MONTIRBOX.COM

Ciri ciri kompresor ac rusak atau sudah lemah

Ciri ciri kompresor ac rusak - Kompresor merupakan sebuah komponen penting yang terdapat pada AC dan alat pendingin lainnya. Seperti halnya komponen lain seperti kompresor kulkas, ac mobil dan semacamnya, kompresor juga tentu saja bisa mengalami kerusakan atau hanya sekedar lemah.

Kompresor merupakan jantung utama dari alat pendingin, jadi diperlukan juga perawatan secara berkala untuk menjaga keawetan dan daya tahan perangkat AC tersebut, dalam hal ini kompresor AC. Salah satu perawatan yang dilakukan adalah mengganti pelumas secara berkala. Namun dengan berjalannya waktu dan pemakaian AC yang sudah lama, lambat laun tentu kerusakan tidak bisa kita hindari juga. Apa saja ciri ciri kompresor ac rusak atau sudah lemah?


Baca Juga

Ciri ciri kompresor ac rusak atau sudah lemah


Berikut ciri-ciri kompresor AC lemah atau rusak yang biasa kita temui :

1. Tidak Mampu Mendinginkan Ruangan Secara Maksimal
Jika suhu ruangan mulai terasa kurang dingin, selain karena kotor atau juga kurangnya freon, bias saja hal ini disebabkan oleh kompresor yang sudah mulai lemah. Tekanan atau dorongan yang dihasilkan tidak kuat sehingga membuat hasil dingin menjadi berkurang, ini bisa dilihat dengan cara menyentuh evaporator. Jika tekanan freon cukup namun ampere kompresor berlebih, biasanya ditandai dengan kurang dinginnya AC, maka bisa saja hal ini disebabkan oleh press kompresor yang sudah mulai lemah. Cara menanganinya dengan melakukan kuras freon sampai habis kemudian di vacuum ulang dan diisi kembali freon.

2. Berisik
Dinyalakan terdengar suara yg kasar, atau istilahnya ngorok, tetapi kalau dimatikan suara mesin kembali normal. Kompresor lemah juga bisa dilihat dari suara yang dihasilkan, jika berisik kemungkinan kompresor AC Anda sudah lemah. Ini disebabkan oleh piston yang sudah aus atau kurang oli. Untuk mengatasi permasalahan ini biasanya teknisi AC mencoba untuk menambahkan atau mengisi baru oli pada kompresor.

3. Kompresor Cepat Panas
Ciri lainnya yang menandakan kompresor AC lemah adalah kompresor cepat panas. Ketika AC baru dinyalakan sebentar tetapi sudah sangat panas. Kompresor yang cepat panas juga bisa disebabkan oleh kurang oli dalam kompresor

4. Terlihat rembesan bekas oli di badan kompresor, kemungkinan ada packing atau seal seal yg mengalami kebocoran.

5. Daya kerja kompresi yang sudah tidak bagus lagi, bisa kelihatan dari saat pertama dinyalakan, mesin di rpm rendah tidak dingin, ketika di atas 2000 rpm baru mulai terasa dingin

6. Magnet Cluth Jebol, biasanya komponen ini rusak kalau kompresor dalam keadaan macet, sehingga beban magnet dan pulley bekerja semakin berat ketika kompresor macet.

7. Pastikan beli Produk yang Orisinil untuk mendapatkan hasil yg maksimal, karena kalau hanya sekedar ganti komponen dalam hal Ini yg kita cari adalah dinginnya, bukan hanya sekedar ada AC saja tapi tidak mendapatkan dingin yang maksimal.

Mudah-mudahan dengan pembahasan di artikel ini kita bisa mendapatkan pemahaman bagaimana ciri ciri kompresor ac rusak atau yang sudah lemah, semoga terbantu.

Labels: UMUM

Thanks sudah membaca Ciri ciri kompresor ac rusak atau sudah lemah. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Ciri ciri kompresor ac rusak atau sudah lemah"