MONTIRBOX.COM

TV Led Polytron mati standby dan susah hidup

TV Led Polytron mati standby dan susah hidup - Hari ini alhamdulillah datang lagi sebuah tv led untuk di servis. TV LED tersebut merk Polytron 32 inch dengan type PLD 32T710. Menurut cerita dari pelanggan saya, gejala kerusakan pertama TV tersebut lampu indikatornya awalnya mati standby, lalu lama kelamaan berkedip dengan nyala lampu led redup, dan setelah itu nyala lampu led mulai terang, dan juga tv tersebut lama baru bisa start,

Lalu kerusakan yang kedua, jika TV nya sudah on, suara ada namun gambarnya tidak muncul alias gelap, saya coba ambil senter dan melihat kelayarnya ternyata gambarnya ada. Hmm... "Sepertinya backlightnya putus juga nih" pikirku.

Menurut feeling saya kerusakan tv polytron PLD 32T710 tersebut berada dibagian Power Supply serta LED Backlight atau ada juga kemungkinan bagian inverternya. Tanpa menunggu lama tv langsung saya bongkar dan langsung mengecek tegangan output di beberapa pin power supply tv teraebut.


Saya ukur dulu tegangan "wajib ada" yaitu pin output tegangan 12 volt dan 5 volt, hasilnya tegangan 12v drop jadi sekitar 10v. Saya perhatikan satu persatu elco pada bagian PSU tersebut, kelihatannya tidak ada yang mencurigakan, tapi saya ingat slogan "Penampilan Bisa Menipu" :D, langsung saya ambil ESR Meter analog alat pengukur elco paling akurat. dan mulai cek elco nya satu persatu.

Setelah ditelusuri dengan esr meter terdapat beberapa elco yang kondisinya sudah melemah dengan nilai esr yang tinggi. Tanpa berlama lama lagi langsung saja ganti dengan elco baru, hasilnya tegangan keluar dengan cukup yaitu 12volt dan tv bisa start dengan normal alias tidak standby lagi. Kerusakan pertama sudah beres.

Baca Juga

TV Led Polytron mati standby dan susah hidup


Selanjutnya saya coba cek lampu backlightnya menggunakan alat tes backlight tester ataupun zener tester. (Skema untuk alat test lampu backlight ini bisa sobat download di Tegangan Backlight TV Led Polytron ), setelah saya tes ternyata memang benar lampu backlightnya putus. Langsung saya bongkar panel dan mengganti semua led dengan yang baru, kenapa semua led saya ganti padahal yang putus cuma 1 led?, karena saya tidak ingin kerja dua kali, paham kan sob?.

Lanjut lagi pada kerusakan ketiga yaitu cek bagian inverter serta Led Backlight. Setelah dilakukan pemeriksaan di bagian inverter ternyata IC OB yang berfungsi untuk menaikkan tegangan dalam kondisi rusak, karena IC penggantinya saya tidak punya maka sebagai pengganti inverter untuk baclight saya menggunakan Module Step Up DC to DC yang kebetulan masih ada sisa satu lagi. Untuk module step up nya saya menggunakan Module Step Up Down XL6009.


Dan akhirnya dengan sedikit modifikasi jalur di bagian inverter tv bisa menyala dengan normal. Itulah sedikit pengalaman saya dalam memperbaiki TV Led Polytron PLD 32T710 dengan kerusakan yang cukup "beruntun". Semoga bermanfaat

Labels: LCD LED TV

Thanks sudah membaca TV Led Polytron mati standby dan susah hidup. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "TV Led Polytron mati standby dan susah hidup"