yang mengandung kafein, misalnya kopi, teh, atau coklat. Kemudian hindari juga makanan makanan yang berlemak, makanan yang diproses secara instant, makanan pedas, asam, goreng-gorengan. Karena itu akan membuat asam lambung anda menjadi naik.

Baca Juga : Makanan Untuk Penderita Asam Lambung (Gerd)

Lalu cara mengatasi susah tidur karena asam lambung yang ke lima adalah anda meninggikan kepala ketika mau tidur kurang lebih 15 cm. Kemudian kalau anda juga mengalami kecemasan ketika mau tidur, maka yang perlu anda lakukan yang pertama adalah anda deskripsikan atau definisikan dulu apa yang membuat anda takut ketika mau tidur.

Apakah anda takut bahwa malam ini tidak akan bisa tidur seperti malam sebelumnya, ataukah ada hal hal lain yang anda risaukan. Yang perlu anda lakukan adalah anda cukup melepaskan semua kekhawatiran itu dengan cara anda. Setelah anda deskripsikan itu kemudian anda katakan pada diri anda sendiri: aku mau melepaskan semua emosi, semua perasaan yang aku rasakan ini sekarang dan selamanya.

Kemudian tarik nafas panjang dan hembuskan, dengan cara seperti itu akan membantu anda jauh lebih rileks. Tentunya anda sekali lagi berdoa pada Tuhan dan percaya bahwa doa anda pasti dijawab, pasti anda bisa tidur malam ini dan malam malam seterusnya.

Demikian info tentang cara mengatasi susah tidur karena asam lambung. Semoga apa yang kita baca di artikel ini bisa membantu anda untuk lebih baik dari hari ke hari. Salam sembuh, salam sehat dan jangan lupa bahagia.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke [email protected].
Buka Komentar
Tutup Komentar
close