--> Skip to main content

Penyebab Badan Pegal dan Akibat yang Ditimbulkan

Penyebab Badan Pegal - Apakah anda sering mengalami tubuh yang terasa pegal pegal atau pegal linu?, seperti pegal di pundak, pegal pinggang, ataupun pegal di betis? jawabannya pasti pernah, karena setiap kita pasti pernah merasakan hal tersebut. Meskipun pegal pegal pada tubuh adalah merupakan kondisi yang umum, namun hal ini juga bisa menjadi pertanda adanya kondisi medis tertentu pada tubuh.

Lalu kondisi medis apa saja yang menjadi penyebab terjadinya pegal pada tubuh tersebut? mungkin anda mengira pegal pegal pada badan akibat dari aktivitas fisik yang berlebih, seperti mengangkat barang terlalu berat atau melakukan kegiatan tertentu tanpa istirahat. Meskipun hal tersebut bisa menjadi salah satu pemicu, namun kondisi medis lain bisa memicu pegal yang tubuh anda rasakan.

Berikut beberapa penyebab badan pegal pegal yang terkadang sering kita rasakan sehari-hari :

Penyebab badan pegal yang pertama adalah karena kurang tidur. Siapa sangka ternyata kurang tidur bisa memicu pegal pegal pada tubuh, hal ini karena kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. untuk itu pastikan untuk tidur yang cukup setiap malamnya setidaknya 7 jam. Anda juga bisa menjadwalkan waktu tidur setiap malam agar waktu tidur anda lebih teratur dan cukup.

Baca Juga : Mengatasi Susah Tidur Karena Asam Lambung

Penyebab badan pegal pegal yang kedua yaitu karena anemia. Anemia terjadi ketika tubuh tidak cukup memiliki sel darah merah yang berfungsi dengan baik, akibatnya jaringan tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup, sehingga anda akan merasakan lelah, sakit pada beberapa bagian tubuh, pucat, denyut jantung abnormal hingga pusing.

Penyebab Badan Pegal

Penyebab tubuh pegal berikutnya akibat syndrome kelelahan kronis. Kondisi ini menyebabkan anda merasakan kelelahan parah yang tidak kunjung hilang, meskipun anda isirahat dan tidur yang cukup. Ini juga menjadi penyebab anda nyeri otot atau sakit pada beberapa bagian tubuh.

Penyebab badan pegal pegal yang keempat karena penyakit lyme. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri borrelia burdorferi yang menyebar ke tubuh melalui gigitan kutu. Gejala umum dari penyakit ini yaitu nyeri pada otot dan badan terasa pegal-pegal.

Penyebab badan terasa pegal selanjutnya karena histoplasmosis, ini merupakan infeksi jamur yang disebabkan oleh spora udara atau dari kotoran hewan seperti burung atau kelelawar. Gejala lain yang mungkin timbul seperti demam, sakit dada, hingga batuk.

Penyebab badan pegal yang keenam adalah Stress. Kesehatan mental juga berpengaruh terhadap kesehatan fisik seseorang saat stress, tubuh tidak dapat mengontrol responnya terhadap peradangan, hal ini yang membuat anda melawan infeksi atau penyakit, untuk itu pastikan anda menghindari pemicu stress. Anda juga bisa mencoba untuk menenangkan diri dengan meditasi, seperti Yoga secara teratur.

Penyebab tubuh terasa pegal pegal selanjutnya adalah karena tubuh mengalami dehidrasi. Pegal pada tubuh tidak hanya akibat kondisi medis tertentu, namun kekurangan asupan cairan juga bisa menyebabkan tubuh terasa pegal, hal ini karena air merupakan unsur penting untuk membuat fungsi tubuh menjadi normal dan sehat. Ketika dehidrasi sebagian fungsi tubuh tidak dapat berjalan dengan baik dan bisa menyebabkan sakit di beberapa bagian.

Itulah tadi penjelasan mengenai penyebab badan pegal atau tubuh sering pegal pegal yang mungkin pernah anda rasakan. Terima kasih telah membaca artikel di situs montirbox.com ini, semoga postingan ini bermanfaat untuk kita bersama.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close