Skip to main content

Bahaya Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Terlalu Banyak

Bahaya Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Terlalu Banyak - Makan dan minum yang berlebihan memang tidak dianjurkan, karena akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Meskipun makanan dan minuman yang anda konsumsi sangat sehat dan memberikan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh, namun anda tetap memperhatikan kadar normalnya untuk di konsumsi.

Lalu makanan dan minuman apa yang sehat namun berbahaya jika dikonsumsi banyak? Makan yang pertama adalah hati. Mungkin ada dari anda yang suka mengkonsumsi hati, baik hati ayam atau sapi. Hati memang memiliki rasa yang gurih dan enak, hati juga mengandung zat besi, protein, vitamin A bahkan beberapa nutrisi lain, namun hati juga tinggi kolesterol.

Kandungan vitamin A yang tinggi pada hati memungkinkan seseorang mengalami keracunan vitamin A, keracunan vitamin A juga bisa menimbulkan gejala masalah penglihatan, nyeri tulang, mual dan muntah. Meski hati mengandung banyak nutrisi dan gizi bagi tubuh, pastikan anda untuk membatasi mengkonsumsi hati, kadar aman mengkonsumsi hati yaitu 1 kali dalam seminggu.

Makanan yang bahaya di konsumsi terlalu banyak yang kedua yaitu omega 3 dan minyak ikan. Asam lemak omega 3 sangat penting bagi kesehatan tubuh, ini dapat membantu menyerap peradangan dalam tubuh, membantu mengembangkan otak, hingga membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Konsumsi omega 3 yang berlebihan bisa membahayakan tubuh.

Baca Juga : Makanan Otak : 7 Makanan Ini Dapat Membantu Menyehatkan Otak

Bahaya Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Terlalu Banyak

Untuk dosis yang aman mengkonsumsi omega 3 yaitu 1 hingga 6 gram sehari. Selain itu, mengkonsumsi minyak ikan yang terlalu banyak dapat menyebabkan asupan vitamin A yang berlebihan dan dapat membuat tubuh keracunan vitamin A.

Makanan yang tidak boleh dimakan terlalu banyak yang ketiga adalah ikan Tuna. Tuna merupakan salah satu jenis ikan yang sehat, tuna mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi, namun disamping itu tuna mengandung polutan lingkungan tingkat tinggi yang disebut dengan methylmercury. Pada tingkat yang lebih tinggi, methylmercury ini bisa berdampak buruk terhadap tubuh.

Misalnya memperlambat perkembangan anak, menimbulkan masalah penglihatan, gangguan pendengaran dan bicara. Batas aman konsumsi methylmercury untuk manusia yaitu 0,1 mikrogram per kilogram berat badan, khusus bagi anak dan wanita hamil sangat dirasankan untuk membatasi asupan makanan laut seperti tuna, setidaknya hanya 1 kali dalam seminggu.

Baca Juga : Konsumsi Makanan Ini Sebelum Melakukan Donor Darah

Makanan atau minuman yang tidak boleh dikonsumsi banyak berikutnya adalah kopi. Mungkin banyak dari anda yang terbiasa minum kopi seiap hari, bahkan rasanya sulit untuk meninggalkan kopi sehari saja. Kopi memang mengandung antioksidan serta bisa mencegah berbagai penyakit, seperti mengurangi penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit neuro degeneratif.

Namun anda juga harus memperhatikan asupan kopi harian anda, jika asupan kopi terlalu berlebihan ini juga bisa menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. kopi juga mengandung kafein yang kadar aman konsumsinya hanya 400mg. Jika anda mengkonsumsi kafein lebih dari batas normal, ini bisa menimbulkan insomnia, kram perut, jantung berdebar, hingga tremor otot.

Itulah penjelasan mengenai makanan dan minuman yang berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Terima kasih telah membaca artikel di Montirbox ini, mudah-mudahan dapat memberi manfaat bagi kita.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke [email protected].
Buka Komentar
Tutup Komentar
close