--> Skip to main content

Konsumsi Makanan Ini Sebelum Melakukan Donor Darah

Konsumsi Makanan Ini Sebelum Melakukan Donor Darah - Apakah anda seseorang yang rutin melakukan donor darah? setelah donor darah, beberapa orang akan mengalami anemia hingga merasa kelelahan. Namun anda tidak perlu khawatir, anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu yang bisa mengurangi efek samping yang anda rasakan setelah donor darah.

Ketika akan donor darah, ada hal penting yang harus anda perhatikan yaitu menjaga tubuh anda agar tetap terhidrasi sebelum atau sesudahnya, hal ini karena setengah dari darah terdiri dari air. Anda juga harus tetep menjaga asupan zat besi, hal ini karena zat besi anda akan berkurang saat mendonorkan darah. Kekurangan zat besi akan berdampak pada tubuh sehingga bisa menimbulkan kelelahan.

Baca Juga : 6 Tanda Tubuh Kekurangan Zat Besi

Namun sebelum kita mengetahui makanan yang harus kita makan sebelum donor darah, kita harus tahu dulu apa manfaat donor darah bagi tubuh kita. Manfaat donor darah adalah :

  • Menghindari tubuh dari penyakit, contohnya penyakit jantung. Melakukan donor darah secara teratur membuat jantung senantiasa lebih sehat dan dapat mengurangi resiko terhadap penyakit jantung.
  • Donor darah bermanfaat untuk membakar kalori.
  • Donor darah memberikan manfaat memperkecil resiko kanker.
  • Donor darah berguna untuk menambah produksi sel darah.
  • Donor darah membuat daya pikir menjadi lebih stabil.
  • Manfaat donor darah salah satunya dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.
Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol Tinggi


Jadi apa saja makanan yang harus kita makan sebelum donor darah? Beberapa makanan yang baik anda konsumsi sebelum donor darah yang pertama adalah makanan yang mengandung vitamin C. vitamin C membantu tubuh anda untuk menyerap zat besi, nabati dengan lebih baik. makanan yang banyak mengandung vitamin C salah satunya yaitu buah-buahan. Seperti jeruk, blewah, pepaya, nanas, strawberry, raspberry, semangka hingga tomat.

Baca Juga : Cara Kerja Vitamin C Dalam Tubuh

manfaat donor darah

Makanan yang wajib di konsumsi sebelum melakukan donor darah berikutnya adalah makanan yang mengandung zat besi. Zat besi merupakan mineral penting yang digunakan tubuh anda untuk membuat hemoglobin. Hemoglobin atau HB berfungsi untuk membawa oksigen dari paru paru ke seluruh tubuh. Ketika anda terlalu banyak kehilangan zat besi, maka tubuh anda dapat mengalami defisiensi zat besi.

Untuk itu sebelum anda ingin melakukan donor darah, pastikan untuk menambah asupan zat besi anda agar terhindar dari resiko anemia defisiensi besi. Beberapa makanan yang mengandung zat besi diantaranya daging sapi, ayam, ikan, kerang, tuna, udang, hati, telur, sayur bayam, brokoli, kacang polong, roti gandum dan beberapa jenis buah.

Dan yang terakhir yang harus anda lakukan sebelum donor darah yang terpenting adalah minum air yang cukup. Sebelum melakukan donor darah, anda disarankan minum air putih yang cukup sesuai tubuh, hal ini dilakukan karena sekitar setengah dari darah anda adalah air, jadi air putih berguna untuk mengganti cairan yang hilang setelah anda melakukan donor darah.

Baca Juga : 7 Manfaat Utama Minum Air Hangat Bagi Kesehatan

Demikian tadi beberapa makanan sebelum donor darah yang wajib kita konsumsi, semoga bisa menambah pengetahuan kita khususnya bagi sobat Montirbox yang ingin melakukan donor darah.           

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close