MONTIRBOX.COM

Penyebab TV Led Samsung mati total

Penyebab TV Led Samsung mati total - Kembali lagi saatnya saya berbagi pengalaman memperbaiki TV Led Samsung yang mengalami kerusakan mati total. Sama seperti artikel artikel sebelumnya, tulisan ini lebih diperuntukkan untuk teknisi pemula yang baru belajar seperti saya, siapa tahu ada sobat teknisi mendapatkan kerusakan TV Led samsung yang sama dengan saya saat ini..

TV Led Samsung dengan type UA22ES5000R ini menurut keterangan si pemilik awalnya menyala dengan normal, lalu setelah itu dia mematikan tv tersebut hanya pakai remote saja tanpa mencabut steker atau stop kontak nya, dan pada saat keesokan harinya ketika dia ingin menyalakan TV tersebut tidak bisa hidup  lagi, lampu indikatornya tidak menyala dan itu menandakan TV Led Samsungnya mati total.


Disini saya tidak akan menerangkan langkah langkah perbaikan yang saya lakukan pada TV Led samsung mati total tersebut, tetapi saya hanya ingin berbagi buat pemula seperti saya apa saja penyebab TV Led Samsung mati total dan prosedur troubleshootingnya secara umum. Oke sobat tuser, silahkan kita simak penyebab TV Led Samsung mati total dibawah ini :

Baca Juga

Penyebab TV Led Samsung mati total


1. Kabel AC putus
Sebelum membuka TV nya, ada baiknya kita cek terlebih dahulu kabel AC nya apakah ada yang putus atau tidak, gunakan multimeter skala ohm untuk mengeceknya, mungkin saja kabel tersebut terjepit atau bisa saja terkena gigitan hewan seperti tikus dan lainnya.

2. Tegangam AC 220v tidak masuk
Cek juga tegangan masuk AC 220v dari jala jala PLN, gunakan multimeter pada skala 250 AC. Cek pada pin yang ditunjuk pada gambar, probe multimeter plus minus boleh terbalik karena pada pin itu merupakan arus AC.

3. Fuse atau sekring putus
Lihat pada gambar, matikan TV nya terlebih dahulu, lalu set multimeter pada skala ohm meter, ukur kedua pin yang ada pada gambar dan jika jarum multimeter bergerak menyimpang berarti Fuse atau sekring dalam keadaan baik.

4. Dioda kiprok short
Perhatikan lagi pada gambar, ukur dioda kiprok tersebut apakah mengalami short atau rusak, bagi tuser yang sudah mahir bisa langsung diukur pada papan pcb tanpa dibuka, tetapi bagi pemula seperti saya sebaiknya agar lebih akurat pengukurannya dioda kiprok tersebut sebaiknya dibuka dulu.

5. Mosfet atau STR rusak
Cek juga STR nya apakah sudah rusak atau short, dibeberapa Psu tv led Samsung lainnya ada juga yang menggunakan Mosfet Untuk mengecek mosfet/STR rusak apa tidak, cukup tempelkan probe meter pada elco besar 400v yang berada dibagian primer, skala meter pada posisi ohm meter, jika probe dibolak-balik pada elco tersebut jarum meter menympang maka STR/mosfetnya rusak, tetapi jika jarum ohm mternya hanya menyimpang pada satu sisi pin elco saja berarti mosfet/STR nya tidak rusak, lakukan saat posisi dalam keadaan mati ya sobat.

6. Tegangan 300v di dioda kiprok tidak ada
Cek tegangan plus minus pada dioda kiprok, apakah ada keluar tegangan sekitar 300v apa tidak, jika tidak ada kemungkinan dioda kiproknya yang rusak. Cek juga kemungkinan pada rangkaian sebelum dioda kiprok, seperti fuse, jalur yang korosi atau yang lainnya.

7. Tegangan 5 volt standby tidak keluar
Cek pada pin standby untuk supply ke motherboard apakah tegan keluar atau tidak. Tegangan ini wajib ada, jika tidak ada maka motherboard tidak akan berkerja, dan juga lampu indikator tidak akan hidup.

8. Dioda out trafo sekunder short
Terakhir, Inilah penyebab TV Led samsung yang saya perbaiki menjadi mati total, Dioda  dengan type SR315A (3 A 150 volt) ini mengalami short, sebagai penggantinya saya menggunakan dioda dengan type RU4AM.

Nah sobat, itulah tadi step by step secara garis besar dalam memperbaiki dan penyebab TV Led Samsung mati total, semoga bermanfaat buat pemula yang seperti saya. Terimakasih

Labels: LCD LED TV

Thanks sudah membaca Penyebab TV Led Samsung mati total. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Penyebab TV Led Samsung mati total"