Skip to main content

Mitos Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui

Mitos Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui Saat Hamil - Di masyarakat kita selama ini begitu banyak mitos tentang kehamilan. Banyak yang beranggapan ; ini tidak boleh, itu pantang, ibu hamil harus ini, ibu hamil harus makan itu, dan sebagainya. Jadi pada artikel kali ini, Montirbox akan membagikan mengenai fakta dan mitos kehamilan yang seharusnya kita ketahui. Apa saja mitos kehamilan tersebut?

Mitos kehamilan yang pertama adalah ‘air kelapa dapat membuat kulit bayi menjadi putih’. Ini adalah mitos. Kenapa? Air kelapa tidak bisa membuat kulit bayi anda menjadi putih. Warna kulit itu ditentukan oleh melanin. Jadi di dalam tubuh kita, di dalam kulit kita terdapat sel melanosit, yaitu sel yang dapat memproduksi melanin.

Dari jumlah melanin inilah yang akan menentukan kulit kita berwarna putih, kuning atau cokelat. Jadi, tone kulit ditentukan oleh melanin tadi, bukan ditentukan oleh air kelapa. Tetapi, bukan berarti air kelapa itu tidak ada manfaatnya. Untuk ibu hamil, air kelapa ini juga mempunyai manfaat, yaitu untuk merehidrasi atau mencegah dehidrasi pada ibu hamil. Kemudian ada kandungan elektrolitnya yang bagus juga untuk wanita hamil.

Oke, kita lanjut ke mitos kehamilan yang kedua. Mitos yang kedua adalah ‘ibu hamil harus makan 2 porsi atau makan dua kali lipat’. Jadi, kalau harus makan dua kali lipat ini adalah mitos. Memang benar bahwa ibu hamil harus meningkatkan jumlah kalorinya, tetapi tidak harus sampai dua kali lipat, yang terpenting adalah kualitasnya. Jadi apa yang anda makan, misalnya karbohidrat memang naik sekitar 20-30%, bukan dua kali lipat.

Mitos Kehamilan

Kemudian, perhatikan kadar protein. Makanlah makanan yang mengandung protein berkualitas, kemudian lemak yang baik, bukan gorengan, juga buah dan sayur-sayuran serta beberapa vitamin, terutama asam folat dan sebagainya. Jadi, bukan berarti jumlah makanannya yang anda tambah, apalagi makanan yang mengandung gula dan gorengan sampai dua kali lipat, akhirnya badan anda akan bengkak dan nutrisi bayi anda juga menjadi tidak baik.

Lalu kita lanjut ke mitos kehamilan yang ketiga. ‘Bentuk perut ibu menentukan jenis kelamin janinnya’. Kalau hal ini, bisa kita katakan 100% mitos. Kenapa? kita beri ciri-ciri dahulu. Ada yang beranggapan bahwa jika perut ibu membulat ke samping, itu bayinya perempuan ketika nanti lahir. Jika perutnya membulat ke depan, berarti bayinya laki-laki. Kalau yang buncit bapaknya, bayinya bagaimana? Jadi, bentuk perut ibu sebenarnya tidak menentukan jenis kelamin.

Bentuk perut ibu tergantung dari tebalnya lemak, kemudian tebalnya otot, postur ibu yang tinggi atau pendek, sehingga tentu saja bentuk perutnya akan berbeda. Terkecuali, mungkin di dalam perutnya hamil kembar dua atau kembar tiga, perutnya akan lebih besar dibandingkan dengan yang hamil tunggal. Jadi tidak ada pengaruhnya bentuk perut dengan jenis kelamin.

Kemudian, mitos kehamilan yang keempat adalah ‘ibu yang sedang hamil ketika melihat gerhana bulan akan menyebabkan anaknya lahir dengan bibir sumbing’. Ini mitos dari mana?. Tetapi, banyak orang yang masih mempercayai hal ini. Bibir sumbing bukan ditentukan oleh karena ibunya selama hamil melihat gerhana bulan, gerhana matahari atau melihat apapun, bibir sumbing bisa terjadi karena kekurangan salah satu nutrisi yaitu asam folat atau yang kita sebut vitamin B9.

Jadi ketika anda mau program hamil dan selama hamil, konsultasi dengan dokter kandungan anda atau dengan bidan anda. jangan sembarangan makan,  apalagi percaya dengan mitos-mitos yang seperti ini.

Baca Juga : Apakah Ibu Hamil Boleh Naik Pesawat?

Mitos kehamilan yang kelima adalah ‘apakah wanita hamil boleh menggunakan make up?’. kita banyak mendengar bahwa wanita hamil akhirnya tidak bisa ber’make up, tidak bisa tampil cantik dan sebagainya. Sebenarnya sah-sah saja anda menggunakan make up. Tetapi sebaiknya baca atau pelajari dahulu komposisi make up tersebut, apakah boleh digunakan atau tidak untuk wanita hamil.

Dengan kemajuan teknologi, sekarang banyak make up yang didesain khusus untuk mereka yang hamil, sehingga boleh menggunakannya. Tentu saja, anda jangan membeli make up sembarangan. Yang pertama harus terdaftar di badan POM, dan yang kedua harus jelas apakah make up ini boleh digunakan atau tidak untuk wanita hamil.

Kemudian kita lanjut ke mitos kehamilan yang terakhir. ‘apakah wanita hamil boleh minum minuman berkafein?’. Banyak yang menanyakan hal ini “ Sekarang saya sedang hamil, bolehkah saya minum 3-4 cangkir kopi per hari?”. Jangan dulu, jangan mengkonsumsi banyak kafein selama anda hamil, karena dapat mengganggu denyut jantung janin anda. Kita tahu bahwa kopi dapat meningkatkan denyut jantung, tetapi jika anda hanya mencicipi sedikit, silahkan. Tetapi sementara lebih baik jangan mengkonsumsi kopi dulu selama hamil, kurangi atau hindari dulu minuman-minuman berkafein seperti kopi, kemudian soda dan sebagainya.

Oke sobat Montirbox, itu tadi adalah 6 mitos kehamilan yang perlu Anda ketahui. Dan semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat untuk anda yang sedang program hamil atau sekarang sedang hamil. Kita doakan untuk anda yang sekarang dalam proses kehamilan, kehamilannya baik, proses persalinan anda nanti lancar, mendapatkan anak yang baik, dan dapat berbakti kepada orang tua.

Source : Dr. Sung

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close