--> Skip to main content

Penyebab TV Tidak Merespon Remot

Penyebab TV Tidak Merespon Remot - Apakah sobat Montirbox pernah mengalami remot yang tidak respon saat diarahkan ke TV?, atau kadang-kadang sensor TV bisa merespon, namun beberapa saat kemudian TV sudah tidak merespon remot lagi? Pengalaman ini tentu saja pernah kita alami.

Terkadang saking kesalnya karena remot tidak respon, kita sampai memukul-mukul remot tv tersebut dengan berharap remote tv bisa bekerja kembali, bahkan ada yang membantingnya ke lantai :D, tentu saja ini merupakan tindakan yang keliru, karena kondisi remot akan semakin rusak.

Jadi apa penyebab TV tidak merespon remot?, apa saja penyebab kenapa remot tv tidak bekerja dan tidak bisa memberikan respon ke TV?. Namun sebelum kita membahas dan mencari tahu, untuk sementara sebagai bahan percobaan, sobat bisa menjadikan hp android menjadi remot, caranya bisa lihat di Aplikasi Remote TV tabung Untuk Android

Remot TV adalah sesuatu benda yang tidak bisa dipisahkan dari aktifitas kita saat menonton TV. Bisa dibayangkan saat nonton acara kesayangan tanpa remot, kita akan terus bolak-balik beranjak dari tempat duduk untuk mengganti chanel atau siaran tv yang kita inginkan melalui tombol program manual yang ada di TV.

Bagi pengguna tv jadul atau yang pernah merasakan nonton tv sebelum ditemukannya teknologi remot tv, pasti pernah mengalami nonton tv sambil tiduran lalu menggunakan kaki sebagai "sensor remot" nya :D, karena mereka malas untuk bangkit dari tempat duduk untuk mengganti siaran yang diinginkan.

Baca Juga : Kode remot TV TCL

Remot TV atau remot untuk perangkat elektronik lainnya mempunyai prinsip kerja memancar dan menerima. perangkat remot akan memberikan sinyal infra red yang dipancarkan dan sensor remot di tv akan merespon perintah yang dikirim oleh remote berupa sinyal infra red atau infra merah tersebut.

Lalu TV akan merespon sinyal elektronik yang di pancarkan oleh remot dan diteruskan ke IC program pada televisi. Prinsip kerja ini bukan hanya pada tv saja, juga diterapkan pada perangkat elektronik lain yang menggunakan remot seperti AC, kipas angin, mobil remote control, dan masih banyak perangkat elektronik lainnya.

Penyebab TV Tidak Merespon Remot

Penyebab TV Tidak Merespon Remot

Sebelum kita mengetahui apa penyebab TV tidak merespon remot, bagi sobat yang sedang mengalami kendala dengan remot yang tidak mau respon, sobat perlu melakukan tips mudah ini terlebih dulu sebelum memvonis, kita harus memastikan apakah tv yang tidak merespon remot disebabkan karena masalah pada tv atau pada remot itu sendiri.

Caranya adalah sobat bisa menggunakan hp yang berkamera, nyalakan handphone dalam posisi kamera on atau hidup. Arahkan remot ke kamera hp, tekan sembarang tombol di remot sambil melihat layar di hp anda. Jika saat menekan tombol di remot lampu sensor yang ada di remot menyala atau berkedip, itu berarti remote masih dalam kondisi yang baik.

Jadi dari percobaan tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa penyebab tv tidak merespon remot karena ada kendala atau kerusakan pada sensor penerima yang ada pada TV. Jika saat pengetesan tersebut lampu led yang ada di remot tidak berkedip, dipastikan remot yang bermasalah atau rusak.

Penyebab TV tidak merespon remot bisa disebabkan dari remot dan juga bisa dari komponen yang ada pada televisi. Disini kita akan membahasnya satu persatu kenapa tv tidak respon terhadap remot.

Kerusakan pada remote TV


Apa saja yang menyebabkan remot tv tidak bekerja?

1. Baterai remot habis

Baterai yang habis atau sudah soak tentu saja membuat remot menjadi tidak dapat bekerja. Jika sobat sedikit mengerti tentang alat ukur, sobat bisa nengecek berapa voltase yang tersisa pada baterai remote tersebut. Namun apabila tidak mengerti, sobat bisa langsung ganti baterai remot dengan yang baru, toh harganya sangat murah.

2. Lampu led remote

Lampu led pada remote bisa menjadi penyebab TV tidak merespon remot. Anda bisa mengganti lampu sensor tersebut dengan yang baru. Namun menurut pengalaman, lampu tersebut jarang rusak, yang menjadi masalah adalah kaki-kaki led tersebut yang sudah terlepas dari solderannya, Jadi hanya perlu dilakukan penyolderan ulang saja.

3. Besi penghubung baterai remot

Besi ini sering menjadi penyebab remote menjadi tidak berfungsi. Pastikan besi penghubung remot tersebut tidak ada yang berkarat. Jika berkarat, sobat bisa membersihkannya dengan amplas atau kertas pasir. Satu lagi adalah, besi penghubung remote tersebut sering lepas dari solderannya, hal ini merupakan salah satu penyebab TV tidak merespon remot.

4. Kode remote salah

Jika anda menggunakan remot joker, penyebab TV tidak merespon Remot bisa terjadi karena kode remot salah atau sudah berubah, penyebabnya bisa karena pemakaian baterai remot yang digunakan secara terus-menerus sedangkan baterai remot sudah soak. Untuk solusinya sobat harus mengganti baterai dan men setting ulang kembali kode remot joker sesuai dengan kode remot pada merk tv yang sobat pakai.

Baca Juga : Kode remot TV Universal (Joker) lengkap semua merk

Penyebab TV Tidak Merespon Remot

Lalu bagaimana jika tombol remot hanya berfungsi sebagian saja?, coba cek lagi dengan mungggunakan kamera hanphone tadi. Lakukan pengecekan satu persatu pada setiap tombol di remote, jika ada sebagian tombol yang jika di cek dengan kamera hp tidak menyala lampu led nya, kemungkinan ada jalur yang menuju tombol tersebut sudah mengalami korosi atau terputus.

Kemungkinan lainnya apabila hanya sebagian tombol yang bekerja adalah karena sudah aus nya karet tombol yang dipakai untuk menekan papan pcb di remot, jadi remot sudah tidak mendapat respon atau perintah lagi. Cek juga apakah arang yang berada di papan pcb masih baik atau sudah ikut terkikis/aus juga.

Kerusakan pada TV


Penyebab TV tidak merespon remot selanjutnya tentu saja bisa karena pada tv itu sendiri. Jika anda seorang teknisi servis elektronika, anda bisa mengeceknya mulai dari sensor remote TV. Cek tegangan yang masuk pada kaki sensor remot tersebut.

Pada setiap sensor remote di TV umumnya memiliki 3 kaki. Yaitu 5 volt untuk supply, GND untuk ground, dan IR untuk kaki yang akan mengirim perintah ke IC program. Kaki IR ini jika diukur dengan miltimeteter skala volt dalam keadaan TV hidup dan remot di pencet, tegangan pada kaki IR ini akan turun naik. Hal tersebut pertanda bahwa sinyal yang berasal dari remot sudah di respon.

Jika setelah dilakukan pengukuran dan semua tegangan normal, ada kemungkinan permasalahan remot yang tidak mau respon tersebut berasal dari IC program. Dibutuhkan penggantian IC program agar remot bisa merespon kembali.

Baca Juga : Cara Membuat Rangkaian Alat Test Semua Remote TV

Namun jika sobat bukan seorang tekhnisi servis elektronika, lebih baik serahkan saja ke yang lebih ahli dibidangnya. Karena jika kita paksakan untuk memperbaikinya, sedangkan kita tidak memiliki ilmu dibidangnya, barang yang kita perbaiki bukannya malah menjadi bagus, bisa bisa akan timbul kerusakan yang baru lagi.

Baiklah sobat Montirbox, demikian tadi pembahasan atau artikel mengenai apa penyebab TV tidak merespon remot. Semoga tips dan tutorial ini bisa bermanfaat untuk kita.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close