--> Skip to main content

Cara Membuka Remot TV Yang Terkunci

Cara Membuka Remot TV Yang Terkunci - Apakah anda kebingungan membuka tv yang terkunci? Sungguh kesal memang, apabila kita mendapati tv yang tiba-tiba menjadi terkunci tanpa sebab. Mau ganti chanel pakai remot tidak bisa, apalagi merubah chanel dengan tombol panel yang ada di tv, tetap saja tv terkunci tidak ada pengaruh dengan menekan tombol apapun juga.  Lalu bagaimana cara membuka remot tv terkunci tersebut?, di postingan kali ini kita akan bahas trik dan cara membuka remot tv yang terkunci agar televisi anda bisa normal kembali.

Sebelumnya Montirbox akan menjelaskan sedikit, bahwa setiap perangkat pesawat televisi baik itu tv tabung maupun tv LCD mempunyai fitur yang dinamakan child lock. Menu child lock berfungsi sebagai protek untuk menonaktifkan fungsi remot maupun tombol tv agar menjadi tidak bisa bekerja, dan untuk mengaktifkannya kembali cukup menekan sesuatu tombol tertentu yang ada di remot, atau bisa juga memilih fitur unlock yang ada pada menu di tv. 

Baca Juga : Penyebab TV Tidak Merespon Remot

Lalu apa sebenarnya fungsi child lock atau kunci tv tersebut?, hal ini bertujuan agar tv tidak mudah di utak-atik atau untuk menghindari  sembarang pencet tombol, baik tombol yang di remot maupun tombol yang ada di panel tv itu sendiri, karena jika remot ditekan sembarangan bisa juga mengakibatkan tv menjadi error. Fitur kunci pada tv ini juga bertujuan untuk memprotek chanel tv yang mungkin tidak kita inginkan untuk ditonton oleh usia tertentu, misalnya anak-anak.

Kenapa tv bisa terkunci?, tv terkunci disebabkan oleh beberapa hal, hal yang pertama adalah karena disengaja oleh pengguna itu sendiri. Yang jadi masalah adalah setelah tv dikunci, si user lupa password saat mengunci tv tersebut. Dan penyebab tv terkunci berikutnya adalah karena si pengguna salah menekan remot, atau remot dengan tidak sengaja terhimpit sehingga secara otomatis remot memberikan perintah untuk men-lock tv agar terkunci. Selanjutnya tv terkunci  karena terjadinya error pada system pesawat tv.

Cara Membuka Remot TV Yang Terkunci

Cara Membuka Remot TV Yang Terkunci

Kemudian yang menjadi pertanyaan selanjutnya oleh sebagian orang adalah "Apakah bisa membuka tv yang terkunci tanpa menggunakan remot?". Menurut pengalaman Montirbox, sejauh ini belum ada cara membuka tv yang terkunci tanpa remot, karena sebagian besar tv melakukan unlock pakai remote, bukan pakai tombol panel yang ada di tv (mungkin ada sebagian tv yang bisa tanpa remot). Jadi jika anda tidak memiliki remot, usahakan untuk mencari atau meminjamnya dari orang lain agar permasalahan tv yang terkunci selesai.

Kemudian bagaimana jika anda sudah mencari remot, namun tidak ada yang jual, atau tidak ada remot yang cocok untuk tv anda? Apakah masih bisa "diakalin" buka kunci tanpa remot?. Jawabannya sebenarnya BISA jika anda seorang teknisi servis elektronika, atau setidaknya mengerti sedikit masalah servis tv. Bagaimana caranya? caranya adalah anda cukup mengganti IC memory atau yang biasa disebut IC Eeprom. Dengan mengganti IC tersebut Insya Allah dipastikan tv anda terbuka kuncinya dan tv akan normal kembali.

Cara membuka remot tv yang terkunci

Dibawah ini telah Montirbox rangkum berbagai cara membuka tv yang terkunci untuk berbagai macam merk tv, seperti tv Polytron, Sharp, dan beberapa merk tv lainnya, termasuk tv merk china yang paling banyak beredar di masyarakat.

1. Cara membuka tv Polytron yang terkunci


Untuk membuka kunci tv merk Polytron caranya matikan tv dalam keadaan stand by, lalu tekan dan tahan tombol menu di remot hingga muncul indikator di tv. Lalu masukkan kode 1014, atau bisa juga kode 1013.

2. Cara membuka tv Sharp yang terkunci


Untuk versi tabung atau crt, jika tv Sharp terkunci, pada layar akan muncul perintah yang bertuliskan "Password". Maksudnya agar anda memasukkan kode password tertentu. Untuk membukanya silahkan masukkan kode 0000 atau 2398, atau sobat bisa juga memakai Password TV Sharp.

Untuk Sharp type lcd/led, membuka kuncinya bisa tanpa memakai remot, tapi dengan syarat anda harus membuka perangkat tv, cari IC program biasanya bertuliskan TDA 98xxx, short kan sesaat pin 6 dan 7, lalu shortkan sekali lagi untuk keluar dari menu servis.

3. Cara membuka tv China yang terkunci


Jika anda mempunyai tv china yang terkunci, cukup menekan dan tahan tombol "Display" pada remot untuk membuka kuncinya.

4. Cara membuka tv Akira yang terkunci


Akira tv tabung

Apabila anda mempunyai tv tabung merk akira yang terkunci di remot atau tombolnya, anda bisa membuka kuncinya dengan menekan dan tahan tombol "Display" atau "Disp" di remot, sama dengan cara buka kunci untuk tv merk china.

Akira tv LCD/Led

Untuk membuka kunci versi Akira lcd, anda bisa memencet tombol "menu", "qview" lalu tombol "mute". Cara lain adalah dengan menekan secara bersamaan tombol "volume" di panel tv dan tombol "display" di remot. Jika tidak work, anda bisa mencoba cara yang satu ini yaitu dengan menekan "menu" di remot, lalu masukkan kode 6483 atau 8500.

5. Cara membuka tv Toshiba yang terkunci


Ada 3 cara ntuk membuka kunci tv Toshiba, yang pertama dengan memencet tombol - (min) di tv dan angka 9 di remot secara bersamaan. Cara yang kedua tekan tombol menu pada remot lalu masukkan nomor 4725. Dan cara berikutnya tekan tombol "mute" di remot, lalu tekan lagi tombol "mute" serta tahan, lalu tekan tombol "menu" di tv.

Baca Juga : Kode Remot TV Toshiba

6. Cara membuka tv Samsung yang terkunci


Buka kunci pada tv samsung plano berbeda dengan cara unlock tv samsung yang biasa. Untuk samsung plano caranya pada posisi tv dalam keadaan stand by, tekan tombol tombol Display, Menu, Mute, Power On yang di remot hingga tv menyala. Berbeda dengan Samsung Plano, Samsung type yang biasa, sobat harus
memencet tombol Menu, PSTD, Mute, Power
On pada waktu televisi dalam posisi stand by .

7. Cara membuka tv Changhong yang terkunci


Cara yang harus anda lakukan  adalah :
- Kecilkan volume hingga ke posisi minimum (nol)
- tekan lalu tahan tombol "mute" pada remot, lalu tekan juga tombol "menu" di panel tv.
- Nanti akan muncul logo setting (S)
- Tekan tombol "menu" hingga ke posisi
 "System".
- lalu pencet tombol
 "help" (?) untuk pergi ke
 pengaturan "parental guide".
- Masukkan kode 668 dan non aktifkan Parental
Guide ke posisi off.

8. Cara membuka tv Konka yang terkunci


Walaupun Konka merupakan produk China, untuk cara membuka kuncinya berbeda dengan cara membuka kunci tv china lainnya, yaitu dengan cara pencet tombol menu satu kali,
lalu tekan tombol Mute tiga kali.

9. Cara membuka tv TCL yang terkunci


Untuk membuka kunci TV TCL bisa kita lakukan dengan 2 cara yaitu :
- Tekan tombol "menu" pada remote dan masukkan nomor 6483.
- Cara kedua dengan mengatur volume hingga nol, lalu tekan tombol display di remot dan tombol volume min (-) di tv secara berbarengan.

10. Cara membuka tv Sanyo yang terkunci


Untuk membuka kunci tv Sanyo ini juga memiliki 2 cara :
- Tekan secara bersamaan tombol menu di remot dan tombol volume plus (+) di tv.
- Kemudian cara kedua tekan lalu tahan tombol menu pada panel tv kemudian pencet angka 1 di remot.

11. Cara membuka tv Phillips yang terkunci


Tv Phillips mungkin saat ini sudah jarang digunakan oleh masyarakat khususnya di indonesia, tapi tidak ada salahnya Montirbox ikut mencantumkan bagaimana cara unlock tv Phillips yang terkunci. Caranya pada posisi tv dalam keadaan standby, tekan angka 06259 di remot lalu berikutnya tekan tombol menu.

Baca Juga : Cara Mencari Chanel TV Yang Hilang Dengan Mudah

Bagaimana sobat, gampang bukan cara membuka tv yang terkunci?, mudah-mudahan sudah bisa ya. Semoga postingan tentang cara membuka remot tv yang terkunci kali ini bisa menjadi solusi buat anda yang sedang mengalami  masalah seperti ini. Terimakasih.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close