Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Sistem Imun Dalam Tubuh

Cara Meningkatkan Sistem Imun Dalam Tubuh - Halo sobat Montirbox, jumpa lagi kita pada pembahasan tentang Bagaimana sih caranya meningkatkan sistem imun. Sistem imun sendiri adalah sistem kekebalan tubuh kita yang berguna untuk melindungi tubuh dari benda asing termasuk kuman seperti bakteri, virus, racun dan lain-lain.

Nah kemudian ada juga namanya respon imun. Jadi respon sistem imun kita terhadap benda asing tadi ada yang normal, ada juga yang berlebihan dan biasa kita sebut dengan autoimun. Mungkin buat Anda yang masih bingung dengan penjelasan tadi, kita ibaratkan seperti ini, disebuah kota atau disatu negara ada sistem pertahanan, tentu saja untuk mempertahankan negara atau kota tersebut.

Nah biasanya siapa yang bertugas? Ada tentara disana. Ditubuh kita pun ada yang namanya tentara yang kita sebut kalau ada sistemnya itu namanya sistem kekebalan tubuh, atau sistem pertahanan tubuh, kurang lebih seperti itu penjelasannya. Jadi begitu ada bakteri yang masuk ada sel-sel tubuh kita, yang bertugas membunuh bakteri tersebut atau ada virus yang masuk ada sel-sel ditubuh kita yang bertugas untuk membunuh virus tersebut.

Lalu faktor apa saja yang dapat meningkatkan sistem imun kita? Jadi yang pertama adalah asupan makanan yang bergizi, terutama mengandung karbohidrat, protein, lemak. Tubuh kita membentuk sel-sel untuk jadi tentara ditubuh yang biasa kita sebut dengan antibody. Ada yang namanya IgG, IgM dan sebagainya.

Baca Juga : Manfaat Protein Yang Luar Biasa Bagi Tubuh

Cara Meningkatkan Sistem Imun

Kemudian yang kedua adalah tidur dan istirahat yang cukup. Tidur akan mempengaruhi tubuh kita, baik itu cara berpikir, konsetrasi kemudian salah satunya adalah sistem kekebalan tubuh. Jadi kalau kita kurang tidur, sistem kekebalan tubuh kita akan menurun dan bukan hanya resiko terkena penyakit terinfeksi virus dan bakteri, juga ke arah cancer atau kanker.

Kemudian yang ketiga adalah hindari stress. Nah kalau ngomong-ngomong soal stress, kita sudah bahas tentang stress di artikel sebelumnya yaitu  Akibat Yang Ditimbulkan Saat Stress dan Khawatir Secara Berlebihan. Stress ini dapat membuat sistem kekebalan serta hormonal tubuh kita menjadi kacau, kemudian berpengaruh juga pada sistem saraf, termasuk sistem pencernaan.

Baca Juga : Ciri Seseorang yang Sedang Mengalami Stress

Jadi semua sistem dalam tubuh kita juga akan ikut kacau ketika kita stress. "Loh, kan kita hidup penuh tantangan?" ya kalau stressnya sewajarnya. Jadi bukan berarti kita tidak boleh stress sama sekali, Anda harus perlu mengelola stress agar tidak memberikan dampak yang buruk pada tubuh kita.

Kemudian cara meningkatkan sistem imun yang selanjutnya adalah rutin olahraga. Mereka-mereka yang rutin olahraga mempunyai fisik dan mempunyai daya tahan tubuh lebih baik dibandingkan mereka yang malas bergerak dan hanya tiduran, hanya duduk aja main komputer, main hp. Jadi mereka yang punya aktivitas fisik rutin berolahraga minimal seminggu 3 sampai 4 kali Anda bisa lakukan.

Kalau ditanya berapa lama? ya tergantung waktu Anda. Disarankan buat Anda yang secara umum bisa lakukan jalan cepat sekitar 45 menit sampai 1 jam. Kalau olahraga lainnya sesuaikan dengan kondisi fisik Anda, sesuaikan dengan usia Anda. Jadi jangan terlalu dipaksakan juga, jangan sampai Anda sakit karena Anda terlalu overtraining.

Untuk menungkatkan sistem imun berikutnya yaitu hindari rokok dan alkohol. Kalau ini saya rasanya sudah tidak perlu dijelaskan lagi, karena semua tentu sudah tahu. Kemudian bersihkan gigi Anda, gigi ini perlu kita bersihkan minimal 2x sehari. Buat Anda yang memiliki gigi yang bolong segera ditambal, karena pada saat gigi Anda bolong ini akan mudah sekali tersimpan sisa-sisa makanan, dan ini menjadi sarang bagi bakteri, nanti arahnya akan menjadi sinusitis dan abses. Ini akan membuat daya tahan tubuh Anda menjadi drop.

Baca Juga : Makanan Otak : 7 Makanan Ini Dapat Membantu Menyehatkan Otak

Cara meningkatkan sistem imun yang terakhir Anda bisa konsumsi vitamin seperti Vitamin C, Vitamin B kompleks, dan Vitamin D. Nah Vitamin C sendiri Anda bisa dapatkan di sayur-sayuran dan buah-buahan yang segar. Kemudian Vitamin B kompleks juga kalau perlu Anda bisa tambahkan dari suplemen. 

Nah kalau Vitamin D Anda bisa dapatkan gratis Asal Anda mau sedikit berkorban. Anda keluar jalan-jalan sebentar terkena sinar matahari, jangan gunakan sunblock untuk dapatkan Vitamin D nya.

Ok itu saja yang bisa Montirbox berikan pada artikel kali ini, dan semoga informasi tentang cara meningkatkan sistem imun pada tubuh ini dapat bermanfaat buat kita semua.

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Sistem Imun Dalam Tubuh"