Skip to main content

Penyebab Stretch Marks dan Cara Mencegahnya

Penyebab Stretch Marks dan Cara Mencegahnya - Semua orang pasti ingin punya kulit yang cantik, kulit yang mulus, dan kulit yang bersih. Namun pada beberapa orang, terdapat tanda khas pada kulit mereka yang kita sebut dengan stretch marks. Kita berikan contoh, bagi anda yang mempunyai baju yang elastis, coba anda tarik sekuat-kuatnya, melampaui daya elastisitas baju tersebut. Atau karet juga bisa seperti itu. akan muncul tanda atau bekas berwarna keputihan.

Apa itu stretch marks? Stretch marks adalah tanda atau guratan yang terjadi pada permukaan kulit akibat peregangan yang melampaui batas elastisitas kulit. Stretch marks ini awalnya berwarna merah atau warna pink. Lama-kelamaan, berubah menjadi ungu, kemudian berubah menjadi lebh transparan atau warna putih, atau warna kelabu. Lalu apa yang menyebabkan stretch marks ini muncul?

Yang pertama adalah karena berat badan anda yang bertambah terlalu cepat. Jadi, kulit anda tidak mampu mengikuti pertumbuhan berat badan anda. Dimana akan terkonsentrasi di bagian lengan, kemudian di bagian payudara (jika dialami pada wanita). Kemudian di bagian perut, bagian lipatan paha dan bokong, serta stretch marks di betis. Apakah hal ini hanya bisa terjadi pada wanita? jawabannya "tidak".

kolagen

Jadi baik wanita maupun pria, stretch marks ini dapat muncul apabila anda mengalami peningkatan berat badan yang drastis. Hal ini bisa terjadi pada orang-orang yang mengalami obesitas. Anda bisa perhatikan perutnya. Kemudian juga mereka-mereka yang sedang hamil atau stretch marks saat hamil, hal itu terjadi disebabkan karena adanya peregangan pada perut mereka, dan disitu akan muncul garis-garis stretch marks.

Lalu stretch marks juga bisa dialami pada mereka-mereka yang seorang binaragawan. Jadi, peregangan ini terjadi karena massa otot mereka yang terlalu besar, tetapi kulit mereka tidak mampu mengimbangi. Selain itu, mungkin juga karena kurangnya asupan atau produksi kolagen di dalam kulit mereka. Fungsi kolagen adalah sebagai perekat, yang berada di dalam kulit yang menyebabkan kulit menjadi lebih elastis.

Baca Juga : Mitos Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui

Kemudian ada pertanyaan lagi, “Saya sudah terlanjur mengalami stretch marks, apakah kulit saya bisa kembali normal seperti semula?”. Jawabannya ‘tergantung’. Jika masih berwarna merah, mungkin masih bisa kembali seperti semula. Tetapi kalau sudah lama, sudah berwarna transparan atau kelabu, biasanya lebih sulit. Biasanya dokter kulit atau dokter kecantikan akan melakukan tindakan-tindakan seperti microdermabrasi, peeling, atau mungkin dilakukan operasi apabila sangat mengganggu fungsinya. Tetapi biasanya jika tidak sampai mengganggu fungsi, tidak akan dilakukan operasi.

Sekarang ini banyak beredar di media sosial ataupun di banyak marketplace yang menjual krim untuk menghilangkan stretch marks ini, mungkin banyak iklan yang mengatakan bahwa stretch marks dapat hilang 100%. Sebelum membelinya, sebaiknya Anda cek dulu, apakah krim atau obat tersebut sudah memiliki nomor Badan POM atau tidak.

Jika tidak terdaftar di Badan POM, sebaiknya anda tidak membelinya. Jangan buang-buang uang untuk membeli barang-barang yang tidak terjamin dan belum terbukti khasiatnya, apalagi tidak terdaftar di Badan POM. Agar lebih aman kunjungi dokter anda, dokter spesialis kulit atau dokter kecantikan yang mengerti tentang masalah stretch marks ini.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close