Skip to main content

Apa Itu Finansial Teknologi? (Fintech)

Apa Itu Finansial Teknologi? (Fintech) - Fenomena Fintech yang terjadi sekarang di Indonesia banyak membuat orang antusias, apa itu Finacial Technology atau Fintech dan mengapa Fintech itu sangat-sangat booming di Indonesia? Apabila kita lihat secara lebih jelas sebetulnya Fintech itu banyak memudahkan UMKM di Indonesia, dimana dalam total lebih kurang 60 juta UMKM yang terdaftar di Indonesia, hanya 20% saja yang "BankAble".

Apa artinya? Hanya 20% saja yang sebetulnya bisa mendapatkan kredit dari bank. Nah pertanyaannya bagaimana dengan yang 80% nya? itulah yang akan disasar oleh Fintech. Fintech company atau finansial teknologi company juga merupakan sebuah terobosan yang memudahkan orang yang mau meminjam uang, atau bahkan yang ingin menginvestasikan uang.

Jadi apa yang terjadi adalah apabila kita ingin mendepositkan sesuatu atau ingin menginvestasikan uang kepada seseorang, kita dapat menginvestasikan uang dan memilih siapa yang kita ingin investasikan dan tentunya dengan rate yang berbeda, dengan bunga yang berbeda, dan kita bisa menginvestasikan dengan nominal yang cukup kecil.

Inilah yang dinamakan peer to peer landing, dimana orang yang mendepositkan atau orang yang menginvestasikan langsung mengetahui siapa yang didepositkan atau siapa yang diinvestasikan. Yang selama ini kita tidak bisa mengetahui kalau anda melewati atau menggunakan jasa bank, tetapi anda bisa mengetahui ketika anda menggunakan jasa Fintech.

Financial Technology (Fintech)

Dan ini menarik karena bunganya cukup luar biasa dan jauh lebih besar daripada deposito, bahkan bisa mencapai puluhan persen pertahunnya. Dan di lain pihak, approval atau pengecekan kredit yang biasanya membutuhkan waktu yang lama, di Fintech hanya dilakukan secara instant.

Kenapa? karena mereka bisa langsung mengakses apapun yang ada, apapun di hp anda, baik itu teman-teman anda, baik itu apa yang ada di media sosial anda. Dan mereka langsung dapat mengakses komunikasi dan data-data pribadi tersebut sehingga tidak perlu lama-lama, tidak perlu antri lama-lama. Tetapi tantangannya, mungkin saja privasi anda sebetulnya cukup terganggu.

Baca Juga : Cara Miner Bitcoin Dalam Mendapatkan Penghasilan

Tahun ini diprediksikan akan muncul satu lagi unicorn di bidang startup dan itu akan berada di area Fintech atau finansial teknologi. Siapa yang akan merajai dunia Fintech Indonesia? Sudah banyak kabar bahwa investasi dari luar negeri akan masuk, bukan hanya Fintech-Fintech yang anda sudah tahu sekarang, tetapi pemain baru dan juga cukup besar akan datang terutama dari negara China. Ini sangat menarik, karena akan membuat persaingan semakin sengit. Dan yang diuntungkan siapa? Tentu saja anda sebagai customer.

Demikian tadi paparan mengenai arti dari Finansial Teknologi atau yang biasa dinamakan Fintech. Semoga mendapatkan informasi dari artikel ini.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close