Skip to main content

6 Tanda Tubuh Kekurangan Zat Besi

Tanda Tubuh Kekurangan Zat Besi - Kekurangan zat besi terjadi ketika tubuh tidak cukup memiliki besi mineral, hal ini membuat tingkat sel darah merah rendah dan tidak normal. Zat besi sendiri digunakan untuk membuat hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, ketika tubuh tidak memiliki hemoglobin yang cukup maka tubuh akan mengalami anemia atau kekurangan zat besi. Beberapa orang yang mengalami kekurangan besi yang cukup parah ini akan menimbulkan suatu gejala tertentu, gejala apa yang timbul ketika tubuh kekurangan zat besi?

Anemia sendiri memiliki banyak jenisnya, namun yang paling umum terjadi yaitu anemia defisiensi zat besi, hal yang menyebabkan anemia defisiensi zat besi yaitu karena seseorang melakukan diet ketat, memiliki penyakit radang usus, kehilangan banyak darah akibat menstruasi tidak normal, hingga perdarahan. Kekurangan zat besi ini dapat menimbulkan gejala yang kurang nyaman dan cukup mengganggu aktivitas seperti :

Tanda Kekurangan Zat Besi

1. Wajah Pucat
Wajah yang pucat mungkin sering terlihat pada seseorang yang sedang mengalami kekurangan zat besi, kulit pucat ini umumnya terjadi pada kelopak mata bawah. Selain pada wajah, pucat ini juga bisa terjadi di seluruh tubuh, pucat pada wajah ini sering terjadi ketika anemia memasuki tahap sedang hingga berat.

2. Sakit kepala
Kekurangan zat besi dapat menimbulkan sakit kapala. Ketika tubuh kekurangan zat besi, kadar hemoglobin yang rendah dalam sel darah merah tidak cukup memiliki oksigen untuk dapat mencapai otak, akibatnya pembuluh darah bengkak dan menyebabkan pusing.

3. Pembengkakan dan nyeri pada lidah dan mulut
Kekurangan zat besi juga bisa dideteksi dari mulut atau lidah. Ciri - cirinya yaitu lidah membengkak, meradang dan pucat, selain itu ditandai juga dengan mulut kering, radang hingga sariawan.

Baca Juga : Obat Demam Herbal Untuk Membantu Menurunkan Panas

4. Kuku rapuh dan berbentuk sendok
Kuku rapuh atau berbentuk sendok ini bisa disebut juga dengan koilonychia, hal ini membuat kuku menjadi mudah retak dan pecah. Selanjutnya kuku tidak hanya mudah pecah dan retak, namun kekurangan zat besi yang lebih parah membuat kuku berbentuk seperti sendok.

5. Mudah lelah
Jika anda mudah sekali merasa lelah, hal ini bisa menjadi pertanda anda sedang mengalami kekurangan zat besi. Ketika tubuh tidak memiliki hemoglobin yang cukup dari zat besi, ini akan membuat oksigen yang mencapai jaringan dan otot anda jumlahnya sedikit, sehingga ini akan membuat tubuh kehilangan energi. Hal ini juga akan membuat jantung anda bekerja lebih keras untuk memindahkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh, tentu ini juga bisa membuat tubuh anda menjadi lelah.

6. Sesak napas
Hemoglobin akan membawa oksigen anda ke seluruh tubuh, namun ketika hemoglobin anda rendah maka kadar oksigen juga akan rendah, dengan begitu otot anda juga tidak akan mendapatkan oksigen yang cukup untuk melakukan aktivitas yang normal, seperti berjalan. Akibatnya laju pernapasan anda akan meningkat saat tubuh anda mencoba mendapatkan lebih banyak oksigen, hal ini yang akan memicu anda mengalami sesak napas.

Itulah penjelasan mengenai tanda tubuh kehilangan zat besi yang wajib kita ketahui, semoga artikel ini bisa memberi manfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close