Skip to main content

Sering Buang Air Kecil Tanda Apa?

Sering Buang Air Kecil Tanda Apa? - Halo sobat Montirbox jumpa lagi di website ini. Nah pada artikel kali ini kita akan bahas pertanyaan "Kenapa sih sering buang air kecil?". Ok sobat, siapa disini yang mengalami sering buang air kecil? Tadi barusan pipis kok habis itu mau pipis lagi, atau barusan ke toilet mau ke kamar mandi lagi. Nah jadi pada postingan hari ini kita akan bahas beberapa penyebab kenapa kita sering buang air kecil.

Penyebab yang pertama adalah disebabkan kerena faktor banyak minum tentunya. Bagi mereka yang banyak minum, tentu saja akan menghasilkan urin lebih banyak dibandingkan mereka yang sedikit minum, tapi kalau ditanya "Berapa jumlah air yang harus saya konsumsi setiap harinya?"

Yang normal yaitu sekitar 40 cc dikalikan dengan berat badan Anda, tentu saja Anda yang berat badannya 50 kg dengan yang berat badannya 90 kg akan berbeda jumlah cairan yang Anda butuhkan dalam sehari-hari. Kemudian dipengaruhi juga oleh faktor cuaca. Anda yang sedang bekerja dicuaca yang panas membutuhkan cairan yang lebih dibandingkan Anda yang bekerja dicuaca yang dingin atau suhu ruangan yang dingin.

Contohnya Anda yang kerja dikantoran yang memakai AC. Jadi selain banyak minum, kemudian pengaruh suhu ruangan atau cuaca juga mempengaruhi kenapa anda sering buang air kecil. Kemudian ada penyakit-penyakit tertentu yang juga mempengaruhi Anda bisa sering buang air kecil.

Sering Buang Air Kecil Tanda Apa

Nah penyakit tersebut seperti misalnya Anda mengalami infeksi ginjal atau infeksi pada saluran kemih, ini juga bisa menyebabkan Anda sering bolak balik ke kamar mandi. Kemudian terjadi karena faktor anyang-anyangan, demam, ataupun nyeri pinggang. Nah kalau sudah seperti ini lebih baik kunjungi ke dokter urologi atau mungkin Anda bisa ke dokter internis dulu.

Baca Juga : 5 Makanan Ini Baik Untuk Penderita Ginjal

Penyebab sering buang air kecil berikutnya adalah karena penyakit batu ginjal, atau terdapat batu pada sistem urinaria. Nah ini juga bisa anyang-anyangan, kemudian pada saat buang air kecil terasa sakit, perih, panas karena batu tadi bergesekan dengan organ. Kalau sudah seperti ini juga silahkan ke dokter, kunjungi dokter anda untuk konsultasi lebih jauh.

Tanda kenapa sering buang air kecil yang keempat adalah karena gangguan pada prostat. Biasanya terjadi pembengkakan prostat pada mereka yang pria dan usianya diatas 40 tahun. Jadi kalau Anda mengalami hal demikian dan usia Anda sudah diatas 40 tahun, kemudian pada saat buang air kecil rasanya tidak bisa tuntas, sebentar-sebentar harus ke kamar mandi lagi, silahkan kunjungi dokter.

Kemudian yang kelima ini untuk Anda para wanita yang sedang hamil. Pada saat Anda hamil, ini juga dapat meningkatan frekuensi buang air kecil. Karena ruangan diperut Anda terbatas dan pada saat Anda hamil yang terisi oleh janin, uterus atau disebabkan rahim Anda yang sudah membesar. Hal ini akan menekan kantung kemih yang akhirnya Anda akan merasa ingin buang air kecil terus. Jadi tidak bisa penuh maksimal karena tertekan oleh rahim Anda tadi.

Baca Juga : Mitos Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui

Kemudian penyebab sering buang air kecil yang selanjutnya adalah disebabkan kerena penyakit diabetes. Kalau diabetes sendiri bukan hanya sering buang air kecil, ada gejala lainnya. Jadi ada trias, polifagi itu banyak makan, kemudian polidipsi banyak minum dan poliuri banyak buang air kecil.

Dan faktor sering buang air kecil yang terakhir adalah karena faktor psikologis. Contoh seperti ini, mungkin buat Anda yang sekarang sedang kuliah atau sedang bekerja dikantor atau dimanapun, Anda takut atau demam panggung harus ketemu orang, harus berbicara dengan banyak orang, atau harus presentasi. Nah ini juga dapat membuat Anda menjadi tegang dan akhirnya harus ke kamar mandi bolak balik.

Baiklah sobat Montirbox, itu tadi adalah penyebab kenapa kita sering buang air kecil. Ada penyebab karena normal karena sering minum air, karena cuaca dingin, ataupun karena faktor psikologis dan karena berbagai macam penyakit. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat buat kita semua.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close