MONTIRBOX.COM

Tegangan Backlight TV Led Polytron

Tegangan Backlight TV Led Polytron - Jika ada yang menanyakan berapakah tegangan yang dibutuhkan untuk menyalakan lampu led pada backlight sebuah TV led dengan merk Polytron? Jawabannya "Belum tahu", kenapa belum tahu? Karena tegangan untuk lampu led sangat banyak macamnya tergantung type dari TV tersebut, untuk mengetahui tegangan backlight kita harus membongkar panelnya terlebih dahulu dan menghitung berapa jumlah lampu led yang berada didalamnya.

Misalnya TV Led polytron dengan ukuran 40 inchi, TV tersebut menggunakan 11 batang lampu led yang tiap batangnya memiliki lampu led sebanyak 5 led, setiap lampu led membutuhkan tegangan sekitar 3v untuk menyalakannya, jadi tegangan maksimal dari inverter untuk menyalakan lampu led tersebut jika disambung secara seri adalah "11 batang x 5 lampu led x 3v = 165v".


Tegangan Backlight TV Led Polytron


Jadi kesimpulannya untuk lebih pasti dan lebih amannya untuk mengetahui tegangan backlight adalah dengan membongkar panelnya terlebih dahulu kecuali jika sobat sudah benar-benar hafal dengan type masing-masing TV, karena setiap type TV berbeda jumlah lednya. Dengan mengetahui jumlah led pada backlightnya kita bisa memprediksi apakah tegangan yang keluar dari inverter ke backlight normal atau terjadi over voltage.

Untuk tegangan supply Vcc sirkit backlight Inverter led juga ada bermacam-macam tegangan inputnya tergantung type juga, ada yang menggunakan tegangan 24v, 40v,dan 70v bahkan ada yang yang lebih dari 100v. Berbeda dengan TV Lcd yang menggunakan lampu CCFL atau neon yang supply input inverternya hanya menggunakan tegangan 12v atau 24v saja.

Baca Juga




Sekarang bagaimana kita memeriksa tegangan maksimum sebuah lampu led apakah lampu led tersebut berjenis 3v atau 6v?, kita bisa menggunakan suatu alat untuk mengecek sebuah zener atau yang biasa kita sebut dengan zener tester, karena sejatinya lampu led tersebut merupakan semacam dioda juga, dengan alat tersebut kita bisa dengan mudah mengecek tegangan 1 led hingga 100 led sekaligus tergantung kualitas zener testernya.

Dengan alat ini kita bisa mengecek tegangan maksimum backlight tanpa membongkar panelnya Sobat bisa mendapatkan alat tersebut dengan membelinya di toko elektronik atau bisa juga dengan merakitnya sendiri. Jika sobat ingin merakit sendiri, silahkan didownload skemanya pada bagian bawah artikel ini.

Oke sobat, itulah tadi sekelumit artikel tentang cara mengetahui berapa tegangan backlight yang dibutuhkan dari sebuah pesawat TV Led. Semoga bisa menambah wawasan bagi kita semua. Terima kasih.

DOWNLOAD SKEMA BACKLIGHT TESTER

Labels: LCD LED TV

Thanks sudah membaca Tegangan Backlight TV Led Polytron. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Tegangan Backlight TV Led Polytron"