--> Skip to main content

Cara Menyambungkan HP ke TV Tanpa Kabel dan Pakai Kabel

Ubah layar smartphone Anda menjadi layar TV besar! Penjelasan lengkap tentang cara menyambungkan hp ke tv secara kabel dan nirkabel.

Cara Menyambungkan HP ke TV - Ponsel cerdas sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari kita, sangat nyaman karena Anda bisa menikmatinya dengan berbagai cara. Tapi pernahkah Anda berpikir bahwa layarnya kecil dan sulit dilihat? Tetapi ada cara untuk menyelesaikan ketidakpuasan itu. Padahal, jika Anda menghubungkan smartphone Anda ke TV, Anda akan dapat menampilkan layar smartphone di layar TV.

Jika Anda dapat melihat video yang diambil dengan smartphone Anda atau memainkan game smartphone di layar TV, Anda dapat menikmatinya dengan tampilan yang maksimal. Bagi Anda yang tidak mengerti cara menyambungkan hp ke tv, Montirbox akan menjelaskan secara detail apa yang diperlukan untuk koneksi, bagaimana menghubungkan, dan bagaimana cara setting setelah hp terhubung ke tv.

Cara Menyambungkan HP ke TV

Apa yang Anda perlukan untuk menghubungkan ponsel cerdas Anda ke TV?


Ada beberapa hal yang Anda perlukan untuk cara menyambungkan hp ke tv. Berikut ini beberapa alat yang umum dibutuhkan, tetapi tidak semuanya wajib.

- Kabel USB-C atau kabel usb type C
- Kabel HDMI
- Adaptor khusus (Adaptor Lightning-Digital AV, adaptor MHL, dll.)
- Jaringan Wi-Fi
- Aplikasi khusus

Ada dua jenis metode koneksi untuk cara menyambungkan hp ke TV, yaitu dengan koneksi kabel dan nirkabel (tanpa kabel). Metode koneksi mana yang lebih baik tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan setelah menghubungkan dan lingkungan komunikasi, dan metode koneksi yang sesuai bisa berbeda tergantung pada model smartphone seperti TV atau iPhone ataupun Android yang akan dihubungkan.

Keuntungan dan kerugian nirkabel dan kabel


Ada dua jenis koneksi antara smartphone dan TV Anda: koneksi nirkabel dan koneksi kabel. Tampaknya lebih baik jika Anda dapat terhubung secara nirkabel, tetapi tidak selalu demikian, dan dalam beberapa kasus kabel adalah yang lebih baik. Montirbox telah merangkum kelebihan dan kekurangan masing-masing metode koneksi, jadi silakan merujuk ke metode tersebut saat memilih metode koneksi.

Manfaat koneksi nirkabel


Keuntungan dari koneksi nirkabel adalah memiliki tingkat kebebasan yang tinggi karena tidak membutuhkan kabel. Jika nirkabel, Anda bisa bergerak dalam jangkauan gelombang radio bahkan saat Anda mengoperasikan ponsel cerdas Anda saat terhubung. Anda juga dapat mengoperasikan ponsel cerdas Anda sambil berbaring di mana saja di dalam ruangan.

Keuntungan lain dari koneksi nirkabel adalah dapat dihubungkan bersamaan dengan pengisian daya. Pernahkah Anda kehabisan biaya pada ponsel cerdas Anda ketika Anda pulang pada malam hari dan mencoba menikmati video?

Dengan koneksi kabel, Anda tidak dapat menonton video di TV karena Anda tidak dapat mengisi daya dari terminal koneksi video. Dengan koneksi nirkabel, Anda dapat menyambungkan ke TV saat mengisi daya. Nyaman karena dapat digunakan dalam waktu lama tanpa harus menunggu saat mengisi daya.

Koneksi nirkabel telah menjadi fokus utama produsen smartphone dan tv akhir-akhir ini, salah satu kelebihannya adalah ada banyak model yang mendukung komunikasi nirkabel untuk smartphone dan TV. Banyak dari mereka dapat dihubungkan tanpa kabel, tanpa harus membeli smartphone atau TV baru.

Kekurangan koneksi nirkabel


Kerugian dari koneksi nirkabel adalah komunikasi yang cenderung tidak stabil. Jika kecepatan komunikasi lambat, kualitas produk, kondisi gelombang radio di setiap lokasi, dll., masalah seperti gangguan komunikasi sementara atau gambar yang terdistorsi dapat terjadi.

Selain itu, dibandingkan dengan kabel, nirkabel memungkinan ada jeda waktu suara antara smartphone dan TV. Khususnya di game smartphone, ada banyak game yang membutuhkan pengoperasian tepat waktu, jadi mungkin ada kasus dimana Anda tidak bisa menikmatinya sesuai keinginan. Satu lagi, dibandingkan dalam hal biaya, sambungan nirkabel seringkali lebih mahal daripada koneksi berkabel.

Manfaat koneksi kabel


Keuntungan utama koneksi kabel adalah tampilan videonya akan lebih stabil, karena ada sedikit distorsi gambar dan jeda waktu audio. Untuk metode koneksi atau pemasangannya juga sederhana dan mudah dibuat, Anda dapat menghubungkan smartphone dan TV dengan kabel khusus (terminal untuk smartphone dan HDMI untuk TV ada di kedua ujungnya), bahkan orang yang tidak pandai elektronika sekalipun dapat melakukannya dengan relatif mudah.

Dari segi biaya, kabel khusus relatif lebih murah daripada peralatan yang dibutuhkan untuk koneksi nirkabel, jadi meskipun Anda tidak ingin mengeluarkan uang, koneksi kabel mungkin bisa menjadi pilihan Anda, karena harganya yang terjangkau.

Kekurangan koneksi kabel


Koneksi kabel tidak dapat disambungkan kecuali smartphone dan TV mendukung koneksi kabel. Anda perlu memeriksa apakah ponsel cerdas dan TV Anda kompatibel.

Kerugian lain dari kabel adalah Anda harus terhubung dengan kabel setiap kali Anda menggunakannya. Kabel yang panjang dapat mengganggu meskipun tidak terhubung.

Cara Menyambungkan HP ke TV

Pertama, periksa jenis metode koneksi yang tersedia, lalu pilih metode koneksi sesuai model dan penggunaan pada tv dan smartphone Anda. Untuk koneksi nirkabel, perlu untuk memeriksa model smartphone dan TV lebih dari koneksi kabel. Ini karena metode koneksi yang didukung berbeda-beda, bergantung pada jenis OS ponsel cerdas dan model TV. Berikut ini penjelasan tentang perangkat umum yang dapat menghubungkan setiap OS smartphone secara nirkabel ke TV.

Cara Menyambungkan HP ke TV Secara Nirkabel


1. Cara Menyambungkan HP ke TV Dengan Apple TV


Cara Menyambungkan HP ke TV

Jika Anda pengguna smartphone iPhone atau iPad, perangkat Apple TV adalah solusi yang mudah untuk cara menyambungkan hp ke tv. Apple TV adalah alat yang dikembangkan oleh Apple untuk menonton video, seperti video online di TV. Anda dapat terhubung ke produk Apple seperti iPhone dan iPad dengan Apple TV. Tapi sayangnya perangkat Android tidak kompatibel dengan alat ini. Apple TV adalah cara paling umum untuk menghubungkan iPhone atau iPad ke TV Anda.

Peralatan yang Anda perlukan untuk menyambungkan hp ke tv adalah mesin Apple TV, iPhone (atau iPad), kabel HDMI, jaringan Wi-Fi, dan tentu saja TV yang sudah support hdmi. Metode koneksinya sederhana, sambungkan Apple TV Anda ke TV dengan kabel HDMI, lalu sambungkan ke Wi-Fi. Anda dapat menampilkannya di layar TV dengan membuka pusat kendali iPhone yang terhubung ke Wi-Fi yang sama dengan Apple TV, pilih "Screen Mirroring", dan klik "Apple TV".

2. Cara Menyambungkan HP ke TV dengan Miracast


Cara Menyambungkan HP ke TV

Miracast sering kali sudah terpasang di TV secara built-in pada tv keluaran terbaru. Miracast adalah metode komunikasi nirkabel yang dibuat oleh grup industri Wi-Fi, dan dapat menghubungkan ponsel cerdas dan TV. Anda dapat terhubung dengan Miracast di perangkat Android. Banyak perangkat Android modern sudah mendukung Miracast.

Yang Anda perlukan untuk menyambungkan hp ke tv dengan cara ini hanyalah sebuah TV berkemampuan Miracast (Jika TV Anda tidak mendukung Miracast, Anda memerlukan perangkat Miracast terpisah), hp atau perangkat Android, dan TV. Metode koneksi bisa berbeda-beda tergantung pada model ponsel cerdas, jadi harap periksa manualnya.

3. Cara Menyambungkan HP ke TV dengan Chromecast


Cara Menyambungkan HP ke TV

Chromecast adalah terminal yang dapat dicolokkan ke TV untuk membuat TV kompatibel secara nirkabel. Ini dikembangkan oleh Google, yang akrab dengan mesin pencari. Anda dapat terhubung ke perangkat Android dengan Chromecast. Anda juga dapat terhubung ke perangkat iOS dengan menginstal aplikasi khusus.

Yang Anda butuhkan untuk menghubungkannya adalah Chromecast, perangkat Android (perangkat iOS), dan aplikasi khusus. Kabel HDMI yang dicolokkan ke TV Anda terintegrasi dengan Chromecast, jadi Anda tidak perlu membelinya secara terpisah. Metode koneksi dilakukan dengan menghubungkan kabel Chromecast ke TV dan mengatur koneksi dengan aplikasi khusus Android.

4. Cara Menyambungkan HP ke TV dengan Fire TV Stick


Cara Menyambungkan HP ke TV

Seperti Chromecast, Fire TV Stick adalah jenis alat yang bisa dipakai untuk menghubungkan hp ke TV. Alat ini dijual oleh Amazon, sebuah perusahaan mail order besar yang berpusat di Amerika Serikat.

Anda dapat terhubung ke perangkat iOS seperti iPhone dan perangkat Android dengan Fire TV Stick. Karena ini adalah produk Amazon, alat ini kompatibel dengan layanan distribusi video Amazon Prime, membuatnya sangat mudah bagi pengguna Amazon Prime.

Yang Anda perlukan untuk menghubungkan hanyalah Fire TV Stick, smartphone (iPhone membutuhkan aplikasi khusus), dan TV. Metode koneksi akan berbeda tergantung pada model ponsel cerdas, jadi harap periksa manualnya.

Cara Menyambungkan HP ke TV Dengan Kabel


1. Cara Menyambungkan HP ke TV Untuk iPhone


Metode koneksi kabel untuk iPhone sangat sederhana. Siapkan adaptor konversi Lightning-HDMI dan kabel HDMI, sambungkan, dan selesai. Montirbox merekomendasikan produk Apple asli untuk adaptor Lightning-HDMI.

Namun, Anda perlu mengonfirmasi terlebih dahulu karena Anda tidak dapat menyambungkan ke TV yang tidak memiliki port HDMI. Selain itu, untuk iPad, beberapa model memiliki terminal USB-C.

2. Cara Menyambungkan HP ke TV Untuk Android


Metode menghubungkan Android dengan kabel sedikit lebih rumit daripada iPhone, karena item yang diperlukan dan metode koneksi berbeda tergantung pada modelnya. Anda harus terlebih dahulu mengkonfirmasi metode koneksi dengan model yang Anda gunakan.

Biasanya, Anda memerlukan USB mikro B atau kabel konversi HDMI yang kompatibel dengan USB Type-C. Bergantung pada bentuk port pengisian daya ponsel cerdas Anda, Anda dapat memutuskan apakah akan menggunakan mikro B atau Tipe-C. Namun, perlu diketahui bahwa beberapa perangkat Android sejak awal tidak mendukung keluaran video berkabel.

Periksa apakah TV sesuai dengan MHL. MHL adalah standar komunikasi video yang memudahkan koneksi melalui USB dan HDMI, dan memungkinkan transfer data berkualitas tinggi. Untuk TV yang tidak mendukung MHL, diperlukan adaptor konversi terpisah.

3. Cara Menyambungkan HP ke TV merk Tertentu


Dibawah ini adalah bebrapa cara menghubungkan hp ke televisi untuk berbagai merk tv :

- Cara Menyambungkan HP ke TV Polytron
Cara Menghubungkan HP ke TV Biasa (TV Tabung)
- Cara Menyambungkan HP ke TV LG

Apa itu mirroring?


Dalam beberapa metode yang diperkenalkan sejauh ini, layar smartphone dan TV beroperasi secara terpisah, tetapi keduanya dapat menampilkan layar yang sama persis. Fitur ini disebut "mirroring". Dalam "Mirroring", layar perangkat seperti smartphone di-output sebagaimana adanya ke layar perangkat lain seperti TV atau monitor dan ditampilkan.

Mirroring juga digunakan untuk mengeluarkan smartphone, tuner digital terestrial, pemutar media, dll. ke sistem navigasi mobil menggunakan adaptor. Anda juga dapat menggunakan fungsi mirroring untuk menampilkan data ponsel cerdas di TV Anda, ini merupakan alternatif cara menyambungkan HP ke TV.

Karena layar smartphone kecil, Anda mungkin kesulitan melihat video dan foto. Kelemahan smartphone seperti itu dapat diatasi dengan cara mirroring dan mencerminkannya di TV atau monitor PC, Anda dapat menikmati video dan foto di layar yang lebih besar. Jika karakter kecil dan sulit dibaca, menampilkannya di layar besar dengan pencerminan memiliki keuntungan membuat karakter lebih mudah dilihat dan dibaca.

Apa yang dapat saya lakukan dengan menghubungkan ponsel cerdas saya ke TV?


Setelah mengetahui cara menyambungkan HP ke TV dan terhubung ke TV atau monitor, Anda dapat menikmati foto dan video yang diambil dengan smartphone Anda di layar lebar. Saat Anda menonton video kenangan keluarga atau foto hobi Anda di layar lebar, itu lebih menyenangkan daripada yang bisa Anda lihat di layar smartphone, juga nyaman untuk menonton video yang dikirim dari kerabat jauh sambil membagikannya dengan seluruh keluarga.

Selain itu, Anda dapat menonton layanan distribusi video dari smartphone Anda di layar TV yang besar. Jika Anda suka menonton video, film, dan drama luar negeri yang Anda lewatkan di TV, mengapa tidak mencobanya?

Anda juga dapat menghubungkan game smartphone dan menikmati game di layar besar. Ini juga bagus untuk menggabungkan pengontrol game yang kompatibel dengan smartphone dan bermain dengan sungguh-sungguh. Pilih pengontrol yang sesuai dengan smartphone dan metode koneksi Anda.

Ringkasan


Jika Anda dapat melihat layar smartphone Anda di layar TV yang besar, Anda dapat menikmatinya dengan berbagai cara. Anda dapat menonton video favorit Anda sendiri atau membagikannya dengan seluruh keluarga.

Saat memilih metode koneksi nirkabel atau kabel, Anda disarankan untuk terlebih dahulu memeriksa standar smartphone dan TV Anda. Tergantung pada pabrikan smartphone dan TV, metode koneksi yang dapat didukung mungkin ditentukan sampai batas tertentu. Tergantung pada model smartphone yang Anda miliki, item yang diperlukan untuk koneksi dan metode pengaturan akan sedikit berubah.

Oke sobat Montirbox, itu tadi artikel mengenai cara menyambungkan HP ke TV, semoga bisa membantu Anda yang mungkin sedang berniat menonton atau sekedar bermain game hp pada layar tv.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close